Bagaimana rasanya mendapati website yang sudah dibangun dengan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, down? Tentu, rasa panik akan dengan mudah menguasai diri. Sudah pasti, hampir semua pemilik website akan rewel ketika website miliknya down. Coba bayangkan, siapa yang tidak panik ketika tiba-tiba mendapatkan keluhan dari pengunjung karena website tidak bisa diakses. 

Sebagai pemilik website, kamu tentu akan menghubungi penyedia hosting untuk menyampaikan keluhan. Hanya saja, ketika melakukan komplain, pastikan kamu berada pada kondisi tenang, tidak perlu  untuk marah-marah. Sebaiknya, kamu juga perlu tahu penyebab website error. 

Namun, jangan panik dulu. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab website error. Dengan mengetahui penyebab website error, kamu akan tahu cara mengatasinya. 

Pada artikel ini, kami akan berbagi dengan Sobat Unlimited tentang penyebab website error dan cara mengatasinya. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Penyebab Website Error

DNS Error

 

Domain Name System (DNS) memiliki fungsi sebagai server yang digunakan untuk mengetahui alamat IP suatu host terhadap host name. DNS sendiri memiliki fungsi yang vital bagi sebuah domain. Karena, apabila terjadi kesalahan pada pengaturan DNS bukan hanya mengakibatkan domain tak bisa diakses. Juga akan membuat kamu tidak bisa mengirim dan menerima email. 

Cara mengatasi DNS yang error adalah memeriksa konfigurasi DNS. DNS yang bermasalah dapat mengakibatkan server tak bisa ditemukan, dan website Anda tak bisa diakses sama sekali. 

Diserang Peretas

Di dunia maya, sangat mungkin sebuah website diserang oleh peretas. Serangan peretas ini mungkin terjadi jika websitemu memiliki celah keamanan yang tidak kamu sadari sebelumnya. Celah keamanan ini sangat mungkin terjadi karena kelalaian pengguna sendiri.

Misalnya karena kamu tidak logout dari website. Atau juga bisa disebabkan karena kamu mengakses data penting di tempat public. Oleh karena itu pastikan untuk selalu menghapus history penelusuran dan cache browsermu setiap usai mengaksesnya menggunakan akses publik. Situasi seperti inilah yang kadang dimanfaatkan peretas untuk mencari korbannya. 

Kesalahan Konfigurasi

Melakukan konfigurasi memang diharapkan untuk bisa meningkatkan performa website menjadi lebih baik. Hanya saja, yang perlu diingat adalah, jika terjadi kesalahan yang terjadi saat proses konfigurasi, malah akan membuat website error.

Kesalahan konfigurasi juga dapat memunculkan pesan error. Hal ini bisa saja menurunkan kepercayaan pengunjung pada websitemu. Beberapa pengaturan yang biasanya dimodifikasi antara lain, pengaturan update, pengelolaan database, dan lain sebagainya. 

Terlalu Banyak Plugin

Sebagian pemilik website sering tidak sadar bahwa telah memasang terlalu banyak plugin di website mereka. Plugin adalah software yagn memberikan fungsi tambahan agar website bekerja lebih baik. Hanya saja, terlalu banyak plugin yang terpasang justru akan menjadi bumerang. 

Menggunakan aplikasi dan plugin bajakan juga memiliki kontribusi sebagai penyebab server yang down. Satu hal yang harus Anda ketahui adalah penggunaan aplikasi bajakan pada website dapat mempengaruhi kestabilan pada website dan juga hosting. Jadi, jangan sembarangan menginstal aplikasi atau plugin yang tidak jelas.

Sebagai upaya pencegahan, Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia hosting lebih dulu sebelum menginstal plugin. Di luar plugin yang diberikan penyedia hosting. Ini penting dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman yang dapat berujung pada pemblokiran website Anda karena penggunaan plugin atau aplikasi bajakan. 

Akses IP Terblokir

Terlalu banyak mengakses server akan membuat kamu dengan mudah dicurigai melakukan serangan D-Dos. Sehingga dapat mengakibatkan alamat IP-mu akan diblokir oleh firewall, yang sejatinya berfungsi untuk melindungi servermu. Apalagi, sistem firewall biasanya bekerja secara otomatis. Lalu ketika sistem server mendapati aktivitas yang mencurigakan, sistem tersebut secara otomatis akan melakukan pemblokiran.

Jika mendapati masalah ini, alangkah baiknya bertanya pada penyedia hosting, bagaimana cara mengatasi alamat IP yang terblokir. Penyedia hosting yang baik akan memberikan solusi pada pelanggannya seoptimal mungkin. Jadi, jangan sampai salah memilih penyedia hosting untuk websitemu. 

Cara Mengatasi Web yang Error

Menggunakan CDN

Menggunakan CDN untuk sebuah website yang memiliki konten adalah keputusan yang bagus. Banyak contoh yang telah menunjukkan bahwa penggunaan CDN dapat membuat website lebih mudah diakses. Ketika menggunakan CDN, file statis yang berupa gambar flash, file CSS, Javascript, dan lain sebagainya. File statis tersebut akan disimpan pada server CDN. Hingga kemudian akan didistribusikan ke berbagai lokasi server di seluruh dunia. 

Optimasi Gambar

Melakukan optimasi gambar, berarti menggunakan gambar dengan kualitas terbaik tanpa harus membebani. Terdapat beberapa cara untuk melakukan optimasi gambar, yaitu dengan melakukan kompres, resize, dan memilih format gambar yang tepat. 

Matikan Seluruh Tema dan Plugin

Pada bagian sebelumnya artikel ini, telah disebutkan bahwa penggunaan tema dan plugin yang berlebihan bisa menyebabkan website error. Bila tema dan plugin menjadi penyebab website error, maka cara mengatasinya yang paling mudah adalah mematikan tema dan plugin yang ada. Kalau kamu tidak bisa masuk ke menu dashboard untuk mematikan tema atau plugin, kamu bisa melakukannya via FTP. Setelah mematikan plugin, cek kembali, apakah website masih error atau sudah normal kembali. 

Upgrade Versi PHP

 

Versi PHP yang belum diperbarui, juga bisa menyebabkan website error. PHP yang belum diperbarui, kurang terjamin keamanannya. Kamu bisa memperbarui versi PHP menggunakan virtual private server menggunakan command line. 

Perhatikan Kualitas dan Performa Server

Untuk mengatasi performa website yang lambat, Anda bisa memulai dengan memastikan performa server. Server yang baik dan teknologi terbaru yang digunakan, akan membuat performa website menjadi optimal.

Selain itu, pastikan untuk memilih server yang dekat denga lokasi pengunjung website Anda. Jika website Anda, yang mayoritas pelanggannnya berasal dari Indonesia, maka sudah pasti Anda harus memiliki server dengan lokasi yang berada di Indonesia. 

Memilih Layanan Hosting yang Tepat

Cara keempat untuk mengatasi website Anda yang lambat adalah dengan menggunakan layanan hosting yang terpercaya dan  terbaik untuk website. Hal ini tentu saja penting. Karena kesalahan memilih hosting akan berdampak pada kinerja website dan membuat website tersebut menjadi lambat untuk diakses.

Ada banyak sekali layanan hosting berkualitas yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah Unlimited.ID. Unlimited.ID mempunyai banyak keunggulan yang dengan fitur-fitur terbaik, agar kecepatan website Anda semakin cepat. 

Penutup

Itulah tadi penyebab website error dan cara mengatasinya. Website error bisa membuat panik pemilik website. Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, seharusnya tak perlu panik lagi, karena sudah mengetahui solusinya. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *