Jika website Anda memilliki konten dengan multibahasa, Anda harus mengetahui dan memahami penggunaan hreflang attribute. Hreflang adalah atribut HTML yang simpel. Tetapi hal ini sangat menantang. Ahli digital marketing Google, John Mueller mendeskripsikan hreflang sebagai salah satu aspek paling kompleks dari SEO. Maka dari itu, hreflang tag sangat penting untuk dipelajari

Hreflang adalah atribut tag HTML yang memberitahu mensin pencari hubungan antara halaman dalam berbagai bahasa di website Anda. Google menggunakan atribut untuk melayani URL regional atau bahasa yang benar dalam hasil pencariannya berdasarkan negara dan preferensi bahasa pencari. Atribut ini perlu diketahui oleh mereka yang peduli dengan SEO website internasional.

Baca Juga: Mengapa website mudah terkena hacking?

Apa itu hreflang tag?

hreflang tag

Selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah, apa yang dimaksud dengan hreflang tag sendiri? Hreflang adalah atribut HTML yang secara spesifik digunakan untuk menargetkan bahasa dan wilayah geografi pada sebuah website. Jika Anda mempunyai banyak versi pada halaman yang sama pada bahasa yang berbeda-beda, Anda dapat menggunakan hreflang tag untuk memberi tahu mesin pencari seperti Google tentang berbagai variasi tersebut.

Dimana tempat penggunaan hreflang tag?

Google support dalam sebuah pemaparannya menyebutkan ada tiga implementasi hreflang tag. Dan sebagai pengguna, Anda hanya dapat memilih salah satu diantaranya.

  • Sebagai link HTML di header halaman

Bahasa pemrograman diharuskan untuk mengikuti two letter code dari ISO 639-1 saat menulisnya di tag. Contohnya, en (Inggris), es (Spanyol) atau id (Indonesia). Jika  Anda hanya menerjemahkan halaman di negara yang sama, tidak diperlukan penulisan kode negara. Tetapi, jika menggunakan kode negara, penulisannya harus mengikuti format ISO 3166-1 Alpha 2.

Saat menuliskan hreflang, selalu tempatkan kode bahasa terlebih dahulu, lalu diikuiti oleh kode negara. Misalnya, en-id, es-us. Contohnya, jika webmaster sebuah website ingin menunjukkan home page kepada pengguna berbahasa Inggris dan Spanyol di Indonesia, maka bisa menggunakan tag sebaga berikut:

<link rel=”alternate”href=https://www.example.com”hreflang=en-id”/>

<link rel=”alternate”href=https://www.example.com”hreflang=es-id”/>

  • HTTP header

Header HTTP harus selalu digunakan untuk mengimplementasikan hreflang untuk konten PDF dan non HTML di website Anda. Terlepas dari apapun namanya, ini tidak ada hubungannya dengan tag HTML <head> atau <header> pada halaman, tetapi diatur di backend website.

Plugin SEO terpopuler di WordPress, yaitu Yoast menilai penggunaan header HTTP yang terlalu banyak berpotensi mengganggu user experience saat berselancar di website Anda.

  • Digunakan pada XML peta situs

Hreflang tag juga dapat ditempatkan di XML peta situs.

Mengapa hreflang penting untuk SEO?

hreflang tag

Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk menerjemahkan konten Anda ke dalam berbagai bahasa, kemudian ingin mesin pencari menampilkan versi dari setiap pengunjung. Maka sangat tepat untuk menggunakan hreflang.

Dengan menyediakan bahasa asli dari pengunjung, akan mendorong mereka untuk menjelajahi halaman website Anda lebih jauh. Hal ini akan berdampak pada penurunan bounce rate, waktu tayang halaman yang tinggi, dan semua hal baik lainnya yang dapat berpengaruh pada SEO.

Garry llyes, salah satu engineer Google dalam sebuah video mengatakan, hreflang tag dapat memberikan efek langsung pada peringkat halaman, karena dalam kelompok hreflang berbagi sinyal peringkat satu sama lain.

Namun ada satu alasan lain mengapa penggunaan hreflang menjadi begitu penting. Untuk duplikasi konten. Umpamanya, Anda memilikidua versi halaman yang berbeda. Satu menargetkan pembaca bahasa Inggris dengan aksen British, dan satunya lagi menargetkan pembaca Bahasa Inggris menggunakan ejaan Amerika. Kedua halaman yang hampir identik ini dapat dilihat Google sebagai konten duplikat dan memilih satu versi untuk diindeks.

Dengan menggunakan hreflang tag, Anda dapat menargetkan website sesuai dengan wilyah dan bahasa yang digunakan oleh pengguna internet. Dengan ini mesin pencari akan mempertimbangkan hasil pencarian menyesuaikan dengan bahasa dan regional dari pengguna.

Dalam kasus lain misalnya, ketika sedang mengunjungi website berbahasa Inggris, tanpa disadari halaman yang dicari dialihkan ke Bahasa Indonesia yang membahas tema yang sama. Atau juga bisa dengan memilih pilihan bahasa yang disediakan dalam website, kemudian secara otomatis akan teralihkan ke URL lain yang memiliki bahasa sesuai dengan pengguna.

Menampilkan informasi yang sesuai dengan wilayah dan bahasa yang dimiliki pengguna dapat mempermudah mereka untuk memperoleh informasi yang tepat dan sesuai. Semua karena bahasa yang dikuasai oleh pengguna. Selain itu, penyampaian informasi dari pemilik website pada pembacanya tidak akan menimbulkan salah interpretasi. Dengan demikian, pengguna tidak akan memiliki penafsiran yang berbeda dengan maksud dan tujuan sebenarnya.

Kesalahan umum dalam penggunaan hreflang

hreflang tag

Penggunaan hreflang juga tak luput dari kesalahan. Tak sedikit pengguna yang melakukan eror saat menerapkan hal ini. Berikut ini adalah beberapa contoh kesalahan umum penggunaan hreflang.

  • Return tag error

Kesalahan pertama adalah return tag error. Kesalahan in dihasilkan dari penulisan anotasi hreflang yang tidak saling ter-referensi. Ini dapat ditemukan di halamann Google Search Console, pada bagian tab penargetan internasional.

Jika website Anda memiliki anotasi hreflang, baik dengan metode penandaan halaman atau menggunakan sitemap, akan ada data laporan mengenai berapa banyak tag yang ditemukan, dan ada berapa kesalahannya. Jika terjadi kesalahan, yang paling umum adalah return tag errors.

Anotasi Anda harus dikonfirmasikan ke halaman lain. Jika halaman A menautkan ke halaman B, maka halaman B harus menautkan kembali ke halaman A. Jika tidak demikian, anotasi Anda tidak akan tercatat dengan benar.

  • Menggunakan kode bahasa dan negara yang salah

Saat menambahkan kode hreflang ke halaman website, Anda harus memastikan bahwa telah menuliskan kode negara dan bahasa yang benar. Contoh dari kesalahan penggunaan kode bahasa dan negara ini adalah menggunakan “en-uk” untuk menarget penutur Bahasa Inggris di Inggris. Tetapi penggunaan atribut yang benar adalah “en-gb”.

  • Menggunakan hreflang di sitemap dan page tagging secara bersamaan

Seperti yan telah dijelaskan diatas, bahwa implementasi hreflang hanya dapat digunakan pada satu tempat saja. Dan penggunaan metode yang bersamaan tersebut tidak akan menghasilkan apapun. masing-masing metode tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Penggunaan sitemap XML lebih sulit untuk dibuat dan diupdate. Anda dapat menggunakan online tools untuk membuatnya, atau bisa juga menggunakan Excel. Tetapi ini akan memakan banyak waktu.

Sedangkan page tagging secara umum menggunakan kode yang minimal, terlebih jika Anda menargetkan beberapa negara atau bahasa.

Kesimpulan

Hreflang tag sangat penting untuk penargetan internasional. Jika website Anda memiliki penargetan internasional, Anda dapat menempatkan hreflang tag di website. Cara pengimplementasian hreflang juga sangat mudah, seperti langkah-langkah diatas. Ingin membuat website Anda sendiri? Tak lain dan tak bukan hanya di Unlimited.ID.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *