Domain dan hosting memiliki pengertian yang berbeda, namun keduanya sebenarnya memiliki keterkaitan satu sama lain. Untuk memunculkan sebuah website maka kita perlu memasukan alamat IP Address dari web tersebut. Sayangnya, jika kita memasukan alamat IP maka hal tersebut bisa menyita waktu. IP Address disimbolkan dalam bentuk digit angka yang banyak. Jadi kalau dihapalkan satu per satu pasti sangat susah. Di sinilah domain dan hosting muncul menjadi memberikan solusi yang signifikan. Domain merupakan sebuah alamat website yang digunakan untuk memunculkan sebuah website di internet. Pengguna nanti hanya tinggal memasukan nama URL tertentu di kolom mesin pencari. Sementara hosting merupakan media yang dipakai sebagai lahan atau rumah dari website tersebut.

Hubungan Antara Domain Dan Hosting

Jadi setiap pemilik domain wajib memiliki hosting. Jika mereka tidak memiliki hosting, maka sebuah website hanya ibarat alamat tanpa rumah. Contohnya, ada pengunjung yang berkunjung ke situs tertentu, mereka bisa memasukan alamat situs, tapi pada saat situs tersebut dibuka, mereka tidak melihat apa-apa didalamnya. Karena itulah ada keterkaitan satu sama lain antara domain dan hosting. Hosting tanpa domain pun juga hanya seperti rumah tanpa alamat. Padahal anda memiliki sebuah website, tapi karena tidak ada nama domain, pengunjung tidak tau apa alamat situs anda tersebut.

 

Perbedaan Domain dan Hosting

unlimited.id

Pengertian Domain dan Jenis-Jenisnya

Setelah membahas mengenai hubungan domain dan hosting diatas, mari kita mengupas satu per satu tentang perbedaan dari keduanya. Domain merupakan sebuah alamat yang harus diakses oleh pengguna internet untuk bisa berkunjung ke situs tertentu. Jenis situs itu sendiri ada banyak. Ada situs toko online, situs informasi (media), situs portofolio, situs download film atau software dan lain sebagainya. Jadi pemilik domain punya kebebasan dalam menciptakan situs apapun yang diinginkan. Satu hal yang pasti, situs tersebut bisa mereka bangun melalui berbagai CMS yang tersedia. Ada custom CMS, Joomla, WordPress, dan lain sebagainya. Salah satu tempat membangun situs yang paling tepat dan istimewa adalah WordPress.

Domain dan hosting memang tak bisa dipisahkan. Domain yang saat ini terkenal adalah tentang social media. Disinilah banyak orang yang berinteraksi satu sama lain. Kemudian, untuk bisa memilih domain tersebut ada beberapa pilihan paket yang bisa anda gunakan. Misalnya jika anda menggunakan layanan IDwebhost, anda akan mendapatkan berbagai pilihan paket yang bisa anda sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan. Yang terpenting adalah memilih pilihan paket yang tepat. Disini anda bisa memilih paket untuk setahun, sebulan, dan lain sebagainya. Anda harus rutin melakukan update pada tanggal yang ditentukan supaya web anda bisa tetap diakses.

Ada beberapa macam jenis domain dan hosting yang perlu anda ketahui, yakni Sub Domain, Parking Domain, Addon Domain, dan lain sebagainya. Mana yang paling bagus untuk SEO? Tentu saja yang paling bagus adalah domain yang utama anda miliki. Satu pekerjaan yang terpenting setelah membuat situs adalah mempopulerkannya. Bagaimana caranya agar orang bisa tau nama website anda dan apa keuntungan berkunjung didalamnya? Disinilah anda bisa melakukan berbagai cara, yakni dengan mempromosikannya di social media atau dengan menerapkan sistem backlink.

Pengertian Hosting dan Jenis-Jenisnya

Perbedaan Domain dan Hosting

unlimited.id

Hosting adalah sebuah tempat atau lahan yang dipakai untuk sewa server. Disinilah bisa dilihat hubungan antara domain dan hosting tersebut. Misalnya anda ingin menyewa sebuah tempat untuk membangun website, maka tempat tersebut dinamakan dengan hosting. Disinilah tempat dari semua data akan diakses, mulai dari data data gambar, file, email, aplikasi, script, database dan lain sebagainya. Disinilah letak perabotan atau interior dari website yang anda miliki. Beberapa orang bahkan mengibaratkan hosting seperti sebuah kios di mall.

Pihak manajamen domain dan hosting hanya menyewakan tempat hosting saja untuk menampung data pembentukan web tersebut. Tapi semua kembali ke pemilik situs itu sendiri untuk mengelola websitenya seperti apa. Dari sinilah ada spesifikasi tempat sewa (hosting) yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Semua orang bisa bebas menyewa hosting jenis apapun dengan biaya yang ditentukan. Untuk spesifikasi yang lebih baik misalnya space dan bandwidth yang besar tentu saja ada harga yang tersedia. Semua pemilik harus mengoperasikan websitenya sendiri sesuai kebutuhan. Jadi kalau mau membuat sebuah website, dua hal domain dan hosting harus dimiliki.

Karena domain dan hosting sifatnya adalah menyewa maka anda harus membayar tiap waktu ditentukan untuk bisa terus mengoperasikan situs tersebut. Nyatanya memang ada sejumlah situs di dunia yang terus beroperasi dalam waktu yang lama. Tapi ada juga beberapa situs yang hanya beroperasi dalam waktu terbatas. Kalau situs tersebut populer dan punya traffic yang bagus, biasanya pengunjung memang sejak awal banyak yang berada didalamnya. Hal ini bisa dilihat dari jumlah orang yang berkunjung di situs terkait setiap harinya. Ada fitur Google Anayltic yang akan merekam dan menunjukan jumlah visitor yang berkunjung di situs tersebut.

Masalah Yang Sering Muncul Dalam Membuat Domain Dan Hosting

Domain dan hosting tentu bisa memiliki problem tersendiri. Ibarat menyewa sebuah tempat, tentu ada saja problem yang bisa muncul seiring berjalannya waktu. Misalnya saja problem tentang website down atau server down dan lain sebagainya. Untungnya hal ini bisa dicegah dengan pengelolaan website yang baik. Serta pemilik website juga sebaiknya rajin melakukan  maintenance agar web tetap berjalan dengan bagus dan tidak trouble. Ada solusi lain yang bisa dilakukan yakni menghubungi pihak CS jasa domain dan hosting yang anda gunakan untuk mendapatkan solusi yang lebih lanjut.

Tips Membangun Domain Dan Hosting Supaya Populer

 

Perbedaan Domain dan Hosting

unlimited.id

Membangun sebuah domain dan hosting yang bagus tentunya membutuhkan usaha yang signifikan. Agar anda bisa membangun sebuah website yang bagus dan juga populer maka banyak cara yang harus anda terapkan. Penerapan cara yang paling tepat adalah dengan memilih nama yang benar-benar bagus untuk digunakan. Nama website tersebut juga sebaiknya sesuai dengan apa isi dari konten yang ada di web anda tersebut. Nama domainnya juga sebaiknya tidat terlalu ribet dengan beberapa tambahan abjad simbol yang tidak perlu. Jadi buatlah nama domain yang gampang diingat dan diketik di keyboard pengguna.

Selain itu, untuk memaksimalkan pembangunan dari domain dan hosting yang anda miliki tersebut, sebaiknya anda mencoba untuk meningkatkannya dengan berbagi melalui social media. Disinilah anda juga harus bermain caption. Apa caption atau kata-kata yang tepat dan akan anda gunakan dalam website tersebut. Jika anda menggunakan kata-kata yang pas, sudah pasti anda akan menerima keuntungan dimana web anda pun nantinya bisa kian populer. Anda juga bisa menjelaskan kepada pengunjung tentang apa kategori dari website anda tersebut. Gunakan juga theme atau tema yang tepat pada saat membangun website anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *