Menjalankan bisnis, dalam skala apapun adalah sebuah tantangan, terutama bisnis berskala kecil sampai sedang. Karena itu Anda membutuhkn pondasi yang kuat. Setiap kesalahan kecil hanya akan membuat proses bisnis Anda terhambat. Dan untuk memenangkan persaingan di tahun 2020, sudah seharusnya sebagai pebisnis, Anda harus membekali diri dengan tools digital marketing terbaik.

Tools digital marketing saat ini telah menjadi senjata banyak perusahaan, dari yang berskala raksasa hingga yang kecil sekalipun, berkat koneksi internet. Sobat Unlimited, artikel ini akan membahas tools digital marketing yang harus Anda miliki di tahun 2021. Dan untuk memudahkan Anda,artikel ini akan dibagi menjadi beberapa bagian. Yaitu project management and collaboration, social media management, marketing, dan customer support.

Karena itu, simak artikel ini sampai tuntas, ya.

Tools Digital Marketing Terbaik

Project Management and Collaboration

tools digital marketing terbaik 2020

Pada bagian pertama, kita akan membahas beberapa tools digital marketing yang khusus menjadi ruang kerjasama antar anggota tim. Berikut adalah tools project management yang harus Anda tahu dan miliki:

Trello

Ketika membicaran tools kolaborasi, tentu tidak afdol rasanya jika tidak menempatkan Trello di urutan pertama. Trello dapat dengan mudah dianggap sebagai tools yang wajib dimiliki oleh para pemilik bisnis. Anda bisa menggunakan Trello secara gratis. Tools ini juga sangat mudah digunakan, gampang dimengerti, dan memberikan pengalaman kerja bersama tim yang mulus.

Trello Board memiliki navigasi yang mudah digunakan. Sebagai pengguna, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan dengan proyek yang sedang Anda jalankan. Akan ada banyak pilihan untuk membuat list dan card yang disertakan dengan pemilihan penyesuaian yang lebih lanjut.

Bisa dikatakan, Trello adalah tools yang tepat untuk memudahkan kerjasama tim, dari skala kecil hingga besar.

Slack

Dalam sebuah tim, komunikasi adalah kunci. Baik itu dalam bisnis, olahraga, dan banyak bidang kehidupan lainnya. Tanpa komunikasi yang bagus, kerja sama tim tentu akan mendapatkan pengaruh buruk. Karena itulah Slack hadir memberikan solusi.

Dengan Slack, Anda dapat berkomunikasi dengan rekan kerja setiap saat dengan berbagai perangkat. Tools komunikasi yang satu ini memungkinkan Anda membuat berbagai nama saluran (channel). Channel ini memiliki fungsi layaknya sebuah grup, di mana, Anda dapat berkomunikasi dengan teman-teman satu gurp tersebut.

Anda juga bisa membuat channel per divisi untuk tugas-tugas yang lebih spesifik. Yang menjadi kelebihan Slack adalah, kemampuannya untuk dapat terintegarsi di banyak perangkat dan efisien. Sifatnya yang tertutup juga membuat Slack seperti tools bisnis yang eksklusif dan tidak semua orang bisa memakainya.

Folderit

Saat menjalankan bisnis, berarti Anda akan memiliki banyak dokumen yang sangat sensitif, dan Anda perlu tempat yang aman untuk menyimpannya. Anda bisa menggunakan tols bernama Folderit. Folderit adalah sebuah cloud document management system yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil hingga menengah.

Sebagai sebua tools penyimpanan dokumen, Folderit cukup mudah digunakan. Seluruh tim Anda bisa menggunakanny bersama, sehingga aktivitas berbagai dokumen menjadi lebih mudah dan sederhana.

Social Media Management

tools digital marketing terbaik 2020
Buffer

Membicarakan tools manajemen media sosial, tentu tidak bisa melupakan nama Buffer. Tool media sosial yang satu ini memilki banyak keunggulan, sehingga kemudian banyak yang menggunakan. Dengan Buffer, Anda dapat menemukan konten dan rekomedasi jadwal posting. Ini juga berarti akan memberikan insight pada tim media sosial Anda.

Buffer juga memperkenalkan fitur baru yang bisa Anda gunakan. Ini berkaitan dengan pentingnya visual image untuk membuat postingan media sosial yang bagus. Tools baru tersebut bernama Pablo. Untuk Anda yang berkutat di media sosial, Buffer adalah solusi yang tepat.

Hootsuite

Bisa dikatakan, Hootsuite adalah pesaing berat Buffer sebagai tools manajemen media sosial. Hootsuite memungkinkan Anda mengontrol dan memantau akun media sosial Anda pada satu tempat. Dengan tools ini, Anda bisa merencanakan dan otomatisasi konten, menganalisis kampanye yang sedang berjalan, hingga dapat berinteraksi dengan audiens.

Baca Juga : Inilah Saatnya Mengubah Strategi Social Media Marketing!

Tools Pemasaran

Pada bagian ini, kami akan membahas tools digital marketing yang dapat Anda gunakan. Toos digital marketing ini secara spesifik memiliki cara kerja yang mirip satu sama lain, dan menawarkan keunggulannya masing-masing.

Ahrefs

Tools digital marketing spesifik yang pertama adalah Ahrefs. Ahrefs adalah tools SEO yang sangat lengkap, yang berguna untuk membantu Anda meningkatkan traffic website. Tools yang satu ini memiliki data lebih dari 150 juta kata kunci yang bisa Anda pelajari.

Untuk Anda yang gemar melakukan analisis, Ahrefs memungkinkan Anda untuk memeriksa siapa saja yang menautkan link ke kompetitor. Anda juga bisa memeriksa peringkat kompetitor, dan banyak hal lainnya. Anda dapat melihat peringkat konten dari pesaing, dan menggunakan Content Gap Tools untuk mengidentifikasi kelemahan Anda.

Yoast SEO

Yoast adalah plugin yang sangat populer dan dapat bekerja dengan baik pada berbagai macam editor di WordPress. Bisa dibilang, Yoast adalah alat yang baik untuk membantu mengoptimalkan konten Anda di mesin pencari.

Yoast akan membantu Anda untuk mengoptimasi landing page, mengoptimasi kata kunci, URL konten dan tautan internal. Plugin ini juga akan mengevaluasi keterbacaan halaman Anda. Menariknya lagi, pengembang senantiasa memperbarui Yoast agar sesuai dengan algoritma Google.

Google Analytics

tools digital marketing terbaik 2020

Selanjutnya ada Google Analytics. Google Analytics adalah acuan standard dalam hal analisa website. Saat ini, sulit untuk bekerja sebagai digital marketer jika Anda tidak memiliki keahlian di bidang Google Analytics.

Pada level yang paling dasar, Google Analytics dapat menunjukkan kepada Anda tentang siapa yang mengunjungi website Anda. Dari mana mereka datang, dan pada halaman apa mereka menghabiskan waktunya. Anda dapat menentukan target untuk melacak konversi, membangun pengaturan ecommerce yang telah diperbarui. Anda juga bisa mengukur event untuk mempelajari lebih lanjut tentang engagement.

Mailchimp

Email marketing telah lama menjadi salah satu cara terbaik agar sebuah entitas bisnis untuk tetap dekat dengan pelanggan mereka. Dengan email marketing, Anda bisa mengirimkan ratusan hingga ribuan email secara otomatis.

Mailchimp menjadi salah satu solusi terbaik untuk email marketing. Tools email marketing yang satu ini memiliki fitur andalan berupa otomasi gratis untuk semua.

Kesimpulan

Mencari tools digital marketing terbaik bukanlah pekerjaan yang mudah. Semoga daftar yang kami sajikan tadi dapat memberikan wawasan baru bagi Anda untuk mendapatkan tools digital marketing terbaik.

Digitalkan bisnis Anda sekarang juga dengan berlangganan hosting murah terbaik Unlimited.ID. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *