Pandemi Covid-19 yang menghantam dunia pada akhir 2019, dapat dikatakan membuat banyak perubahan cara hidup manusia. Ya, dengan persebaran virus yang sangat cepat, berbagai kebijakan yang terkait pembatasan interaksi sosial masyarakat banyak dibuat. Mulai dari dunia kerja, sampai dunia pendidikan. Tak sedikit negara-negara di dunia yang melarang pembelajaran tatap muka di sekolah. Termasuk di Indonesia. 

Maka dari itu, mau tak mau dunia pendidikan harus menggunakan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan akan sekolah online. Banyak cara untuk memperlancar proses pembelajaran online. Apalagi di era internet seperti saat ini. Ada banyak tools yang bisa digunakan agar sekolah jarak jauh menjadi lancar. Dan salah satu tools yang paling banyak digunakan untuk memperlancar pekerjaan adalah Google Workspace for Education. Lewat tools ini, Google seperti ingin memberikan pengalaman kolaborasi yang menyenangkan untuk para penggunanya. Terutama para pengajar dan siswa. 

Tapi, mungkin sebagian dari Anda masih banyak yang asing dengan layanan Google yang satu ini. Tenang saja, untuk menjawab rasa penasaran Sobat Unlimited, Kami akan menjabarkan apa itu Google Workspace for Education, dan manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari penggunaan aplikasi yang satu ini. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Google Workspace for Education? 

Untuk Anda yang belum tahu, sebenarnya Google Workspace for Education adalah transformasi dari G Suite for Education. Tentu, kalau membicarakan, G Suite, Anda semua tahu bahwa tools yang satu ini adalah alat yang diberikan Google untuk memperlancar bagaimana berbagai pekerjaan dan kolaborasi menjadi lebih mudah. 

Untuk merefresh ingatan, Google Suite adalah sebuah tools yang dimiliki oleh Google, yang menggabungkan berbagai fitur untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah produktivitas yang sering dihadapi oleh organisasi dan perusahaan. Ya, dan tak hanya untuk perusahaan saja, Google juga menyediakan layanan ini untuk dunia pendidikan. Jika dulu dikenal dengan sebutan G Suite for Education, aplikasi tersebut kini berubah nama menjadi Google Workspace for Education. 

Pengertian Google Workspace for Education adalah sebuah produk dari Google, berupa seperangkat tools produktivitas dan kolaborasi dengan menggunakan sistem Google Cloud untuk sekolah dan lembaga pendidikan. Tujuan Google menciptakan tools ini, tak lain untuk memudahkan kerja-kerja para pelaku dunia pendidikan. Mulai dari guru, staf, dan juga para siswa, agar menciptakan sistem belajar mengajar yang lebih baik. 

Google sendiri telah mengumumkan bahwa mereka tetap mengganti nama layanan G Suite for Education menjadi Google Workspace for Education. 

Penggantian ini menyusul perubahan layanan G Suite menjadi Google Workspace sejak bulan Oktober 2020. Maka dari itu, perubahan ini juga berlaku pada sejumlah layanan yang sebelumnya berada di bawah naungan G Suite for Education. 

Layanan Google Workspace for Education 

Untuk menyukseskan kegiatan pembelajaran, Google menyematkan banyak fitur pada Workspace for Education. Berikut ini adalah deretan fitur-fitur yang ada di Google Workspace for Education:

1. Google Classroom

Layanan paling fundamental, atau yang paling dasar dari Google Workspace for Education adalah Google Classroom. Perangkat ini adalah sebuah alat yang dapat digunakan para guru dan murid untuk mengatur kegiatan kelas. Mulai dari membuat kelas, mengirimkan tugas, dan juga tanya jawab. Dan yang paling penting dari semuanya adalah, semuanya dapat dilakukan pada satu tempat, instant, cepat, dan tanpa menggunakan selembar kertas.

2. Gmail

Dengan menggunakan tools pendidikan Google, Anda juga akan mendapatkan fasilitas email dari Google, dengan kapasitas penyimpanan mulai dari 100 GB untuk sekolah. Tak hanya kapasitas penyimpanan super besar, pengguna juga mendapatkan perlindungan data yang keamanannya dapat diandalkan. 

Dan satu hal yang paling menarik adalah, nama email Anda akan sesuai dengan nama lembaga pendidikan Anda. Kalau menggunakan Gmail yang versi gratis, format alamat emailnya adalah namakamu@gmail.com, dengan menggunakan Google Workspace, formatnya akan lain. Format nama email Anda nantinya berubah menjadi namakamu@sekolahanda.com. Terlihat sangat profesional dan meyakinkan, bukan?

3. Google Drive

Tak hanya Classroom dan Gmail, Google juga memberikan layanan penyimpanan awan Google Drive untuk pengguna Workspace for Education. Dengan Google Drive, pengguna dapat memiliki tempat penyimpanan data untuk seluruh kebutuhan pendidikan Anda. Maka, laptop dan komputer Anda tidak akan kehabisan memori karena banyaknya data yang harus dimuat. Dengan Google Drive, semua data Anda akan disimpan pada penyimpanan milik Google. Dan keamanannya pun terjaga dan terjamin oleh Google.

4. Kalender

Dalam Google Workspace for Education, ada Kalender yang disediakan bukan hanya untuk menunjukkan tanggal, bulan, dan tahun. Ada banyak sekali kemudahan yang dapat digunakan untuk menunjang pendidikan Anda. Mulai dari mengatur jadwal meeting Anda, juga dapat mengundang peserta meeting. Dengan demikian, semua pihak yang diundang akan menerima email undangan, sehingga Anda tidak perlu lagi menghubungi satu per satu. 

5. Meet 

Sejak pandemi, siapa yang tidak kenal dengan Google Meet. Nyaris semua orang kini banyak yang familiar dengan aplikasi yang satu ini. Google Meet adalah fasilitas dari Google Workspace for Education yang dapat digunakan untuk banyak kebutuhan. Mulai dari melakukan chat, video call atau video call secara grup. Sehingga, ketika misalnya Anda sebagai guru sedang berada di luar kota dan perlu mengadakan meeting cukup menggunakan Google Meet, maka meeting sudah bisa dilakukan. 

4. Google Office (Docs, Spreadsheet, Slide)

Yang membedakan Google Office dengan produk yang selama ini Anda gunakan adalah, Google Office dapat dilakukan untuk kerja-kerja kolaborasi. Maksudnya, misalnya ada tugas sekolah yang dilakukan secara berkelompok maka cukup dibuat satu file baru, lalu undang semua anggota kelompok maka secara bersamaan. Jadi, semua anggota kelompok dapat langsung mengerjakan tugas tersebut. 

7. Google Site 

Google Site merupakan salah satu fasilitas dari Google Workspace for Education, yang dapat digunakan untuk membuat website sekolah Anda. Anda bisa mengatur segala hal yang ada di dalamnya. Mulai dari isi konten, menu, dan desainnya, sesuai dengan keinginan Anda. 

Manfaat Google Workspace for Education

1. Kolaborasi Data 

Manfaat dari tools pendidikan Google yang paling utama, tentu saja adalah kolaborasi. Dengan menonjolkan kolaborasi, Anda bisa dengan mudah ketika membuat, mengubah, dan berbagi data secara real time. Semua orang dapat membuka satu laman yang sama. Dan jika nantinya terjadi perubahan, maka perubahanya secara otomatis di cloud. Dan setiap perubahan yang terjadi dapat di-track historinya.

2. Mobile Friendly

Segala fitur yang ada di layanan pendidikan Google dapat digunakan di perangkat apa saja. Ya, Anda bisa membukanya dari laptop, tablet, sampai dengan smartphone dengan mudah. Karena layanan ini telah disetting mobile friendly. 

3. Tersedia Berbagai Macam Pilihan Paket 

Terdapat tiga paket berlangganan. Mula dari yang gratis dalam Google Workspace for Education Fundamentals, sampai paket Edication Standard dan Education Plus untuk yang berbayar. 

Penutup 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Ayo tunggu apalagi, buat websitemu hanya di Unlimited.ID, hosting murah unlimited Indonesia. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *