Saat akan membuat website, selain memilih hosting yang tepat, harus dipikirkan juga ketika menentukan tema website.WordPress, sebagai salah satu content management system dengan pengguna terbanyak di dunia memiliki banyak tema yang bisa dipakai oleh penggunanya. Dan patut Anda ketahui, memilih tema untuk website WordPress sangat penting untuk perjalanan website Anda. Seringkali pengguna bertanya-tanya, tema apakah yang bagus untuk website saya. Apakah harus memilih tema yang premium,atau cukup yang gratis. Tentu dari sisi fitur, tema premium dan gratis memiliki beberapa perbedaan. Dan biasanya untuk mendapatkan tema premium Anda harus mengeluarkan uang ekstra. Namun tenang, artikel ini akan membahas tema WordPress premium gratis. Hanya saja, untuk itu ada beberapa syarat tertentu. Sahabat Unlimited, simak artikel ini sampai habis.

Tema WordPress Premium Gratis

Slipstream

Slipstream adalah tema untuk website WordPress yang dikembangkan oleh ThemeLab, salah satu pengembang tema premium.Tema ini didesain agar selalu responsive dan sangat mengutamakan kecepatan. Selain mendukung sidebar kanan, Slipstream juga sangat mudah dikustomisasi.

Tema WordPress Premium Gratis Terbaik 2020

 

Hueman

Tema Hueman adalah tema yang tepat untuk Anda yang baru memulai website. Dengan pengguna mencapai 70 ribu situs di seluruh dunia, Hueman sangat cocok untuk Anda yang bergerak di bidang majalah online.

Sydney

Sydney adalah tema WordPress yang sangat menakjubkan. Tema ini bahkan sempat menadi trend beberapa waktu yang lalu, dengan kelebihan yaitu sangat mobile friendly.  Sydney sangat tepat untuk perusahaan atau pekerja lepas, yang ingin menampilkan portofolionya. Sydney memungkinkan penyesuaian akses ke font Google, control warna, tata letak, dan masih banyak lagi. Selain itu, Sydey juga kompatibel dengan Elementor, page builder yang banyak digunakan di WordPress.

Sydney menyediakan semua blok yang Anda butuhkan, misalnya untuk membuat halaman yang menarik dan cepat.

Arcade Basic

Arcade Basic sangat cocok untuk Anda yang menginginkan tema yang ringan dan responsive berbasis HTML 5. Anda bisa menggunakan kustomisasi untuk menambhakan gambar header  halaman, layout, width dan lain sebagainya. Tema ini mendukung format untuk postingan video, gambar, status, audio, tautan, dan galeri.

Arcade Basic juga sangat kompatibel dengan bbPress, BuddyPress, WPML, dan Woocommerce. Anda juga bisa menggunakan Google Font untuk meningkatkan keterbacaan huruf, yang bekerja sempurna di browser desktop, tablet, dan perangkat genggam.

Vantage

Vantage adalah tema serbaguna yang fleksibel. Kekuatannya terletak pada integrasi dengan beberapa plugin yang powerful, seperti page builder untuk layout halaman responsive, dan Smart Slider 3. Vantage juga sangat kompatibel dengan WooCommerce bagi Anda yang membutuhkan tema yang bagus untuk toko online.

 

Bisa dikatakan Vantage adalah tema yang handal untuk semua kebutuhan. Untuk situs bisnis, portofoliom ataupun toko online.

Codium Now

Codium Now adalah tema WordPress dengan tampilan thumbnail di halaman beranda, dan menu di bagian atas. Tema ini sangat responsive dan sangat mobile friendly. Opsi pengaturannya pun beragam. Adna bisa mengkusomisasi header, latar belakang, sampai memilih warna dan gambar. Codium menggunakan layout dengan feature images untuk membuat tampilan menjadi indah. Tema freemium ini dilengkapi dengan navigasi tetap di bagian atas, yang ditujukan untuk kemudahan akses.

Spacious

Spacious adalah tema WordPress yang ideal untuk website bisnis. Ia hadir dengan beberapa bilah sisi, template halaman, dan opsi kustomisasi yang mudah. Tema besutan ThemeGrill ini, selain cocok untuk website bisnis, juga bisa digunakan pada website portofolio, blogging, dan berbagai tipe website lainnya.

Spacoius memiliki 4 layout halaman, 2 template halaman, 4 jenis tampilan blog, 13 area widget, dan 5 widget khusus untuk halaman bisnis. Anda bisa memilih wara utama untuk mencocokkan logo dan situs website Anda. Sangat lengkap.

Customizr

Customizr adalah tema WordPress yang sederhana dan cepat. Ia dirancang untuk membantu Anda menarik lebih banyak pengunjung. Memberikan user experience yang sempurna untuk platform mobile. Tercatat, Customizr telah digunakan oleh 100 ribu situs aktif di seluruh dunia.

Tema WordPress Premium Gratis Terbaik 2020

Quill

Bila Anda bekerja di bidang hukum dan ingin memiliki website, Quill bisa menjadi pilihan tema yang bagus. Anda bisa memanfaatkannya sebagai website portofolio yang bisa ditunjukkan pada klien. Anda bisa menceritakan tentang kasus-kasus yang pernah ditangani, menyajikan profil perusahaan, dan masih banyak lagi lainnya.

Dazzling

Jika Anda ingin sebuah tema yang memiliki desain minimalis, modern, dan responsive, Dazzling bisa menjadi pilihan yang bagus. Tema ini sangat cocok untuk Anda yang menjalankan blog, web statis, dan e-commerce. Tak hanya itu, situs bisnis juga cocok menggunakan tema ini. Atau kalau Anda adalah pecinta travelling dan ingin membagikan cerita pada dunia, dengan website minimalis responsive akan membuat pembaca betah berlama-lama di website Anda.

Tema ini juga sangat mudah dikustomisasi. Anda bisa mengatur pilihan warna yang tidak terbatas, slider, tombol Call to Action, widget, dan berbagai pengaturan lainnya. Dibangun menggunakan Boostrap 3, tema ini sangat ramah SEO dan mendukung plugin e-commerce seperti WooCommerce dan Jigoshop.

Enigma

Enigma menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti teka-teki, dan misterius. Hanya saja meskipun bernama Enigma, tema besutan Weblizar ini jauh dari kesan teka-teki dan misterius. Enigma adalah salah satu tema serbaguna yang responsive dan memiliki pengguna yang sangat banyak. Pemakainya adalah para professional yang suka dengan desainnya yang hebat dan kemampuan yang luar biasa.

Tema WordPress Premium Gratis Terbaik 2020

 

Berbasis Bootstrap, Enigma mampu berfungsi dengan baik di semua browser pada segala jenis perangkat. Ia juga kompatibel dengan WooCommerce. Tema ini dapat digunakan untuk berbagai situs web, seperti untuk bisnis, blog, portofolio, agensi, landing page, dan lain sebagainya. Untuk Anda pengguna Flickr, Enigma memiliki widget khusus bernama Filkr, untuk menampilkan foto pada akun Flickr Anda.

Kesimpulan

Salah satu alasan mengapa banyak pengguna memilih tema premium alih-alih gratis adalah karena adanya jaminan support. Tanpa mengesampingkan tema WordPress gratisan, namun harus diakui memiliki kelemahan pada tidak adanya jaminan untuk mendapatkan dukungan pembaruan. Mengeluarkan ongkos lebih untuk tema WordPress tidak ada salahnya. Anda akan mendapatkan dokumentasi yang baik dan pembaruan rutin.

Namun apabila Anda masih ingin mencoba tema premium tapi gratis, Anda bisa menjajal tema yang freemium. Tema jenis ini memiliki beberapa karakter mirip tema WordPress premium gratis, hanya saja masih ada beberapa pembatasan. Memilih tema website WordPress memang sangat krusial. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar dunia website dan hosting, janga ragu untuk tinggalkan pertanyaan di kolom komentar, ya, Sahabat Unlimited. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *