Secure sockets layer atau yang biasa dikenal dengan SSL adalah sebuah fitur yang digunakan untuk meningkatkan keamanan pada sebuah website. Tipe dari secure sockets layer itu pun juga beragam. Anda bisa memilihnya sendiri mana yang sesuai kebutuhan. Anda pun bisa dengan mudah menerapkannya kepada website yang anda miliki. Sebagaimana yang diketahui bahwa ancaman bisa datang darimana saja saat anda berselancar di dunia maya. Anda bisa mendapatkan ancaman dari malware, virus, SPAM, dan lain sebagainya. Tapi dengan adanya fitur yang satu ini, sudah pasti tingkat keamanan yang dimiliki oleh web anda tersebut akan bisa lebih dan semakin memadai. Hasilnya pun juga pasti akan lebih baik dan mudah untuk diterapkan.

Secure Sockets Layer Tipe DV (Domain Validation)

Tipe-Tipe Secure Sockets Layer Yang Perlu Anda Ketahui

unlimited.id

Secure sockets layer yang pertama adalah jenis domain validation atau DV. Pilihan yang satu ini banyak dipakai karena penggunaanya yang cukup mudah, yaitu hanya dengan memakai email saja. Tapi ada juga beberapa syarat dan ketentuan yang dimiliki web hosting lokal guna menerapkan secure sockets layer tipe DV ini. Salah satunya adalah email yang dipakai di domain harus serupa dengan yang ada di WHOIS. Dengan memberikan keamanan semacam ini, maka sebuah situs akan bisa mendapatkan sistem keamanan yang memadai dan bebas dari serangan third party atau orang ketiga siapapun yang hendak menyusup ke situs. Jangan dilihat dari fleksibel dan murahnya tipe SSL ini. Tapi anda harus melihat bagaimana fungsinya bisa begitu optimal untuk meningkatkan kemampuan dari situs anda tersebut.

Secure Sockets Layer Tipe OV (Organization Validation)

Secure sockets layer atau SSL yang selanjutnya adalah yang tipe Organization Validation. Biasanya yang menggunakan keamanan semacam ini adalah situs lembaga, organisasi, atau badan usaha tertentu. Tentunya juga ada beberapa persyaratan yang lebih kompleks lagi untuk mendapatkan keamanan yang lebih maksimal dari tipe SSL tersebut. Biasanya akan dilakukan uji coba dan beberapa dokumen yang mendukung legalitas dari usaha atau organisasi yang anda bangun pada web tersebut. Untuk tipe yang satu ini tentunya cukup sulit bagi pemilik domain yang biasa untuk mendapatkannya. Pasalnya SSL ini memiliki banyak syarat yang spesifik. Domain biasa sebaiknya memilih opsi yang pertama saja yaitu secure sockets layer tipe DV.

Secure Sockets Layer Tipe EV (Extended Validation)

Tipe-Tipe Secure Sockets Layer Yang Perlu Anda Ketahui

unlimited.id

Secure sockets layer yang selanjutnya adalah tipe EV atau Extended Validation. Untuk tipe keamanan yang satu ini memiliki standard validasi yang lebih tinggi lagi dibandingkan poin kedua diatas. Yang pastinya layanan SSL ini adalah paling premium atau VIP. Jadi yang bisa menggunakannya hanyalah kalangan papan atas tertentu. Tapi penggunaan dari SSL ini akan meningkatkan nilai prestise pada website terkait. Karena situs tersebut akan terlihat lebih baik dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Tentu saja ada ciri khusus yang akan bisa anda dapatkan jika menggunakan SSL jenis yang satu ini. Bila anda memasukan sebuah nama website kemudian di bagian kiri browser ada icon berwarna hijau kemudian diikuti dengan nama perusahaan didalamnya, itu artinya mereka menggunakan layanan EV.  Tentu saja tingkat keamanan yang diberikan oleh secure sockets layer berbeda-beda. Tapi jika anda ingin yang lebih baik lagi, maka setidaknya anda bisa menggunakan tipe extended yang satu ini.

Persyaratan Dalam Mengajukan Secure Sockets Layer

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi guna mendapatkan secure sockets layer tersebut, yaitu web yang anda miliki setidaknya harus sudah berjalan selama 2 tahun lebih masanya. Tentu saja ini bukan hal yang sulit bagi web-web terkenal. Tapi bagaimana bagi web yang masih terbilang pemula atau startup? Tentu saja mereka harus menanti. Hal ini jelas dikarenakan proses tersebut diperlukan untuk memenuhi persayaratan bahwa web anda adalah tempat yang aman. Beberapa data pendukung terkadang juga bisa dilampirkan untuk mempercepat proses secure sockets layer tersebut, yakni tagihan listrik perusahaan, KTP, Paspor, SIM dan lain sebagainya. Semuanya wajib memenuhi persyaratan yang ada agar secure sockets layer bisa segera diproses.

Sebetulnya untuk bisa mendapatkan SSL yang sesuai kebutuhan, anda bisa berkunjung langsung ke layanan jasa domain hosting yang terpercaya. Disanalah nanti anda akan bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi. Dimana manfaat tersebut adalah memudahkan anda dalam memudahkan anda mendapaytkan SSL yang sesuai kebutuhan. Tentu saja untuk bisa memasang keamanan tertinggi anda juga harus memberikan perlindungan pula kepada siapa saja yang datang ke situs anda. Dari sini anda akan bisa memastikan bahwa di situs anda semua transaksi dan juga proses yang berlangsung akan aman dari berbagai serangan virus, malware dan lain sebagainya.

Mana SSL Paling Bagus?

Tipe-Tipe Secure Sockets Layer Yang Perlu Anda Ketahui

unlimited.id

Secure sockets layer yang paling bagus sebetulnya untuk tipe DV atau Domain Validation juga cukup. Hanya dengan memberikan email saja maka anda akan sudah bisa mendapatkan keamanan ini. Tapi jika ada level keamanan yang lebih tinggi, kenapa anda harus menggunakan yang level rendah. Anda tetap bisa menggunakan tipe DV untuk situs anda yang baru startup. Disini anda akan bisa melihat sebenarnya apa fungsi dari SSL itu sendiri. Kalau sudah paham, baru naik ke tahap selanjutnya yaitu OV. Setelah selesai, baru naik ke tahap selanjutnya yakni EV atau Extended Validation. Disinilah akan semakin banyak keuntungan dan manfaat yang mampu anda peroleh nantinya.

Secure sockets layer yang premium juga tak kalah bagusnya. Bahkan sebetulnya malah dianjurkan memakai SSL yang satu ini kalau anda meyakini bahwa situs anda memiliki dokumen pendukung yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Kenapa tidak langsung saja memakainya? Semua bisa anda terapkan sesimpel itu. Jadi kalau memang anda ingin memberikan perlindungan yang lebih canggih, sekarang saatnya untuk memperhitungkannya. Tapi pastikan anda sudah melewati masa 2 tahun uji tersebut. Manfaatkan 2 tahun ini untuk membangun web anda, mulai dari SEO, Traffic, plugin, tampilan, tema dan lain sebagainya. Percantik front end anda agar bisa memberikan daya tarik tersendiri.

Baca Juga: Mengembalikan Custom Domain Blogspot ke Alamat Asal .BLOGSPOT.COM

Kemudian, setelah anda menggunakan secure sockets layer tersebut, anda akan bisa melihat bagaimana manfaatnya dari menggunakan SSL itu. Yang jelas tingkat keamanan ini akan mendukung berbagai jenis browser yang ada saat ini, mulai dari Chrome, Opera, Mozilla, dan lain sebagainya. Jadi pengguna pun yang memiliki browser kesukaanya bisa mengakses situs anda dengan jaminan adanya SSL yang aman. Ini juga akan meningkatkan integirtas dar website anda. Yang mana website andaa akan bisa menjadi sebuah web yang aman dan punya nama yang sangat terkenal. Disinilah akan semakin banyak yang bisa anda dapatkan. SSL juga akan memastikan bahwa situs anda memiliki penampilan yang bagus dan istimewa. Tak ada yang perlu anda pusingkan lagi pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *