Memiliki website yang bagus tidak akan ada artinya jika tidak memiliki banyak pengunjung. Misalnya, Anda sudah memiliki website dengan nama domain yang unik, konten yang ada di dalamnya juga menarik, tetapi trafik website Anda  masih sangat kecil. Jika demikian, bisa jadi terdapat sesuatu yang salah, yang mengakibatkan website Anda sepi pengunjung.

Apalagi mempraktikkan SEO tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mengaplikasikan teknik SEO yang tepat tidak hanya akan meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencarian, tetapi juga meningkatkan brand awareness Anda di mata konsumen.

SEO kini menjadi sebuah strategi dalam digital marketing dan pastinya sedang naik daun. Dan dengan semakin berkembangnya zaman, maka dibutuhkan strategi bisnis yang baru, sekaligus memanfaatkan teknologi yang ada. Apalagi, kini terjadi perpindahan gaya bisnis serta konsumen yang lebih melek dengan teknologi. Ini membuat SEO menjadi strategi bisnis yang disukai oleh banyak pebisinis, dari yang kecil hingga yag besar.

Oleh karena itu, penting bagi Anda, sebagai pemilik website untuk menerapkan teknik-teknik SEO untuk meningkatkan trafik website. Mengaplikasikan teknik SEO yang tepat tidak hanya akan meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencarian, tetapi juga meningkatkan brand awareness Anda di mata konsumen. Dan salah satu teknik SEO yang paling paling jamak digunakan adalah SEO on page. SEO sendiri memiliki dua jenis yang sangat populer, yaitu SEO on page dan SEO off page.

Karena itu, Sobat Unlimited, pada artikel kali ini, kami akan membagikan pada Anda pengertian SEO On page. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Apa Itu SEO?

Sebelum lebih jauh membahas tentang pengertian SEO on page, mari segarkan ingatan Anda tentang SEO, atau search engine optimization. SEO adalah sebuah taktik pemasaran organic yang membantu pemilik website, untuk meningkatkan peringkat sebuah website di mesin pencari. Dengan menggunakan parameter istilah pencarian yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, SEO juga dapat membantu meningkatkan lalu lintas dan konversi.

Bagi Jason Barnard, SEO adalah seni dan ilmu untuk meyakinkan mesin pencari, seperti Google, Bing, dan Yahoo, untuk merekomendasikan konten Anda kepada pengguna, sebagai solusi untuk masalah tersebut.

SEO dapat memberikan lalu lintas organik secara gratis. Anda juga tidak perlu mengeluarka uang sepeserpun untuk pemeringkatan tersebut. Ketika penggguna mengklik hasil pencarian dan mengunjungi website, dan inilah penjelasan SEO secara singkat.

Konsep Dasar SEO

Sudah menjadi keharusan bahwa pengguna menginginkan supaya website terbaik, yang relevan, dengan pencarian muncul di halaman pertama. Karena itulah, mesin pencari selalu menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dituliskan pengguna. Coba bayangkan, website Anda berada di halaman kedua mesin pencari. Tentu traffic yang Anda dapatkan tidak akan sebanyak bila berada di halaman pertama mesin pencari.

Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi SEO:

  • Konten yang menarik dan SEO friendly
  • Struktur navigasi yang mudah digunakan pengunjung
  • User experience
  • Popularitas website

Pengertian SEO On Page

Kemudian, apa itu pengertian SEO On Page? SEO On Page adalah usaha melakukan optimasi SEO di dalam website yang paling banyak dilihat oleh para pengunjung website Anda. Jika Anda masuk ke dalam sebuah website, kemudian melihat isinya yang kurang menarik, maka kemungkinan besar Anda tidak mau berlama-lama di website tersebut. Inilah yang ingin dihindari dengan melakukan aktivitas SEO on Page.

SEO sendiri memiliki empat tujuan penggunaan. Antara lain bermanfaat untuk pengunjung website. Kemudian tentu saja memudahkan pengunjung saat melakukan eksplorasi, sehingga pengunjung bisa nyaman melakukan eksplorasi di dalamnya. Serta yang terakhir adalah mesin pencari mengerti struktur website tersebut. Dengan banyaknya manfaat dri SEO on page, maka perlu perhatian khusus untuk mengerjakannya.

Baca Juga : Cara Memilih Platform Email Blast Unntuk Marketing

Point Utama SEO on Page

Untuk bisa mengetahui hal yang lebih mendalam tentang SEO on page, Anda harus memahami poin-poin utama yang harus dikerjakan. Setidaknya ada beberapa poin yang harus dilakukan terkait SEO on page.

1. Konten

Konten menjadi bagian yang sangat penting bagi keberadaan sebuah website. Jika tidak ada konten, maka tidak akan ada yang bisa dibaca di dalam website tersebut. Untuk itulah, Anda harus membuat konten yang berkulitas.

Mulai dari segi copy, hingga artikel yang digunakan, semuanya harus dilakukan dengan pengerjaan yang benar. Jangan lupa juga untuk membuat konten asli yang unik dan original.

2. Keyword

Upaya SEO Anda tak akan berjalan tanpa adanya keyword atau kata kunci. Dalam pembuatan konten, tentu harus disadarai oleh keyword yang sedang banyak dicari orang. Dengan begitu, konten tersebut juga bisa mendapatkan lebih banyak pembaca. Jangan lupa untuk menaruh keyword di meta, judul, dan URL sehingga mendapatkan optimasi yang lebih baik.

3. Judul

Seperti yang telah dijelaskan di bagian sebelumnnya, judul juga harus mengandung kata kunci. Namun, jangan lupa untuk membuat judul yang menarik sekaligus menjual, semakin banyak orang yang mau meng-klik website Anda.

4. URL

Pembuatan URL untuk konten harus menggunakan rangkaian kata yang simpel. URL juga harus dapat mendeskripsikan isi dari konten tersebut. Dan, jangan lupa untuk memasukkan keyword.

5. Meta Description

Meta description harus diisi dengan keyword. Selain itu, gunakan rangkaian kata yang efektif dan bisa menggambarkan isi konten. Semakin banyak menarik perhatian orang, semakin bagus pula karena biasanya, sebelumnya mau meng-klik tautan website tersebut. Karena, kebanyakan orang lebih memilih untuk membaca meta description lebih dulu.

6. Gambar

Gunakanlah gambar yang memiliki kualitas tinggi. Tidak pecah, dan dapat menjelaskan isi konten tersebut. Jangan lupa juga untuk memasukkan alt text yang mengandung kata kunci agar gambar tersebut dapat dioptimasi.

7. Menggunakan Outbond Link

Apa yang dimaksud dengan outbond link? Outbond link adalah link dari website yang ditaruh di dalam konten. Website tersebut juga harus terpercaya, sehingga konten yang ada akan dianggap sebagai konten yang dapat dipercaya.

8. Internal Link

Selain outbond link, jangan lupa juga untuk menambahkan internal link. Penggunaan internal link ini, salah satunya adalah untuk memudahkan navigasi pengunjung, yang ingin mencari konten lain di website Anda.

9. Social Sharing

Penggunaan media sosial, menjadi sangat penting saat ini. Inilah yang harus Anda lakukan dengan konten yang ada di dalam website Anda. Berikanlah kemudahan bagi pengunjung untuk bisa membagikan koten ke media sosial mereka. Jangan lupa juga untuk membagikan konten tersebut ke media sosial Anda.

10. Kecepatan Website

Semua orang tentu membanci website yang lambat. Dan jangan sampai website Anda mengalami penyakit ini. Bukannya mendapatkan pengunjung, yang ada orang malah malas untuk datang ke website Anda.

Ada beberapa faktor yang menentukan kecepatan website. Antara lain ukuran halaman yang terlalu besar, kualitas hosting yang dipakai, hingga jumlah file file .js dan .css yang ada di halaman header.

Penutup

Ada banya teknik SEO yang bisa dilakukan. Dua aliran besar diantaranya adalah SEO on page dan SEO of page. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman pada Sobat Unlimited tentang pengertian SEO on page.

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Ayo tunggu apalagi, buat websitemu hanya di Unlimited.ID, hosting murah unlimited Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *