Di era internet seperti saat ini, peran sebuah website sangat penting. Selain sebagai tempat untuk menuangkan isi pikiran lewat blog, dan bagi beberap orang website dapat digunakan sebagai portofolio. Apakah Anda seorang desainer atau fotografer yang sedang mencari cara termudah untuk membangun web portofolio menggunakan WordPress. Di luar sana, ada banyak plugin WordPress terbaik yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah, dengan membangun website portofolio yang indah. Namun, menemukan plugin untuk portofolio yang paling bagus memang tidak mudah. Terutama bagi para pemula.

Anda perlu menemukan plugin yang membuat pekerjaan Anda menonjol, memuat dengan cepat, dan terlihat bagus di perangkat seluler. Sobat Unlimited, artikel ini akan membantu Anda menemukan plugin website terbaik untuk desainer.

Theme portofolio vs Portofolio plugin

plugin wordpress terbaik

Banyak tema portofolio WordPress yang dilengkapi fungsionalitas bawaan untuk membuat website portofolio. Hal ini yang menjadikan pertanyaan banyak orang, mengapa ada yang mau menggunakan plugin sementara ada tema yang mungkin lebih memudahkan.

Sobat, tema di WordPress lebih menekankan pada tampilan visual situs website Anda. Ini termasuk warna, gaya, tata letak, dan presenteasi konten Anda.

Di sisi lain, plugin adalah langkah yang tepat untuk menambah fungsi dari WordPress Anda. Seperti slider, form kontak, dan masih banyak lagi. Banyak yang menyarankan pengguna menggunakan plugin. Karena mendapati tema memiliki kelemahan.

Menggunakan tema untuk fungsionalitas website akan mengikat website Anda dengan tema tersebut. Jika Anda mengubah tema, maka kemungkinan besar Anda dapat kehilangan data portofolio Anda. Sedangkan jika menggunakan plugin, Anda tak perlu takut kehilangan data portofolio tersebut.

Plugin terbaik WordPress Untuk Desainer

Berikut ini adalah plugin terbaik WordPress untuk desainer yang patut Anda coba:

  1. WP Portofolio

Bagi Anda yang sedang mencari plugin website untuk desainer terbaik, WP Portofolio bisa menjadi pilihan. Plugin ini sangat cocok untuk Anda yang berprofesi sebagai fotografer, desainer, maupun pekerja digital kreatif.

Plugin besutan Astra Theme ini menawarkan banyak fungsi yang Anda butuhkan. Ia mempunyai berbagai pilihan style, tata letak, mendukung semua file media ,dan mudah dikustomisasi tanpa harus menuliskan kode CSS.

Dan yang paling penting, semua portofolio Anda akan terlihat hebat saat tampil di perangkat mobile dan desktop.

  1. Envira Gallery

Envira Gallery adalah plugin premium WordPress yang khusus didedikasikan untuk Anda, para desainer dan fotografer untuk memajang karya terbaik. Dengan Envira, pengguna akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat membuat portofolio.

Anda dapat membuat galeri yang memuat portofolio berikut dengan deskripsi dan detail tambahan. Anda juga dapat menambahkan kumpulan galeri ke sebuah album. Hanya beberapa kaliĀ  klik, dan karya-karya Anda akan tersusun dengan rapi dan jelas.

  1. Visual Portofolio

Plugin website untuk desainer selanjutnya adalah Visual Portofolio. Ia datang dengan tata letak yang variatif. Anda ingin apa: grid, tiles, hingga carousel. Ada semua. Hebatnya, Visual Portofolio juga memiliki fitur blok Gutenberg yang akan memudahkan pekerjaan saat menambahkan portofolio dimanampun yang Anda suka.

Dan untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menjelajahi website portofolio Anda, tersedia fitur sortir.

  1. GridKit Portofolio Gallery

plugin wordpress terbaik

Di urutan selanjutnya ada nama GridKit Portofolio Gallery adalah plugin portofolio dengan desain yang cukup simpel. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengelola item portofolio proyek dan terdapat fitur sortir. Ia hadir dengan dukungan editor blok dari WordPress yang baru, dengan dukungan shortcode untuk editor yang lebih lawas.

Hanya saja, plugin ini memiliki tata letak yang terbatas. Jika ingin layout yang lebih banyak pilihan, Anda bisa mengupdatenya ke versi premium.

  1. Meow Gallery

Jika Anda menginginkan plugin galeri gratis dan memiliki dukungan blok Gutenberg, Meow Gallery adalah jawabannya. Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengorganisasi portofolio dengan sangat indah.

Dan seperti plugin untuk desainer terbaik lainnya, Meow Gallery datang dengan tampilan layout yang bervariasi. Sebagai pengguna, Anda dapat memilih berapa banyak kolom yang ingin ditampilkan. Juga termasuk beberapa tambahan add on plugin untuk menambah fungsionalitasnya. Antara lain seperti lightbox, audio commentary, tautan eksternal, dan lain sebagainya.

  1. Genesis Portofolio Pro

Jika Anda adalah pengguna tema StudioPress atau tema lain yang dibuat dan dikembangkan oleh Genesis, maka Anda juga harus mencoba plugin Genesis Portofolio Pro.

Secara spesifik, plugin ini memiliki karakter yang hampir sama dengan tool buatan Genesis lainnya. Portofolio pro akan memudahkan Anda untuk membuat item portofolio. Template yang tersedia memungkinkan Anda untuk menampilkan gambar utama dari portofolio Anda.

Plugin ini mempunyai tampilan yang minimalis, dan tidak banyak terdapat fungsi tambahan.Bisa dibilang, ini sangat cocok buat Anda, para desainer yang ingin memiliki tampilan website yang minimalis.

  1. NextGen Gallery

NextGen Gallery adalah plugin WordPress populer untuk membuat galeri gambar, album, dan portofolio fotografi. Plugin ini begitu disukai banyak desainer, baik pemula maupun ahli. Interfacenya sangat intuitif untuk membuat galeri.

Fitur yang dimilikinya antara lain multiple style, pilhan tata letak yang beragam yang support untuk menamplikan album. Sebagai pengguna, Anda dapat membuat berbagai macam bentuk tampilan. Seperti carousel, slider, portofolio kompak, album, bahkan tata letak bergaya timeline, bisa Anda buat.

  1. Modula Image Gallery

plugin wordpress terbaik

Website berbasis WordPress dapat ditingkatkan performanya untuk menampilkan galeri gambar. Dan salah plugin yang dapat meningkatkan performa tersebut adalah Modula. Plugin yang satu ini menawarkan pengalaman terbaik bagi Anda yang membutuhkan plugin yang dapat dikustomisasi dengan leluasa. Sangat fleksibel dan cocok digunakan tak hanya oleh Anda para desainer, tetapi juga praktisi website.

  1. Monarch

Monarch adalah salah satu plugin media sosial terbaik yan saat ini ada di WorPress. Sebaga desainer, tentu Anda ingin mendapatkan lalu lintas yang tinggi dari media sosial, bukan?

Apalagi saat ini share di media sosial dapat menjadi kunci perkembangan sebuat website.

  1. Soliloquy

Di urutan kesepuluh, Soliloquy adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin sebuah plugin yang user friendly. Untuk menggunakan plugin jenis ini, tak harus memiliki kemampuan koding yang mumpuni. Terlebih lagi, Soliloquy sangat responsive.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak plugin untuk desainer yang bertebaran di luar sana. Tetapi jika Anda ingin plugin terbaik WordPress untuk desainer, kumpulan plugin diatas bisa Anda jadikan pilihan. Ingin punya website untuk portofolio? Unlimited.ID punya segalanya yang Anda butuhkan. Tunggu apalagi, buat website Anda sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *