Perbedaan Jenis Server SWH, VPS, Cloud Computing dan Dedicated Server

unlimited.id

Jenis server yang bisa anda terapkan tentu saja ada banyak. Pada saat hendak membuat website, anda perlu memilih server yang tepat guna memaksimalkan potensi dan performa web tersebut. Untungnya ada sejumlah pilihan server tipe premium yang bisa anda plih. Jika anda ingin mendapatkan sebuah opsi server yang tepat, hal tersebut juga sebenarnya bisa disesuaikan dengan pilihan yang anda butuhkan saat ini. Dengan adanya tipe hosting yang tepat, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda capai didalamnya. Hal ini pastinya akan mampu memberikan banyak keuntungan yang tepat dan signifikan. Adanya layanan server tersebut akan membantu anda untuk menampung data yang diperlukan sebuah website sehingga bisa bekerja secara optimal. Anda pun bisa melakukannya dari sekarang.

Tapi untuk bisa memilih dengan tepat terkait jenis server tersebut, anda juga harus tau defisini dan masing-masing kegunaan dari server terkait. Karena jika anda sampai salah pilih, bukan tidak mungkin akan terdapat sejumlah kendala yang anda temukan. Berikut adalah pilihan jenis server mulai dari tipe SWH, VPS, Cloud Computing, Dedicated Server, dan lain sebagainya yang bisa anda temukan didalamnya.

Jenis Server Tipe SWH (Shared Web Hosting)

Jenis server tipe yang pertama adalah SWH atau yang akrab dikenal sebagai shared web hosting. Dalam jenis server yang satu ini, anda akan mendapatkan kemudahan menyimpan data dan akun web anda didalamnya. Mulai dari database, email anda hingga file website semua bisa anda maksimalkan dengan mudah. Untuk pilihan software yang dipakai sebagai pengelolaan nanti, anda bisa memilih antara PleskPanel atau cPanel. Banyak orang yang memilih memakai cPanel karena memiliki fungsi yang optimal dibandingkan dengan tipe yang lain.

Perbedaan Jenis Server SWH, VPS, Cloud Computing dan Dedicated Server

unlimited.id

Kelebihan dari jenis server SWH ini adalah biayanya yang cukup ekonomis. Selain itu, server ini juga cukup mudah untuk digunakan. Dengan adanya server yang mudah digunakan tersebut, sudah pasti akan banyak keuntungan yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Anda akan bisa mendapatkan sebuah layanan server dengan harga murah meriah dan pas di kantong. Tapi minusnya adalah, anda akan kesulitan dalam hal mendapatkan daya server secara maksimal. Hal ini sesuai dengan namanya yakni Shared yang artinya akses server tersebut akan dibagi untuk banyak orang sekaligus. Jadi kalau misal server ini sudah overload atau kebanyakan yang memakai, situs anda pun akan terancam tidak mampu bekerja dengan fleksibel memakai jenis server SWH yang satu ini.

Tipe VPS atau Virtual Private Server

Jenis server yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi karena nama VPS begitu mendunia sebagai jenis hosting yang sangat bagus untuk web premium atau korporasi. Dari sini anda akan bisa melihat sebuah perbedaan yang signifikan. Pasalnya, anda akan bisa menentukan sendiri sistem operasi yang akan digunakan, punya akses root, dan juga bisa mengkustomisasi web tersebut sesuai dengan yang anda mau. Semua itu akan bisa anda terapkan dan lakukan dengan bebas. Sayangnya VPS pun juga memiliki kekurangan, yakni tidak mampu memberikan akomodir untuk kebutuhan koneksi yang pribadi atau private antara satu server dengan server yang lain. Apalagi kalau anda sedang membutuhkan kustomisasi yang lebih optimal. Disini anda bisa mengakalinya dengan memberikan security yang lebih optimal lagi ke dalam web yang anda gunakan.

Jenis server VPS ini juga bisa anda maksimalkan dengan menginstal software panel yang ada didalamnya, lalu membaginya menjadi beberapa resource. Dengan adanya layanan ini maka anda pun akan memiliki server yang spesifikasinya lebih kuat dan mampu menampung banyak guest dengan OS beragam. Secara kualitas memang sangat bagus jika anda memakai jenis server yang satu ini.

Cloud Computing

Jenis server ini pastinya akan memberikan kemudahan kepada anda yang lebih dalam hal fleksibilitas. Kenapa? Karena anda bisa melakukan kustomisasi terhadap server tersebut dengan bebas, tanpa harus mengandalkan software atau OS. Cloud computing adalah jenis server yang paling utama karena bisa membantu anda menciptakan sistem dengan aplikasi dan database yang melewati private networks. Ini akan menjamin keamanan akses dari server yang anda gunakan. Disini anda bisa menggunakan beberapa fitur security tambahan seperti firewall, GIO Cloud.

Perbedaan Jenis Server SWH, VPS, Cloud Computing dan Dedicated Server

unlimited.id

Jenis server ini juga memiliki keunggulan dalam hal menciptakan sistem yang support dengan load balancing. Ini akan memastikan bahwa situs tersebut tetap bisa memberikan lajur server yang stabil meski banyak yang memakainya. Dengan cara ini, maka anda pun akan bisa melakukan pekerjaan membangun web dengan lebih mudah dan maksimal didalamnya. Ada juga beberapa fitur tambahan menarik yang akan bisa anda gunakan antara lain, pay as you go, dan juga sejumlah fitur lain yang bisa anda akses apapun.

Baca Juga: Cara Menjadi Linux Reseller Hosting dan Keuntungannya

Dedicated Server

Jenis server tipe dedicated ini juga sudah pasti sangat tepat bagi anda yang ingin menggunakan sebuah server secara utuh dan tidak perlu berbagi dengan pengguna yang lain. Jenis server yang satu ini akan bisa siap anda gunakan dengan mudah. Anda hanya tinggal mengoptimalkan penggunaanya dan mengkonfigurasinya sesuai kebutuhan anda saat ini. Jangan lupa bahwa dalam server yang satu ini, anda juga bisa mendapatkan lebih banyak fitur yang sangat sayang jika anda tidak menggunakannya. Anda bisa memilih sistem operasi atau OS apa yang anda gunakan, setelah itu server pun akan ready to use atau siap untuk dipakai.

Perbedaan Jenis Server SWH, VPS, Cloud Computing dan Dedicated Server

unlimited.id

Dalam hal ini jenis server tipe dedicated ini juga akan mampu memberikan jaringan private yang sangat unggul untuk digunakan. Terkadang anda bisa menambahkan keamanan yang lebih besar lagi jika ingin mendapatkan sesuatu yang lebih optimal. Anda bisa menambahkan fasilitas berupa firewall yang akan memudahkan anda untuk memperoleh sesuatu yang lebih fantastis lagi. Dari sini anda akan bisa mengelola website tersebut dengan lebih cepat dan juga mudah.

Kesimpulan

Jenis server yang bisa anda gunakan memang ada banyak sekali. Tugas anda sebagai user hanya satu, yakni memilih dari beberapa pilihan diatas, ada Shared Hosting, Dedicated Hosting, VPS hosting, Cloud Hosting, dan lain macamnya lagi. Semua itu sebenarnya punya fungsi yang sama memberikan kemudahan bagi anda menciptakan sebuah web yang terbaik, namun di sisi lain hal tersebut juga akan mendatangkan kepada anda lebih banyak manfaat yang jelas amat maksimal dan mudah. Alhasil, akan lebih banyak lagi keutamaan dan keuntungan yang akan mampu anda peroleh didalamnya. Disinilah anda akan bisa mendapatkan sebuah server terbaik yang benar-benar akan mampu mengakomodir kebutuhan anda dalam mengoptimalkan fungsi dan peran dari sebuah website itu sendiri. Hal ini juga akan lebih optimal lagi jika anda mampu melakukan kustomisasi dengan cara yang tepat dan mudah dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *