Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org memang perlu anda ketahui. Dengan memahami perbedaan dari keduanya, sudah pasti akan lebih banyak yang bisa anda dapatkan, yang mana anda akan lebih mudah untuk menentukan mana pilihan domain yang bagus dan terbaik dalam rangka membuat website yang anda inginkan didalamnya.  Pada dasarnya membuat sebuah website memang harus anda lakukan dengan tepat. Dengan menerapkan cara yang tepat, sudah pasti akan lebih banyak yang bisa anda dapatkan. Memahami perbedaan WordPress.com dan WordPress.org akan lebih memudahkan anda untuk menentukan mana domain yang sebaiknya anda pilih.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org sebetulnya bisa anda lihat dari tampilan CMS yang tersedia. Anda pastinya sudah tau dan familiar bahwa CMS itu sendiri adalah kepanjangan dari content management system yang mana fungsinya sangat penting dalam rangka membangun web anda yang diinginkan. Dalam hal ini anda bisa melakukannya dengan instan membuat sebuah website tanpa harus pintar belajar coding atau semacamnya. Kenapa? Karena CMS berperan penting dalam menyediakan sarana atau platform membuat website yang anda inginkan didalamnya. Hal inilah yang nantinya tentu saja akan memberikan keuntungan kepada anda untuk jangka panjang pastinya. Jadi tidak heran kalau baik itu WordPress dan lain sebagainya akan mampu memberikan kepada anda manfaat yang lebih besar dan banyak pastinya itu sendiri.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

unlimited.id

Apabila anda melihat sendiri maka perbedaan WordPress.com dan WordPress.org ini sebetulnya tak begitu tampak. Anda sebetulnya akan bisa melihat sendiri bahwa keduanya sepertinya sama, baik itu ketika anda melakukan posting artikel, konfigurasi, dan lain sebagainya. Semuanya akan bisa anda terapkan dengan mudah dalam hal membuat website itu sendiri. Yang perlu anda pahami dari perbedaan WordPress.com dan WordPress.org ini adalah bagaimana caranya supaya website yang anda miliki tersebut bisa berfungsi dengan optimal sebagaimana mestinya yang anda butuhkan didalamnya.  Berikut adalan penjabaran perbedaan WordPress.com dan WordPress.org itu.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang signifikan akan bisa anda lihat dari fungsinya itu sendiri. Untuk yang tipe .COM anda akan melihat bahwa didalamnya anda akan merasakan fasilitas membuat web yang terbatas. Disini anda akan mendapatkan akses yang limited yang mana hanya sebatas kustomisasi website biasa. Anda tidak akan mendapatkan permission untuk menggunakan plugin dalam bentuk apapun. Lalu tema yang diberikan juga tidak banyak dan pastinya tidak bisa dikustomisasi. Lalu anda juga tidak akan mendapatkan FTP ACCESS. Dalam hal ini memang banyak yang memilih menggunakan website tersebut untuk demo atau latihan sebelum akhirnya mereka memilih layanan website yang menyediakan full control.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

unlimited.id

Dalam hal ini layanan full control yang dimaksud bisa anda lihat dari yang tipe .ORG. Nah, dari sinilah anda bisa melihat sendiri perbedaan WordPress.com dan WordPress.org. Apakah itu? Anda akan mendapatkan permission atau ijin untuk melakukan apa saja yang anda inginkan. Anda akan bisa mendapatkan control untuk melakukan desain, pengkonfigurasian tema, dan juga memberikan plugin yang bermanfaat bagi website anda itu. Dalam hal ini, anda juga bisa mengatur content yang anda posting sedemikian rupa dengan backend yang lebih dinamis.

Sebetulnya milik .ORG juga akan memberikan versi backend yang dinamis juga, tapi dalam hal ini anda harus paham bahwa hal tersebut tidaklah susah untuk dilakukan apabila anda tau bagaimana cara menerapkannya dengan baik. Dalam hal ini anda pun akan mampu merasakan sendiri bagaimana fungsi dan peran dari WordPress tersebut sangat penting bagi pengembangan website yang anda miliki supaya bisa berfungsi dengan optimal dan tepat. Itulah perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang perlu anda ketahui tentunya.

Dalam Hal Maintenance Dan Development

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org juga bisa anda cek dalam hal maintenance dan juga development yang ada didalamnya. Untuk anda yang menggunakan .COM dan .ORG sebetulnya tidak perlu khawatir karena semua itu sudah diatur oleh WordPress sendiri yang akan melakukan pengecekan secara berkala. Namun, sebetulnya anda tidak perlu cemas karena dalam .ORG anda sebetulnya bisa menyewa jasa atau menggunakan jasa web developer yang professional untuk mengembangkan website anda sendiri.

Kenapa bisa demikian? Hal ini jelas dikarenakan dalam WordPress.org anda akan mendapatkan akses ke semua fitur secara tak terbatas. Dalam hal ini, anda bisa melakukan pengelolaan website anda tersebut dengan mudah dan sesuai dengan yang anda inginkan saat ini. Dalam hal ini tentu saja akan lebih banyak keuntungan yang akan bisa anda capai dan peroleh didalamnya. Memang untuk mendapatkan lebih banyak kemudahan tersebut alangkah baiknya anda mengelola website anda sendiri di WordPress yang tipe .ORG ini karena banyak keunggulan yang bisa anda dapatkan.

Apa Saja Yang Bisa Anda Dapatkan?

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org jika dilihat dari segi fitur akan bisa anda lihat bagaimana keduanya berbeda satu sama lain. Untuk yang tipe .ORG, biasanya anda akan dikenai biaya untuk membuat nama domain dan juga hosting. Biayanya bisa anda tentukan sendiri sesuai keinginan. Anda bisa memilih nama domain dan hosting, baik itu VPS, shared, dan lain sebagainya. Kemudian, untuk storage space yang ada di tipe .ORG ini, anda akan melihat bahwa banyak yang akan bisa anda peroleh didalamnya hingga unlimited. Hal tersebut pastinya akan sangat penting sekali bagi anda.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

unlimited.id

Lalu bagaimana dengan tipe .COM? Dari sini anda bisa melihat perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, dimana anda juga akan dikenakan biaya jika anda ingin memberikan nama domain di situs anda tersebut. Kemudian, anda juga akan bisa mendapatkan hosting yang free dan high quality tapi itu semua disediakan langsung olth WordPress. Sedangkan untuk storage spacenya anda bisa memilih sendiri mana yang sesuai kebutuhan. Jadi tidak unlimited. Untuk yang free atau gratis, anda tidak akan dikenakan biaya, tapi untuk yang storage-nya 30 GB ke atas, maka anda akan dikenakan biaya.

Baca Juga: Mengembalikan Custom Domain Blogspot ke Alamat Asal .BLOGSPOT.COM

Bagaimana dengan perbedaan WordPress.com dan WordPress.org mengenai adanya ads didalamnya. Ads seperti yang kita ketahui adakah iklan. Untuk tipe .ORG tentunya anda bisa melihat bebas iklan didalamnya. Sementara untuk tipe yang .COM anda harus mengeluarkan biaya yang signifikan didalamnya. Jadi pastikan bahwa anda benar-benar tau dan paham bagaimana cara memilih semuanya dengan baik.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal mengenai perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang wajib untuk anda ketahui. Jika ada yang bertanya mana yang gratis dari kedua opsi tersebut, jawabannya adalah keduanya sebetulnya memberikan fitur gratis versi mereka sendiri. Jadi anda hanya tinggal menentukan sendiri mana yang ingin anda berikan didalamnya. Kalau anda memang benar-benar ingin membuat website yang bagus dan tepat sasaran, sudah pasti anda harus tau bagaimana cara melakukannya dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *