typing_laptop

Beberapa tahun terakhir, control panel menjadi bagian yang sangat penting dan tidak terpisahkan dari paket web hosting. User-interface menjadi tuan penyedia akses ke webmaster untuk mengelola account hosting mereka.

Berikut merupakan perbandingan web hosting control panel dalam membantu memilih penyedia layanan yang terbaik. Mari kita bandingkan control panel berdasarkan faktor-faktor kendala, perizinan, keramahan interface, dan fitur lainnya. Berikut merupakan 5 control panel yang banyak digunakan oleh perusahaan:

  • Plesk
  • Ensim
  • cPanel
  • H-Sphere
  • Admin langsung

  1. Biaya Perizinan

Ada 2 jenis lisensi di luar sana, yaitu lisensi dalam satu kali dan langganan pertahun. Untuk lisensi tahunanan, mengacu selama 1 tahun berlangganan. Kamu akan mendapatkan semua jenis layanan dan mengupgrade software. Biaya satu kali biasanya ada dua atau tiga kali dari biaya lisensi tahunan. Dan ini dapat kamu gunakan seumur hidup dengan dukungan dan upgrade untuk satu tahun, mereka juga tidak keberatan jika melakukan investasi di muka. Ini seperti langganan anti-virus, di mana kamu mungkin harus membayar per tahun, tetapi hanya $1,3, $1,4selama 2 tahun, mungkin kamu membutuhkan $1,5-$1,6 selama 3 tahun.

Admin langsung, juga menjadi sebuah pilihan, dalam segi biaya hampir kurang dari setengah lisensi cPanel dan dipaok sekitar $1.250 dengan domain yang terbatas. ada pula yang dijual $4,50 per domain. Untuk 250 domain Ensim biaya berkisar $599, dengan jumlah yang sama kamu bisa mendapatkan 300 domain untuk Plesk.

      2. Dukungan Untuk Sistem Operasi

Semua control panel popular mendukung berbagai variasi sistem operasi saat ini. Seperti, Windows dan Linux yang sangat popular, namun pada dasarnya ini akan kembali ke klien. Hsphere merupakan control panel yang baik untuk mendukung semua platform, karena sepenuhnya mendukung unix dan windows.

Admin langsung dan cPanel dibangun untuk Linx bahkan dalam versi windows cPanel telah dirilis karena meingkatkan permintaan. Ensim tidak mendukung Unix dan karya hanya dengan windows.

  1. Kehandalan dan Keamanan

Kehandalan dan keamanan, dalam kasus server bersama menjadi 2 keprihatinan besar. Di sinilah Direct Admin menggantikan cPanel, karena datang untuk dikonfigurasi semuanya. Hanya H-Sphere yang bisa cocok dengan admin langsung karena menjajikan dokumentasi sisi server dan biaya dukungan yang sangat rendah. Ensim juga satu-satunya masalah dalam keterlambatan dalam memeperbaiki bug dan relative memberikan respon yang lamban dari dukungan tim. Plesk dan cPanel tidak mengetahui layanan dukungan, serta tidak memiliki jumlah bug yang menurun selama periode.

Namun, disisi terang, cPanel terus menggelar update tepat waktu, ini sangat membantu dalam memperbaiki patch keamanan yang dikenal. Dan ketika mereka menemukannya, maka vendor control panle tidak menawarkan update dengan sering.

  1. User-Friendliness

Entah bagaimana pengguna memberikan kemudahan pengguna, di mana skor cPanel untuk semua poin. Tak heran jika control panel yang paling popular di luar sana. kamu dapat mengakses setiap fungsi dalam hitungan beberapa langkah, untuk itu ada tips yang diberikan pada semua page untuk meningkatkan pengalaman bagi pengguna.

Admin langsung juga akan lebih dekat, tapi ada beberapa kontra seperti kurangnya dokumentasi yang memadai. Plesk dapat menjadi pilihan yang baik juga, kamu perlu mencoba beberapa langkah untuk menjangkau fungsi yang diinginkan. Tentu saja ini tidak terlalu nyaman bagi pengguna ditingkat pemula.

H-Sphere juga menjad control panel yang sangat lambat, ditambah tidak terlihat bahwa mereka telah membayar perhatian yang cukup kepada para user interface dan kecepatan. Ensim tidak mendapatkan poin di apartemen ini juga saat kamu melihat interface-nya. Kamu pun hampir tidak berubah dengan grafis yang usang, jumlah pengguna pun tidak ramah.

Sebagai penyedia layanan web hosting, kamu juga perlu mengambil faktor lain untuk menjadi pertimbangan seperti kebutuhan spesifik dari klienmu. Keahlian dukungan tim-mu dalam menangani control panel menjadi anggaranmu dari salah satu control panel. Kamu dapat membaca lebih lanjut tentang alternative cPanel di web ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *