Sobat Unlimited, tentu kita semua sudah tahu, bahwa WordPress adalah salah Content Management System (CMS) terpopuler di dunia. Sebagai pemilik website, salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah memastikan, website WordPress tetap dapat berjalan lancar. 

Salah satu caranya adalah dengan melakukan pembersihan secara rutin. Membersihkan website bukan semata website lancar diakses. Lebih dari itu, pembersihan website juga terkait dengan aspek keamanan. 

Mengapa bisa demikian?

Ya, membersihkan website bisa menghindarkan website dari peretas. Sobat, umumnya, peretas dan pelaku kejahatan siber sering membuat script berbahaya, yang ditanam di plugin dan tema website. Sehingga, orang-orang jahat ini memiliki jalan masuk ilegal ke website-mu. 

Menurut survei dari Sucuri, 83% dari 34 ribu website terinfeksi virus adalah website berbasis WordPress. Maka, cara terbaik agar websitemu bebas dari segala kemungkinan bahaya, adalah dengan pembersihan rutin. 

Karena itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi tips mempercantik website WordPress dengan Sobat Unlimited semuanya. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Tips Mempercantik Website WordPress

Sebagai pemilik website, pengguna kerap dimudahkan dengan adanya fitur automatic updates. Walaupun begitu, ada beberapa hal penting yang harus kamu pertimbangkan mengapa pengguna harus tetap melakukan pembersihan rutin. 

Berikut adalah tips membersihkan website WordPress yang harus kamu tahu: 

1. Update Software dan Plugin 

Selalu mendapatkan notifikasi untuk memperbarui plugin, kadang sangat melelahkan. Namun, pembaruan seperti ini, umumnya memberikan aneka peningkatan yang bermanfaat untuk website-mu. 

Mulai dari peningkatan keamanan, kecepatan, dan user experience untuk pengguna. Kadang ada juga fitur-fitur tambahan yang tidak tersedia pada versi plugin terdahulu. 

2. Update Desain dan Fitur 

Pengunjung sangat menyukai website yang mempunyai tampilan yang segar dan bersih. Tampilan yang rapi dan bersih dinilai dapat meningkatkan kredibilitas sebuah website. 

Agar terlihat berbeda dengan kompetitor, kamu harus bisa memberikan kesan pertama yang menarik pada pengunjung. Buat pengunjung merasa “wah, keren banget ini website”. Secara tidak langsung, pengunjung akan membandingkan website-mu dengan website sejenis atau kompetitor. 

3. Pastikan Aplikasi Pihak Ketiga Berjalan Lancar 

Tugasmu kemudian adalah memastikan aplikasi pihak ketiga dapat berjalan dengan lancar. Web app pihak ketiga yang biasanya ada di website, antara lain: akun sosial media, payment gateway, RSS feeds, tools analytics dan lain sebagainya. 

Meningkatkan SEO Website 

Pertumbuhan website juga sangat dipengaruhi oleh SEO, alias Search Engine Optimization. Untuk meningkatkan SEO website, ada beberapa faktor yang harus kamu lakukan, antara lain: 

4. Menambahkan Tautan Internal 

Salah satu tips tips jitu meningkatkan SEO website adalah menambahkan tautan internal. Menambahkan tautan internal ke konten website sangat memudahkan pengunjung yang ingin berpindah halaman. Mereka akan mendapatkan tambahan informasi baru dan topik yang penting. Pastikan tautan yang kamu tambahkan relevan, ya Sob. 

Tautan internal banyak macamnya. Salah satunya adalah postingan lama-mu. Selain dapat meningkatkan ranking di halaman pencarian Google, bermanfaat pula pada sisi engagement. 

5. Pastikan Website Mobile Friendly

Sejak tahun 2015, Google menambahkan parameter baru dalam pemeringkatan website. Yaitu harus mobile friendly. 

Setelah mengupdate template atau plugin, kamu harus memeriksa kembali. Apakah tampilan baru tersebut dapat dibuka dengan mulus di perangkat mobile. 

Berdasarkan sebuah survei, 72% pengunjung kembali ke sebuah website karena tampilannya yang sudah mobile friendly. 

Jadi, pastikan website-mu dapat diakses dengan mudah dari mana saja, dari perangkat apapun. 

Meningkatkan Traffic, Engagement, dan Konversi 

Memberikan tampilan baru pada website dipercaya dapat meningkatkan traffic, engagement, dan konversi. Bagaimana caranya?

6. Analisa Menggunakan Tools Analytics

Ketika membicarakan konversi, traffic, dan engagement, maka sangat sangat penting untuk melakukan analisa. Melakukan analisa yang tepat dapat membuatmu menemukan apa-apa saja yang harus ditingkatkan. 

Juga, apa saja yang harus diperhatikan. Bahkan, mungkin, adakah bagian dari website yang harus dihapus. Semua bisa terlihat dari hasil analisa. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah untuk menentukan strategi marketing yang baru. 

7. Menghapus Broken Link 

Pada artikel yang telah ditulis, tentu akan menyertakan link di dalamnya. Tautan-tautan tersebut, tentu saja agar pengunjung lebih lama berada di websitemu. 

Hanya saja, seringkali tautan-tautan tersebut kadaluarsa. Link yang kadaluarsa atau link yang mati, akan mengarahkan pengunjung ke halaman yang tidak sesuai. Bahkan, umumnya pengunjung akan diarahkan ke halaman Error 404 Not Found

Hal ini tentu saja dapat menurunkan pengalaman pengunjung yang datang ke website. Oleh karena itu, kamu harus rutin melakukan pemeriksaan link-link yang kadaluarsa. 

8. Optimasi Gambar 

Menambahkan gambar ke konten artikel adalah langkah yang bagus. Namun tak jarang menambahkan gambar juga bisa memperlambat loading time website atau blog. Karena itu, penting untuk mengoptimasi konten gambar, agar tidak memperlambat loading time website. 

  1. Melakukan Audit Konten 

Sebagai bagian dari content strategy, sangat disarankan untuk melakukan audit konten. Dengan konten audit, kamu akan tahu beberapa hal penting terkait dengan konten, antara lain: 

  • Mengetahui tema dan konten yang memiliki performa terbaik. 
  • Mengukur, kira-kira konten seperti apa yang diinginkan pengunjung dari website-mu. 
  • Mengetahui adakah konten yang harus diperbarui. 

10.  Persuasi Audiens dengan Call to Action

Salah satu cara untuk meningkatkan konversi adalah memaksimalkan call to action (CTA). Kamu bisa mengkonversi lalu lintas yang kamu miliki. Yang menjadi kunci di sini adalah optimalisasi konversi. Maka dari itu, penting untuk membuat CTA yang jelas dan persuasif. 

11. Memeriksa Kecepatan Website 

Sobat, jika waktu loading websitemu lebih dari tiga detik, besar kemungkinan akan ditinggalkan pengunjung. Dengan kata lain, pengunjung lebih suka dengan website yang memiliki waktu loading yang cepat. 

Kecepatan website memegang peran yang penting dalam menentukan ranking website halaman hasil pencarian. Makin cepat website, makin besar pula peluang mendapatkan ranking yang tinggi. 

Untuk itu, jangan lupa untuk mengecek kecepatan loading website-mu, ya, Sobat. 

“Memangnya, bagaimana sih, cara cek kecepatan website ,itu?”

Tenang, Sobat, caranya sangat mudah. Kamu bisa menggunakan tools Google untuk mengecek kecepatan website. 

Penutup 

Sobat, itulah dari tips mempercantik website WordPress. Setiap website memiliki karakternya masing-masing. Tetapi ada satu benang merah yang bisa ditarik: desain yang simpel dan ringan, lebih disukai pengunjung. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *