Perbedaan domain dan hosting menjadi hal yang penting untuk diketahui sebelum anda memutuskan untuk menggunakan layanan domain hosting yang tersedia banyak jumlahnya. Tapi, perlu diketahui pula bahwa selain perbedaan domain dan hosting tersebut, keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Dengan pengetahuan perbedaan domain dan hosting tersebut, sudah pasti anda pun akan lebih mudah dalam mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan domain dan lain sebagainya. Ini tentunya sangat penting dalam rangka membuat website yang terbaik dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan saat ini. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Tips Sukses Jadi Reseller Bagi Pemula Dan Ibu Rumah Tangga

Pengertian Hosting

Dalam pembahasan mengenai perbedaan domain dan hosting, mari kita mulai dengan memahami tentang pengertian hosting terlebih dahulu. Sebagaimana diketahui, hosting merupakan sebuah tempat dimana anda nantinya akan meletakan file website itu sendiri. Tempat meletakan file website tersebut bisa diibaratkan sebagai rumah. Dengan adanya rumah yang menampung file tersebut, maka anda akan bisa menjalankan hosting tersebut sesuai dengan fungsinya. Dari sini juga hosting bisa bertindak sebagai kavling tanah yang dipetak-petakan. Nantinya di atas petak tersebut akan dibangun rumah. Sementara domain akan menjadi nama alamat dari bangunan rumah yang akan digunakan di atas petak itu sendiri.

Hosting memiliki peran penting sebagai media untuk menyimpan segala jenis file yang ada di website anda. Tujuannya nanti adalah supaya membuat website yang dimiliki begitu mudah diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun anda berada. Dari sinilah anda akan mampu memperoleh sesuatu yang tepat dan sesuai dengan yang anda butuhkan didalamnya itu sendiri. Tentu saja server hosting tersebut harus selalu aktif dan full 24 jam jika ingin website anda diakses full time oleh traffic yang datang.

Ketika anda menggunakan layanan hosting, sudah pasti anda nantinya akan mendapatkan fasilitas berupa cPanel. Dengan adanya fasilitas cPanel ini maka akan memudahkan anda untuk melakukan Control dan juga pengelolana terhadap website terkait. Alhasil, anda pun akan mampu mendapatkan dukungan dan juga kemudahan yang anda butuhkan didalamnya. Manfaat dari cPanel itu sendiri adalah memudahkan anda untuk membuat subdomain, melakukan hosting pada web, melakukan domain forwarding, mengelola SSL dan lain sebagainya. Anda pun akan mampu memperoleh hasil yang anda butuhkan dengan tepat dan maksimal didalamnya.

Pengertian Domain

Perbedaan Domain dan Hosting
unlimited.id

Masuk ke materi selanjutnya dalam perbedaan domain dan hosting ini, yaitu pembahasan mengenai pengertian Domain itu sendiri. Domain merupakan sebuah alamat atau nama dari suatu website yang akan anda gunakan. Keberaan dari domain tersebut tentunya lebih penting dibandingkan dengan hosting itu sendiri. Tanpa adanya domain, maka website tersebut tidak akan memiliki nama. Sebagaimana diketahui bahwa orang lain harus tahu nama alamat dari website anda jika mereka ingin berkunjung didalamnya.

Misalnya anda sedang mencari website tertentu, tentu saja anda ingin mengetikan nama web tersebut di searching engine, bukan? Tanpa adanya domain, maka nama dari website anda tersebut hanya akan berupa IP Address saja atau angka-angka. Karena itulah dengan adanya domain tersebut akan memudahkan anda untuk bisa memberikan nama pada website itu sendiri. Ada dua pilihan yang bisa anda coba, antara lain Domain gTLD (Domain Global) dan juga Domain ccTLD (Domain id). Silahkan anda memanfaatkan domain tersebut sesuai kebutuhan.

Apa itu domain gTLD? Ini adalah pilihan jenis domain yang bersifat global dan tidak memiliki syarat apapun. Contoh dari domain jenis yang satu ini adalah .com, .net, .org, dan lain sebagainya. Kemudian, untuk pilihan domain ccTLD adalah domain yang sudah diatur oleh PANDI, antara lain .co.id, .my.id, .id, dan lain sejenisnya. Dengan kata lain ccTLD merupakan salah satu pilihan domain yang memiliki syarat tertentu yang sudah dikeluarkan oleh PANDI. Jadi anda pun juga harus mengikuti syarat dan ketentuan yang ada didalamnya.

Cara Menyikapi Perbedaan Domain Dan Hosting

Kini anda sudah mendapatkan pencerahan tentang perbedaan domain dan hosting. Lalu bagaimana penerapan yang bisa anda lakukan untuk menyikapinya? Dalam hal ini anda mungkin berpikir apakah bisa hanya beli domain atau hanya beli hosting saja. Jawabannya, tentu saja bisa. Namun perlu dipertimbangkan pula bahwa hal ini nantinya akan memberikan batasan terkait manfaat yang bisa anda capai dan peroleh didalamnya nanti. Dari sini anda perlu memahami bahwa custom domain pun juga diperlukan.

Dengan adanya custom domain tersebut maka anda pun akan bisa melakukan pergantian alamat domain itu sendiri dengan mudahnya. Misalnya anda sudah memiliki sebuah blog dengan pilihan WordPress, Blogspot, Tumblr, Webly, dank lain sebagainya, tentu dalam tahap lebih lanjut anda ingin supaya domain tersebut ditingkatkan levelnya, bukan? Dari sinilah pentingnya anda untuk mengetahui apa saja hal-hal yang berkaitan dengan custom domain itu sendiri. Sehingga pada tahap akhirnya, anda pun akan mampu mencapai hasil yang terbaik dan anda butuhkan didalamnya untuk jangka panjang.

Tips Memilih Domain Dan Hosting Untuk Pemula

Perbedaan Domain dan Hosting
unlimited.id

Kini anda sudah mengetahui informasi tentang perbedaan domain dan hosting. Pada tahapan berikutnya, anda mungkin ingin tahu lebih dalam tentang bagaimana tips memperoleh domain dan hosting yang terbaik untuk pemula tersebut. Berikut adalah cara yang bisa anda simak:

  • Anda bisa mencoba untuk menyerahkan urusan perbedaan domain dan hosting ini kepada ahlinya. Jadi anda tinggal memilih saja jasa domain hosting terpercaya yang bisa anda pergunakan.
  • Untuk tahap awal bagi pemula, anda bisa mencoba untuk membeli paket hosting yang versi hemat dengan kapasitas GB dan masa penggunaan yang sesuai kebutuhan. Dari sinilah anda akan bisa langsung mendapatkan domain gratis dalam bentuk .com, .net, dan lain sebagainya. Semua bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan.
  • Pertimbangkan pula penggunaan SSL. Kenapa? Karena SSL adalah sebuah pengaman bagi website anda yang akan mencegah serangan dari virus, malware dan lain sebagainya. Sebagaimana diketahui, kejahatan cyber memang menjadi hal yang sangat penting untuk dicegah. Dengan penerapan yang tepat, maka anda pun akan terhindar dari masalah signifikan itu sendiri.
  • Pastikan anda mempelajari penggunaan cPanel di tahap awal anda mengelola website itu sendiri. Dengan cara itulah, anda akan mampu melakukan kustomisasi atau konfigurasi yang tepat bagi website anda sehingga bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Tips Menggunakan Domain Dan Hosting Untuk Pengguna Berpengalaman

Perbedaan Domain dan Hosting
unlimited.id

Bagi pengguna yang berpengalaman, tentu sudah tahu lebih dalam tentang perbedaan domain dan hosting. Pada tahapan ini, beberapa langkah yang bisa anda lakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Fokus pada tahap berikutnya untuk mengembangkan traffic website anda.
  2. Jika website masih menggunakan domain gratis, bisa mulai beralih ke domain berbayar.
  3. Ganti Theme website anda untuk meningkatkan user experience.
  4. Tingkatkan keamanan website dengan penggunaan SSL yang lebih canggih.

Itulah ulasan mengenai perbedaan domain dan hosting. Selamat berkreasi!

Baca Juga: Penjelasan Inodes Pada Unlimited Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *