Sejak booming era internet, cara orang mencari hiburan mengalami perubahan yang sangat berarti. Jika dulu televisi adalah satu-satunya media untuk mencari informasi, kini manusia modern memiliki alternatif lain. Media itu adalah Youtube. Sebuah platform berbagi video miliki Google. Youtube kini menjadi pilihan bagi beberapa orang yang merasa televisi tak memenuhi kebutuhannya. Tak hanya itu, Youtube juga memungkinkan penggunanya untuk mengunggah video mereka sendiri dan membagikannya di kanal pribadi. Bahkan dulu, Youtube sangat populer dengan jargon Broadcast Yourself. Tak heran kemudian banyak bermunculan orang-orang yang terkenal dari Youtube. Selain isi konten yang bagus, salah satu yang diperhatikan adalah kualitas editingnya. Pembaca Unlimited, berikut 5 Software Video Editing Youtube Mudah.

Mengapa Harus Video, dan Kenapa Youtube

Sebelum membahas lebih jauh membahas software video editing Youtube untuk pemula, Anda harus mengetahui alasan mengapa video bisa menjadi pilihan Anda dalam mengenalkan merek Anda pada khalayak luas. Video adalah format konten yang fleksibel dan menarik. Tak hanya memberikan penonton tentang apa yang sedang terjadi, namun yang pasti ia sangat mudah dibagikan di berbagai platform. Penonton menyukainya karena mudah dicerna, cenderung menghibur, dan bagi para pemasar, video marketing adalah cara baru menggali potensi pasar yang lebih luas lagi.

Dan karena mudah dibagikan, video mudah pula diakses oleh siapapun selama pengguna tersebut memiliki akses ke internet. Tak hanya menonton, namun juga memproduksi. Siapapun bisa membuat video sendiri. Apalagi sekarang kita dimudahkan dengan semakin majunya teknologi kamera pada telepon genggam. Jadi Anda tak perlu membeli kamera professional untuk belajar membuat video.

Software Editing Video Youtube Untuk Pemula

Untuk membuat sebuah video yang bagus, terutama video marketing yang mampu menarik penonton menjadi pembeli tak hanya membutuhkan cerita yang bagus. Kemampuan editing video yang mumpuni juga sangat diperlukan. Untuk merangkai kumpulan video menjadi sebuah video tentu Anda membutuhkan software editor video. Di pasaran saat ini bertebaran software editing video dengan berbagai level pengguna. Dari yang professional sampai yang khusus untuk para pemula. Berikut 5 Software Editing Video Youtube yang mudah:

1. Filmora by Wondershare

Salah satu aplikasi yang paling banyak direkomendasikan untuk pemula adalah Filmora by Wondershare. Jika Anda membutuhkan software editing video yang mudah, Filmora bisa menjadi jawaban atas pencarian Anda. Filmora didesain dengan tampilan yang simple, intuitif, da mudah digunakan. Fiturnya standard, sebagaimana biasa yang terdapat pada sebuah aplikasi editor video: filter, overlays, motion elements, transition, dan sedikit pilihan music bebas royalty. Selain memiliki fitur standard sebuah aplikasi editor video, Filmora juga mempunya fitur khusus yang ditujukan untuk pengguna pemula. Fitur itu adalah Easy Mode. Dengan mode ini Anda bisa melakukan pengeditan simple dan tinggal drag and drop saja, kemudian memiliih tema dan menentukan latar music dengan mudah. Kabar baik lainnya, Filmora tersedia juga untuk pengguna smartphone dengan nama Filmora Go.Software video Editing Youtube Mudah yang Mudah

2. Cyberlink Powerdirector

Posisi kedua software editing video Youtube yang mudah selanjutnya adalah Cyberlink Powerdirector. Aplikasi garapan Cyberlink ini bisa dibilang merupakan salah satu software editing video dengan tampilan antarmuka paling simple. Untuk memahaminya, Anda tinggal masuk ke software tersebut dan mengikuti tutorialnya. Sangat mudah dipahami. Powerdirector banyak disebut sebagai software editing video dengan proses rendering tercepat. Ia juga bisa memproses video berformat 4K. Kalau Anda bertanya aplikasi manakah yang pertama kali support editing video 360 derajat, Powerdirector adalah jawabannya. Banyaknya efek yang bisa Anda pilih mengapa Anda harus menggunakan Powerdirector.Software video Editing Youtube Mudah yang Mudah

3. Final Cut Pro

Bagi Anda pengguna siste operasi Macintosh tentu tak asing dengan software editing video yang satu ini. Keandalannya membuat banyak pengguna produk Apple tak mau menginstal aplikasi edit video lainnya. Alasannya jelas: Final Cut Pro mudah digunakan dan memiliki fitur yang kaya. Meskipun begitu, Final Cut Pro begitu banyak digunakan.

Software video Editing Youtube Mudah yang Mudah

4. Pinnacle Studio

Rekomendasi software editing Video Youtube mudah lainnya adalah Pinnacle Studio. Corel, yang kita kenal selama ini dengan Corel Draw ternyata memiliki aplikasi pengolah video mudah dan bisa diandalkan. Pinnacle Studio namanya. Ini adalah penyempurnaan dari Corel Video Studio, aplikasi besutan Corel sebelumnya. Yang menjadikan Pinnacle Studio layak Anda pertimbangkan adalah kemampuannya mengedit video berformat 4K dan video 360 derajat. Keunggulan utama dari Pinnacle Studio adalah kecepatanya dalam merender video dan fiturnya yang sangat banyak. Dan bagusnya lagi, banyak yang mengatakan Pinnacle Studio memiliki dukungan support yang luar biasa.

5. Adobe Premiere Pro

Rasanya tidak afdol bila kita membicarakan software editing video youtube tanpa mencantumkan nama Adobe Premiere Pro. Aplikasi besutan Adobe ini bisa dibilang software editing video yang paling banyak dibicarakan. Bahkan oleh mereka yang masih awam mengenai dunia edit-mengedit video. Bagaimana tidak, selain memang paling populer, Adobe Premiere Pro juga memiliki berbagai fitur yang komplit, yang mungkin jarang ditemui di software editing video lainnya.

Salah satu fitur paling menonjol dari Adobe Premiere Pro adalah adanya tool Lumetri Color. Fitur ini menawarkan color adjustment dan manipulasi warna serupa menggunakan Photoshop. Fitur lain yang juga sangat menarik adalah multi-cam, yang memberikan keleluasaan bagi Anda bekerja dengan angle kamera terbatas.

Hal lain yang menjadikan Adobe Premiere Pro begitu populer adalah dukunga produk dari Adobe. Anda bisa mengkombinasikannya dengan produk Adobe lainnya seperti Adobe After Effects dan Photoshop. Dan seperti tema utama tulisan ini, Adobe Premiere Pro memiliki user interface yang sederhana sehingga mudah digunakan.

Tips Memilih Software Editing Video

Sebelum memutuskan akan menggunakan software video editor, alangkah baiknya untuk mengetahui criteria apa saja yang harus Anda pertimbangkan. Berikut tips memilih software video editing Youtube:

Kemudahan Penggunaan

Tips pertama yang harus Anda pertimbangkan pertama kali adalah kemudahan penggunaan. Tentu Anda tak mau bukan, harus stress karena kesulitan mengoperasikan software edit video yang Anda gunakan sendiri? Akan sia-sia rasanya jika program yang sudah Anda beli dengan mahal tersebut justru tak jadi digunakan karena susah dioperasikan.

Editing Tools

Ini adalah bagian yang paling vital dari sebuah software editing. Tools editing. Semakin lengkap tools yang dimiliki software tersebut akan semakin memudahkan Anda mewujudkan ide dan gagasan pada karya video tersebut. Tools yang perlu ada antara lain storyboard, timeline, video stabilizer, dan menambahkan teks pada video tersebut.

Efek Transisi

Fitur ini sangat penting keberadaannya pada sebuah software editing video. Efek transisi berfungsi untuk memperhalus perpindahan gambar dari satu gambar ke gambar lainnya. Jadi tidak terkesan lompat-lompat. Bahkan beberapa software memiliki efek transisi 3D untuk menghasilkan perpindahan gambar yang lebih hidup.

Video Playback

Fitur ini berfungsi untuk mengimpor video dalam berbagai format. Software video editing yang bagus tentu harus memiliki fitur ini. Selain untuk mengimpor, juga agar saat proses pengeditan berjalan lancar.

Export

Salah satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan adalah dukungan format ekspor yang memadai. Software editing video yang bagus tentu harus menyediakan format ekspor yang variatif. Seperti MPEG, AVI, MOV, dan lain-lain.

Kesimpulan

Jika Anda adalah seorang content marketer atau pebisnis yang selalu mengikuti perkembangan pemasaran video, Anda bisa memilih salah satu dari 5 software editing video diatas. Meskipun Anda seorang pemula sekalipun. Sebelum memilih software editing video, pertimbangkan juga dana yang Anda miliki, keahlian Anda, dan berapa banyak waktu yang akan Anda luangkan untuk mempelajarinya.

Pembaca Unlimited, sekian video tentang software video editing Youtube. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *