Jika membicarakan website, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan hosting. Ada banyak sekali jenis hosting yang disediakan oleh penyedia hosting. Mulai dari shared hosting, cloud hosting, hingga VPS atau virtual private server hosting. Hanya saja, masih banyak orang yang masih kesulitan untuk membedakan jenis-jenis hosting. Salah dua diantaranya adalah perbedaan cloud hosting dan VPS. Meskipun sama-sama virtual, apakah Anda mengetahui perbedaannya?

Pemilihan jenis hosting yang tepat, bisa dikatakan sangat penting. Apalagi ini adalah salah satu proses paling awal ketika Anda akan membuat hosting. Tentu, masing-masing jenis hosting tadi memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Kembali lagi, Anda harus mempertimbangkan mana yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Sobat Unlimited, artikel ini akan mengajak Anda untuk membahas apa perbedaan cloud hosting dan VPS. Jadi, simak artiel ini sampai selesai, ya.

Cloud Server

perbedaan cloud hosting dan VPS

Sebelum lebih jauh membahas tentang perbedaan cloud hosting dan VPS,  apakah yang dimaksud dengan cloud? Cloud server adalah contoh server virtual yang menyediakan pengguna dengan satu set dedicated server, dan mendapatkan perlindungan penuh.

Pada infrastruktur cloud, setiap cloud server menyediakan kemampuan dengan skala sumber daya yang menggunakan metode on demand. Cloud tidak bergantung pada sebuah server fisik. Namun cloud hosting bekerja dengan beberapa sekaligus.

Hal ini juga menjadi alasan mengapa layanan ini disebut dengan cloud hosting. Ia digambarkan seperti awan yang saling bertumpuk untuk kemudian menjadi besar. Begitu juga dengan cloud hosting, dengan jumlah server virtual yang tidak terbatas.

Untuk bisa menggunakan cloud hosting, Anda tak harus memiliki keahlian khusus. Tidak perlu ribet, Anda hanya tinggal memakainya saja.

Virtual Private Server

Hampir sama seperti namanya, VPS adalah sebuah server virtual yang memang didedikasikan untuk kebutuhan, yang kebanyakan untuk organisasi. Sangat jarang pemiliki website perorangan yang menggunakan jenis hosting yang satu ini.

Sebenarnya, hosting yang satu ini bekerja dalam sebuah server fisik berkapasitas super besar. Kapasitas server fisik yang besar ini kemudian dibagi menjadi beberapa server virtual dengan kapasitas yang lebih kecil.

Namun, meskipun berada dalam satu server fisik yang sama, server virtual yang satu dengan yang lainnya tidak saling terhubung. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir ada orang lain yang mengakses data VPS Anda.

Dengan menggunakan VPS, Anda bebas menggunakan slot VPS yang ada, sesuai dengan kebutuhan website Anda dan klien. Maka dari itu, VPS sangat tepat bila digunakan oleh jasa pembuatan website atau registrar domain.

Tapi sayangnya, untuk bisa menggunakan VPS, Anda harus memiliki keahlian teknis yang memadai. Maka tak heran kalau pengguna VPS tak sebanyak cloud hosting.

Perbedaan Cloud Hosting dan VPS

perbedaan cloud hosting dan VPS

Pada bagian awal artikel ini, Anda sudah membaca mengenai perbedaan makna dari cloud hosting dan VPS. Namun untuk menentukan jenis hosting apa yang tepat untuk Anda, jika hanya dari informasi diatas tentu masih sangat kurang.

Pada bagian selanjutnya, Unlimited akan mengupas perbedaan cloud hosting dan VPS dengan lebih dalam lagi. Lalu, untuk memudahkan Sobat Unlimited, Kami akan menggunakan beberapa indikator sebagai bahan perbandingan. Berikut ini adalah perbedaan cloud hosting dan VPS.

Kapasitas

Perbedaan pertama adalah kapasitas kedua jenis hosting. Kapasitas cloud hosting dapat ditambakan dengan mudah, cepat, dan tidak terbatasi. Anda sangat mungkin untuk menambahkan kapasitas sebesar apapun di cloud hosting. Dan yang menjadi kabar baik adalah, kecil kemungkinan website pengguna VPS akan down saat proses upgrade kapasitas sedang berjalan.

Pada VPS, penambahan atau pengurangan kapasitas juga dapat dilakukan dengan mudah. Terdapat dua jenis upgrade dan scaling yang dapat Anda lakukan di VPS. Yaitu vertical scaling dan horizontal scaling.

Vertical scaling berarti penambahan dilakukan pada sisi server. Hal ini sama artinya dengan perubahan sistem operasi, RAM, hingga disk space. Sedangkan horizontal scaling berarti penambahan layanan VPS.

Kustomisasi

Sobat Unlimited, satu hal yang harus Anda ketahui tentang cloud hosting adalah, tidak memiliki opsi kustomisasi. Mengapa demikian? Karena, segala hal yang berkaitan dengan konfigurasi server telah dilakukan oleh penyedia jasa cloud hosting. Hal ini dikenal dengan fully managed.

Dengan begitu, waktu Anda tak akan banyak dihabiskan untuk mengurus hal-hal teknis. Jadi Anda akan lebih fokus mengelola bisnis.

Di sisi lain, kustomisasi merupakan keunggulan yang ditawarkan oleh VPS, bahkan kustomisasi yang bisa dilakukan bisa sangat luas. Apalagi jika didukung bila Anda menguasai bahasa pemrograman atau keahlian website lainnya.

Salah satu contoh kustomisasi yang bisa Anda lakukan di VPS adalah pemilihan kontrol panel. Menggunakan VPS, Anda bebas memilih untuk memakai cPanel (WHM), Webuzo, Plesk, atau kontrol panel lainnya. Untuk Anda yang memang bekerja di bidang pengembangan website, pilihan kustomisasi ini tentu sangat berguna.

Baca Juga : Apa Itu Cloudflare? Ini Penjelasannya!

Performa

Pada sisi performa, cloud hosting menawarkan performa yang tinggi. Anda tidak akan dibebani pekerjaan untuk membuat performanya menjadi lebih maksimal. Spesifikasi dan fitur dari penyedia hostinglah yang akan menentukan seberapa bagus performa website Anda.

Setali tiga uang dengan cloud hosting, VPS hosting juga menjanjikan performa yang tinggi. Hal yang Anda dapatkan ketika memiliki server fisik yang memadai. Bahkan dengan performanya yang tinggi ini, Anda bisa memiliki beberapa website sekaligus dengan panel admin khusus pada masing-masing website.

Hanya saja karena bersifat self managed hosting, sisi performa akan sangat bergantung pada konfigurasi yang Anda lakukan.

Secara teknis, performa cloud hosting lebih unggua berkat sistem server virtual. Saat ada satu server yang sibuk, akan diambil alih oleh server lain.

Keamanan

Tingkat keamanan VPS sesungguhnya sangat bergantung pada penggunanya. Pengetahuan dan kemampuan pengguna tentang keamanan website akan sangat menentukan tingkat keamanan VPS yang Anda pakai. VPS juga sangat aman dari sisi fisik. Keberadaan server fisik memungkinkan pengamanan dapat dilakukan secara offline.

Cloud hosting juga tidak mau kalah dalam aspek keamanan. Perbedaan cloud hosting dan VPS pada sisi keamanan adalah, Anda tidak perlu melakukan apapun untuk menjamin keamanan website.

Harga

Sisi harga juga menjadi perbedaan cloud hosting dan VPS yang paling kentara adalah harga. Pada umumnya, cloud hosting memilii harga yang lebih tinggi dari VPS. Ini karena Anda hanya tinggal duduk manis dan fokus menjalan website. Cloud hosting juga menjanjikan performa dan fleksibilitas tinggi untuk upgrade kapasitas.

Sedangkan VPS memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan cloud hosting. Mengapa demikian? Karena pengoperasian VPS dilakukan secara mandiri oleh pengguna. Kemampuan teknis yang bagus membuat Anda tak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk fitur tambahan.

Kesimpulan

Itulah tadi perbedaan cloud hosting dan VPS. Semoga dengan artikel ini, Anda dapat menentukan hosting manakah yang cocok untuk Anda.

Dapatkan performa website impresif dengan berlangganan domain dan hosting murah Unlimited.ID. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *