Perbedaan Nameserver dan DNS merupakan hal yang menarik untuk dikupas. Sebagaimana diketahui bahwa ada banyak sekali pilihan domain yang bisa digunakan untuk membuat sebuah website. Dengan adanya proses pengelolaan yang tepat maka tentu saja akan lebih mudah untuk memaksimalkan fungsi dari website itu sendiri. Dalam hal ini, anda mungkin akan berkutat dengan yang namanya Nameserver dan juga DNS. Anda mungkin sering mendengarnya, tapi apakah anda tahu maksud dan kegunaanya?

Dengan memahami tentang hal dasar semacam ini maka tentu saja akan menambah wawasan anda yang nantinya bisa anda maksimalkan berkaitan dengan Nameserver dan juga DNS itu sendiri. Hasilnya, anda pun akan bisa melakukan proses pengelolaan domain yang diinginkan dengan mudahnya. Berikut adalah ulasan mengenai perbedaan Nameserver dan DNS, dimulai dari pengertian masing-masing dan juga kegunaanya.

Apa Itu Nameserver

Perbedaan Nameserver dan DNS (Domain Name System)

idwebhost.com

Nameserver merupakan nama yang mengarahkan ke domain. Dalam hal ini, user bisa mengatur sendiri nama apa yang diinginkan dalam pembuatan domain. Inilah yang kemudian membuat namanya tersebut dihapalkan oleh sejumlah orang yang sudah terbiasa berkunjung di website terkait. Lalu satu hal yang pasti dalam perbedaan Nameserver dan DNS ini adalah terkait mengenai pilihan nama yang bisa digunakan tersebut. Dalam hal ini ada banyak sekali pilihan nama yang tersedia. Namun, jika ingin membuat nama tersebut juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tepat sasaran. Jangan sampai domain tersebut berisikan web tentang teknologi, tapi namanya malah mengarah pada media tentang kesehatan. Jelas ini akan bertentangan sekali.

Apa itu DNS

Tahap selanjutnya dalam perbedaan Nameserver dan DNS ini adalah mengetahui maksud dan apa itu DNS. Sebagaimana diketahui, DNS adalah sebuah sistem yang bertugas untuk menyimpan semua informasi atau data yang ada pada website. Sejumlah sumber juga mengatakan bahwa DNS merupakan sebuah standard yang digunakan untuk memberikan nama publik pada website itu sendiri. Dengan adanya standard tersebut, sudah pasti hal ini akan mampu memberikan manfaat signifikan yang dibutuhkan. Hal-hal yang berkaitan dengan DNS ini tentu saja akan mampu memberikan sesuatu yang tepat dan lebih baik lagi didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu dirisaukan dan dibingungkan lagi. Tentu saja ada banyak pilihan DNS yang bisa tersediia dengan beragam jenis.

Jenis-Jenis DNS

Masuk ke tahap selanjutnya, yaitu tentang apa saja jenis-jenis DNS yang ada dan bisa anda gunakan. Dalam perbedaan Nameserver dan DNS tersebut, anda juga harus tahu pasti mengenai apa saja jenis DNS yang bisa anda kelola dan pergunakan tersebut. Dengan mengetahui cara dan kegunaanya, sudah pasti anda akan bisa mengembangkan website yang dimiliki dengan lebih mudah dan jelas lagi.

1. A(Address Record)

Perbedaan Nameserver dan DNS (Domain Name System)

idwebhost.com

Opsi yang pertama yaitu A(Address Record). Anda bisa melihat bahwa ini merupakan sajian informasi mengenai alamat yang bisa anda pergunakan didalamnya. Dengan memanfaatkan ini semua sudah pasti anda pun akan bisa lebih gampang untuk mendapatkan hasil yang ditemukan dalam DNS terkait. Tentu saja ini juga berkaitan erat dengan sistem dan kinerja dari website itu sendiri, bagaimana langkah dan penerapan yang akan dilakukan terhadapnya.

2. AAAA Record

Selanjutnya adalah AAAA Record. Ini juga merupakan salah satu jenis DNS yang juga tak kalah populer. Dalam penerapannya, tentu saja ada banyak sekali hasil yang bisa didapatkan. Ini juga berkaitan dengan bagaimana record tersebut nantinya akan digunakan untuk mendapatkan hasil yang dibutuhkan itu sendiri. Dengan adanya kebutuhan dan pengetahuan akan DNS ini sudah pasti akan memberikan kepada anda segala jenis kemudahan yang anda perlukan dan butuhkan didalamnya. Hasilnya tentu akan sangat jelas dan bisa anda terapkan dari sekarang didalamnya.

3. Cname Record

Lalu pilihan lainnya pada DNS itu sendiri adalah mengenai Cname Record. Ini juga berkaitan erat dengan bagaimana domain dan kegunaan yang akan bisa anda capai didalamnya. Hal tersebut akan mampu memberikan kepada anda sesuatu yang jelas berbeda dan juga signifikan didalamnya. Inilah yang jelas nantinya akan mampu memberikan sesuatu yang signifikan didalamnya. Jadi tidak perlu bingung lagi dalam menerapkan langkah yang bisa anda temukan itu sendiri. Di sinilah semuanya akan bisa anda dapatkan dengan baik.

4. Mail Exchange

Hal-hal yang berkaitan dengan Mail Exchange juga ada dan tersedia. Semua itu juga akan bisa anda pergunakan sebagaimana mestinya. Dalam hal ini memang ada banyak penerapan dan cara yang bisa anda terapkan. Tinggal bagaimana anda mencoba itu semua untuk mampu menghasilkan sesuatu yang tepat dan juga berbeda didalamnya. Pastinya akan terdapat sesuatu yang jelas dan nyata bisa mendatangkan kepada anda hasil yang tepat dan terbaik itu sendiri. Di sinilah anda pun juga akan bisa merasakan sendiri sesuatu yang jelas dan berbeda didalamnya.

Fitur TTL (Time To Live)

Perbedaan Nameserver dan DNS (Domain Name System)

idwebhost.com

TTL adalah kepanjangan dari Time To Live. Ini adalah sebuah fitur yang bisa digunakan dalam hal penggunaan untuk perubahan pada server. Beberapa hal mungkin akan anda rubah dari segi server. Saat anda sudah terbiasa dengan perbedaan Nameserver dan DNS ini, maka dari situlah anda mungkin ingin melakukan berbagai kustomisasi atau perubahan yang ada didalamnya. Dengan cara tersebut, sudah pasti anda akan mampu mendapatkan hasil yang anda butuhkan didalamnya. Inilah yang nantinya jelas akan mendatangkan kepada anda lebih banyak manfaat itu sendiri. Yang jelas, dalam hal ini anda akan bisa melihat bahwa berbagai fitur yang tersedia didalamnya akan mampu membantu anda mengembangkan website yang dimiliki menjadi lebih baik lagi dan istimewa. Dari sinilah semua itu juga akan mampu mendatangkan kepada anda sesuatu yang berbeda dan juga luar biasa. Disanalah anda akan bisa melihat berbagai macam fitur tersebut akan bisa memberikan kepada anda kemudahan-kemudahan yang ada didalamnya itu sendiri. Hasilnya pun juga akan mampu anda maksimalkan dan juga gunakan untuk jangka panjang kapan saja anda menginginkannya. Ini semua adalah sebuah fasilitas yang tentu akan bisa sangat berguna dan juga worthed bagi anda.

Baca Juga: Keunggulan WordPress Hosting Di Unlimited.Id

Kesimpulan

Kini anda sudah tahu perbedaan Nameserver dan DNS. Sudah saatnya bagi anda untuk mengembangkan website yang dimiliki, kemudian menjadikanya sebagai pilihan yang tepat dan juga terbaik didalamnya. Anda pun akan mampu membuat sebuah website yang tepat dan terbaik itu sendiri. Dari segi kegunaan, tentu saja ada banyak yang akan bisa anda terapkan dan pergunakan didalamnya itu sendiri. Semuanya itu akan mampu mendatangkan kepada anda sebuah hasil yang jelas dan memadai didalamnya. Pada tahapan lanjutan, inilah yang akan mampu membawakan kepada anda berbagai kemudahan dan keuntungan yang ada didalamnya itu sendiri. Sebuah plihan yang jelas akan mendatangkan kepada anda sesuatu yang terbaik dan istimewa. Kini anda bisa mencoba mengembangkan metode terbaik untuk website anda itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *