Addon domain memberikan kepada anda kemudahan untuk membuat domain tambahan yang baru selain dari domain utama yang sudah tersedia. Dengan adanya addon yang nantinya terdapat pada folder tersendiri ini, mak aanda pun akan bisa membuat sub direktori khusus domain tambahan tersebut di domain utama yang ada didalamnya. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa fungsi dari domain tersebut pada dasarnya memang ada banyak sekali. Anda akan bisa melihat bahwa banyak sekali keuntungan yang akan bisa anda peroleh didalamnya.

Selain itu, perlu anda ketahui juga bahwa cara membuat addon domain ini juga tidak sulit. Hanya dengan penerapan langkah yang mudah saja, maka domain terbaik yang anda butuhkan pun akan bisa menjadi milik anda dengan muahnya. Dari sini akan lebh banyak yang bisa anda dapatkan. Tapi mungkin anda perlu contoh langsung terkait fungsi dan keutamaan dari domain tersebut, selengkapnya bisa anda dapatkan sebagai berikut:

Misalnya anda sudah punya domain utama yang bernama namadomain[dot]com. Namun anda ingin membuat domain baru didalamnya. Dari sini anda hanya tinggal menyiapkan nama baru untuk domain tambahan tersebut saja, misalnya subnamadomain[dot]com yang mana bisa anda terapkan dan tambahkan dari addon domain itu sendiri. Dengan cara demikian, maka banyak kemudahan dan keuntungan yang nantinya akan bisa anda peroleh dan dapatkan didalamnya.

Apa Fungsi Dari Addon Domain

Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Addon Domain

unlimited.id

Mari beranjak ke langkah selanjutnya mengenai apa fungsi dari fitur itu sendiri. Di sini anda akan bisa melihat bahwa fungsinya tak lain dan tak bukan adalah menjadi anak atau bagan tambahan dari domain utama yang sudah ada. Pasalnya, domain utama biasanya sudah memuat informasi penting yang tidak mungkin dicampur adukan lagi dengan yang lain.

Fungsi yang bisa anda dapatkan yakni anda akan bisa membuat website baru tanpa perlu membeli lagi domain baru, atau perlu hosting baru. Kenapa? Karena anda sudah bisa melakukannya sendiri dengan mudah dengan fitur addon domain yang sudah tersedia. Selain itu, nantinya domain baru yang anda buat ini juga akan tersedia secara khusus dan diletakan di file Addon Domain Website yang sudah pasti terpisah dengan domain utama yang anda miliki. Jadi tak perlu khawatir akan tercampur aduk satu sama lain karena semua sudah dibuat dengan terpisah dan signifikan didalamnya.

Bedanya Addon Domain Dengan Sub Domain

Adanya fitur ini akan memberikan kepada anda kemudahan dalam membuat website tambahan dengan mudah didalamnya. Namun anda akan melihat bahwa dari sini bisa terlihat ada banyak sekali yang akan anda temukan persamaannya dengan Sub Domain. Dari sini anda akan bingung karena keduanya sama2 bisa digunakan untuk membuat website tambahan.

Anda bisa melihat bahwa addon domain ini adalah sebuah domain baru yang nantinya memiliki URL beda dengan domain utamanya. Sedangkan Sub Domain benar-benar menjadi bagian dari domain utama. Maksudnya adalah URL yang dipakai adalah serupa atau mengandung domain utama yang ada didalamnya. Contohnya adalah sebagai berikut:

Domain Utama: namadomain[dot]com

Addon Domain: namaku[dot]com

Sub-Domain: blog/namadomain[dot]com

Dari sini anda bisa melihat bahwa anda akan mampu mendapatkan semua yang dibutuhkan dengan mudah dalam membuat domain tambahan untuk website utama. Terkait apakah anda ingin menggunakan domain baru dengan addon domain atau dengan Sub Domain, semua dikembalikan kepada anda.

Cara Membuat Addon Domain

Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Addon Domain

unlimited.id

Tahap selanjutnya, mari berlanjut mengenai bagaimana cara membuat addon domain itu sendiri. Dari sini anda bisa melihat apa saja domain yang nantinya akan dibuat sebagai tambahan untuk domain utama yang ada didalamnya. Anda bisa memanfaatkan kemudahan tersebut yang mana tersedia pada bagian cPanel yang ada didalamnya. Di sini anda hanya tinggal masuk ke cPanel saja.

Selanjutnya, login di cPanel anda seperti biasa, dan kemudian anda tinggal mencari sebuah fitur yang bernama Addon Domain. Kemudian masukan nama domain yang ingin anda masukan pada bagian cPanel tersebut. Dari sini anda bisa melihat apa saja domain yang ingin anda masukan dan tambahkan didalamnya. Pastikan bahwa domain yang anda tambahkan tersebut sudah aktif didalamnya. Jika sudah maka anda hanya tinggal mencentang bagian Create An FTP Account Associated With This Addon Domain. Kemudian, pilih generate password agar bisa menghasilkan password yang aman.

Pengaturan Addon Domain

Terkait mengenai pengaturan yang terdapat pada addon domain, anda bisa mencoba untuk melihatnya pada bagian yang ada berikut ini. Dari sini ada banyak pilihan yang bisa anda gunakan didalamnya. Beberapa pengaturan yang bisa anda lakukan adalah mengecek pada kolom addon domain tersebut apakah sudah tersedia dengan lengkap dan benar namanya dan lain sebagainya. Kemudian, ada juga bagian Document Root yang akan memberikan kemudahan kepada anda dalam hal melakukan pengaturan terhadap Subfolder dan juga Addon Domain terkait yang ada didalamnya. Tak lupa anda juga bisa memilih link pada bagian Sub Folder yang nantinya akan bisa digunakan dan diarahkan ke bagian File Manager yang bisa anda manfaatkan pada bagian cPanel.

Kemudian ada juga menu Sub Domain yang mana pilihan pengaturan yang satu ini bisa dibuat secara otomatis untuk menambah domain yang ada dengan unsur utama dari nama domain utama yang masih terkandung didalamnya. Dari sini anda juga ibsa melihat adanya informasi tentang redirects to yang akan memberikan kemudahan kepada anda untuk melakukan manage atau pengaturan terhadap Redirection tersebut. Dari sini akan lebih banyak yang bisa anda dapatkan didalamnya.

Baca Juga: Apakah Manfaat Hosting Untuk Membuat Website?

Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Addon Domain

unlimited.id

Anda juga bisa memilih menu Actions apabila anda nantinya ingin memanfaatkan pilihan untuk menghapus Addon Domain yang terdapat didalamnya. Semuanya akan bisa anda dapatkan dan maksimalkan dengan mudah itu sendiri. Jadi tidak ada yang perlu anda pusingkan lagi didalamnya. Semuanya akan mampu memberikan kepada anda berbagai kemudahan dan keuntungan yang anda butuhkan.

Kesimpulan

Dari sini anda bisa melihat sendiri bagaimana peran dari addon domain tersebut yang mana menjadi sebuah fitur yang penting untuk membuat website anda lebih baik. Tahukah anda bahwa pada dasarnya memang banyak sekali orang yang memanfaatkan addon domain ini untuk bisa mendapatkan domain tambahan yang bisa tersedia dengan mudah dan tepat itu sendiri. Jadi tidak perlu ada yang anda khawatirkan dan cemaskan lagi didalamnya.

Pilihan ada di tangan anda, mau tipe domain tambahan apa yang anda inginkan. Apakah anda ingin menggunakan Sub Domain atau Add On Domain, semua itu bisa anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Pada dasarnya anda akan mampu memanfaatkan semua itu dengan baik, asalkan anda tahu cara penerapan yang tepat dan mudah didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *