Prestashop platform jual beli online gratis. Apakah Anda masih asing dengan nama tersebut. Mungkin, bukan Anda sendiri yang asing dengan nama platform online store tersebut. Selama ini platform online store yang sangat terkenal adalah WooCommerce. Bahkan banyak yang membandingkan dua platform besar tersebut. Mana yang terbaik diantara keduanya. Tentu membandingkan dua hal merupakan hal yang tak ada habisnya. Keduanya sering dibandingkan. Tentu saja Prestashop maupun WooCommerce punya karakteristiknya masing-masing.

Membuat toko online bisa menjadi sesuatu yang sangat memusingkan. Terlebih kalau Anda adalah orang yang tidak familiar dengan hal ini sebelumnya, terkait dengan platform yang ada dan tingkat fungsionalitasnya. Dan lagi tidak mudah untuk memilih mana platform terbaik untuk toko online kita. Hampir semua platform ecommerce memiliki fitur, cara penggunaan, dan fleksibiltasnya sendiri. Selain itu, kita harus hati-hati saat memilih platform untuk bisnis. Karena hal ini berkontribusi besar pada kesuksesan atau kegagalan dari toko online Anda.

Akan sangat merepotkan jika Anda harus berpindah platform karena merasa tidak puas dengan performanya. Itulah mengapa Anda harus memikirkan masak-masak sebelum memilih. Berikut ulasan mengenai Prestashop yang harus Anda ketahui sebelum memilihnya:

Apa itu Prestashop?

Prestashop adalah platform ecommerce open source yang bisa diakses siapa saja. Ini adalah salah satu platform ecommerce terbaik dengan fiturnya yang berbeda dengan yang lainnya dan membuatnya memiliki ciri khas. Kabar baiknya adalah Prestashop bisa bekerja dengan baik menggunakan PHP dan ini sangat membantu bagi sebuah bisnis yang ingin berkembang dengan pesat, yang membangun website ecommerce yang komprehensif dan fungsionalitas yang baik.

Tercatat, saat ini terdapat sekitar 270.000 situs toko online yang menggunakan Prestasop secara global. Dan sudah ada lebih dari seribu lebih pengembang yang berkontribusi pada prkembangan Prestashop sendiri. Prestashop sendiri memiliki beberapa kemiripan dengan WordPress. Meskipun begitu terdapat beberapa hal yang membedakan keduanya, antara Prestashop dan WordPress. Yang membedakan adalah Prestahop sepenuhnya platform untuk ecommerce, sedangkan WordPress bisa menjadi platform blogging maupun ecommerce yang powerful.

Di ranah website builder ecommerce, Prestasop adalah salah satu yang memiliki fitur paling kuat, dengan tampilan antarmuka yang intuitif. Ini akan memudahkan Anda dalam mengelola toko online. Platform menawarkan ratusan modul yang berfungsi untuk menambah efektivitasnya.

Beberapa fitur andalah Prestasop antara lain model backup tingkat lanjut, reliabilitas tinggi, dan kemudahan akses pengguna untuk menentukan skala bisnis dan meningkatkan kredibilitas situs. Selanjutnya akan dibahas beberapa fitur yang sangat berguna untuk meningkatkan produktifitas website Anda.

Fitur-Fitur yang Dimiliki Prestashop

Prestashop menawarkan kurang lebih 300 fitur built in yang mengizinkan Anda untuk mangatur cara pembayaran, pengiriman, listing produk, hingga buyers dan suppliers. Platform ini menggunakan template web yang memberikan akses bagi Anda untuk melakukan kustomisasi tema toko online dan menambahkan add on modul. Ketika membuat tema prestashop sendiri, Anda Berikut fitur-fitur kunci yang akan Anda dapatkan saat menggunakan Prestashop:

  1. Kemudahan Penggunaan

Tampilan backend Prestashop bisa dibilang sangat teknikal, sehingga perlu sedikit waktu untuk mengaturnya. Anda bisa menggunakan Prestashop Demi yang mencakup backend dan front end. Anda bisa memvisualisasikannya di desktop, tablet, ataupun telepon genggam dengan  segala fitur yang ada di dalamnya. Meskipun sedikit memakan waktu, hasilnya akan sepadan dengan yang diinginkan.

Prestashop platform jual beli online gratis

Cukup mudah untuk melakukan instalasi dan menggunakan Prestashop. Tentu akan sangat menyenangkan memiliki situs toko online yang responsive, bukan?

  1. Free dan Open Source

Jika Anda mencari sebuah platform toko online yang mengizinkan penggunanya membuat website yang bisa dikustomisasi hanya dengan hitungan menit, Prestashop bisa jadi adalah jawaban. Prestashop membuat ecommerce website development yang mudah digunakan dan di akses. Sebuah CMS ecommerce yang telah digunakan di 65 negara. Pengguna akftifnya pun membentuk komunitas sendiri sebanya 1 juga orang.

Tahukah Anda bahwa keberadaa komunitas ini sangat penting karena berkontribusi pada perbaikan platform. Dukungan komunitas ini antara lain adanya 75 lebih penerjemah gratis dan adanya lebih dari 60 metode pembayaran yang cocok dengan prestashop. Dan Prestashop selalu mendapatkan dukungan untuk selalu lebih baik lagi.

  1. Meningkatkan Traffic ke Website

Kita tahu, Google adalah tulang punggung dari seluruh lalu lintas pengunjung di internet. Dan karena itu Anda harus tahu tentang situs website Anda dan layanan apa yang Anda tawarkan. Begitu pula hal apa yang membedakannya dengan website lainnya. Karena itulah Anda harus menggunakan Google Snippets sebagai salah satu caranya. Anda dapat menggunakan snippet yang berbeda dengan pesaing Anda. Anda dapat menemukan add on di Prestashop market, yang bisa meneyederhanakan proses ini secara spesifik.

  1. Marketing

Prestashop menawarkan pada penggunanya untuk menambahkan fitur-fitur khusus agar website Anda lebih luas lagi jangkauannya. Fitur yang menunjang pemasaran dan penjualan ini antara lain mode diskon, pengiriman gratis, program afiliasi, mystery box, kode kupon dan lain sebagainya.

  1. Payment Gateaway

Prestashop platform jual beli online gratis

Bagi sebuah website ecommerce, sangat penting untuk melakukan set up payment gateaway atau gerbang pembayaran. Dan kabar baiknya adalah Prestashop mensupport beberapa payment gateaway populer. Antara lain Paypal, Amazon Pay, World Pay, Discover Global Network, dan, First Data. Belum lagi terdapat labih dari 250 payment provider sebagai fitur add on. Tentu sangat berguna bagi Anda karena memberikan banyak pilihan untuk menentukan payment gateaway mana yan cocok dan sesuai dengan karakteristik pelanggan Anda.

  1. Kemudahan Kustomisasi

Sejak dulu tampilan website telah mendapatkan perhatian yang besar. Dan Prestashop memberikan perhatiannya untuk itu. Ia datang dengan variasi modul antara lain seperti cross – selling, berlangganan newsletter yang bisa aktif hanya dengan sekali klik. Modul-modul ini dapat membantu Anda melakukan kustomisasi toko online sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda akan mendapati 5000 lebih modul dan tema yang di marketplace Prestashop.

Tujuan Penggunaan Prestashop

Pertama dan yang paling utama adalah Prestashop itu gratis dan bersifat ope source. Ia bisa menjadi solusi dari kebutuhan toko online Anda. Hal lain yang membuat Prestashop menarik adalah ia menawarkan setting sekali klik saja. Ini sangat membantu bagi para pemula untuk memulai Prestashop.

Prestashop platform jual beli online gratis

Prestashop memiliki dukungan komunitas dengan support yang sangat besar. Jadi, jika Anda merasa stuck, Anda bisa mencari jawabannya di forum-forum pengguna yang ada di internet.

Kesimpulan

Itulah tadi yang Anda ketahui tentang Prestashop platform jual beli online gratis. Semakin banyak pilihan adalah bagus karena Anda bisa menentukan opsi terbaik untuk Anda. Pembaca Unlimited, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *