web hsoting

Jika Anda telah berpikir untuk membuat website Anda sendiri untuk mengambil keuntungan dari ledakan Internet saat ini, tetapi tidak paham tentang web hosting dan layanan penting lainnya untuk membuat dan hosting sebuah situs, artikel ini akan membantu Anda untuk memahaminya. Ada banyak pertanyaan dasar tentang web hosting dan layanan web hosting lainnya. Di sini kami akan mencoba untuk menjawab semua pertanyaan tersebut untuk membantu pemula lebih memahami tentang web hosting.

Apa itu website hosting?

Ketika Anda membuat website, itu terdiri dari halaman web yang memiliki teks, gambar, video, dan konten lainnya. Namun, orang bisa melihat webiste Anda hanya bila tersedia di Internet. Untuk membuat website Anda tersedia di Internet, Anda harus menyimpannya di sebuah komputer yang disebut web server. Ketika Anda membeli beberapa space pada web server dan menyimpan halaman web Anda di sana, website Anda menjadi host dan dapat dilihat oleh siapa saja di internet.

Apa itu web server?

Sebuah web server adalah komputer di mana halaman web dari situs Anda disimpan. Ini memberikan atau ‘melayani’ isi website Anda ke pengguna melalui internet. Komputer yang bertindak sebagai server harus memiliki spesifikasi yang sangat tinggi. Itu juga terhubung ke Internet melalui link yang sangat kuat. Web host atau perusahaan web hosting memiliki server sendiri di mana mereka menyewakan space untuk Anda sehingga Anda dapat meng-host website Anda dan membuatnya dapat diakses oleh semua orang.

Apa itu web host?

Setiap orang atau perusahaan yang memiliki server dan menyewakan web space untuk website hosting dapat disebut web hosts. Beberapa web host tidak memiliki server sendiri tetapi menyewa dari beberapa web hosting perusahaan besar dan kemudian menjualnya kembali dibawah merek mereka sendiri. Ini disebut layanan reseller hosting dan seperti web host disebut web resellers. Perusahaan web hosting besar bahkan memiliki datacenter (kumpulan server) sendiri di mana mereka dapat meng-host jutaan website. Datacenter memiliki banyak komputer server yang terhubung ke internet dengan koneksi cepat, backup, dan keamanan tinggi. Sebagian besar web host menyediakan tidak hanya web space tetapi juga banyak layanan lainnya yang berhubungan dengan website hosting.

Layanan apa yang diberikan oleh perusahaan web hosting?

Selain space, banyak produk dan layanan penting lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan web hosting. Kebanyakan menawarkan pendaftaran nama domain, email hosting, dan sertifikat SSL, dll. Beberapa penyedia layanan juga menyediakan fitur website builder tools di mana Anda bisa membuat website sendiri tanpa bantuan desainer dan developer. Namun, hal terpenting dari semua itu adalah jenis web server hosting yang ditawarkan, sehingga klien dapat memilih hosting space yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Apa saja fitur dasar dari web hosting?

Disk space

Disk space adalah ruang penyimpanan yang disediakan oleh penyedia web hosting untuk pengguna. Anda memerlukan disk space untuk memyimpan semua file web seperti teks, gambar, video, audio, dll. Disk space diukur dalam megabytes dan perusahaan hosting yang baik akan menyediakan paket dengan jumlah space yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan dari semua ukuran website. Mulai dari website personal hingga website untuk perusahaan besar.

Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah data yang dapat ditransfer per unit waktu. Itu menentukan kecepatan website Anda. Semakin besar bandwidth maka semakin cepat sebuah situs untuk dimuat. Sebaliknya, semakin kecil bandwidth semakin lambat waktu yang dibutuhkan untuk dimuat. Beberapa penyedia layanan hosting menyediakan bandwidth unlimited sedangkan beberapa menawarkan harga yang berbeda berdasarkan pada jumlah yang Anda gunakan. Jika website Anda memiliki halaman yang lebih berat seperti banyak gambar, video, dll maka Anda memerlukan penyimpanan dan bandwidth yang lebih besar.

Uptime

Uptime adalah presentase waktu hidup dari hosting server. 99.99% uptime mengacu pada waktu bahwa website hanya akan down sekitar 8 jam dalam setahun, sedangkan 98% uptime berarti website akan down sekitar 7.3 hari dalam setahun. Jika website Anda adalah situs ecommerce dengan jutaan pelanggan, maka pilih hosting server yang memiliki downtime paling rendah untuk mengurangi dampak kerugian yang lebih besar.

Layanan pelanggan

Ini adalah salah satu fitur mendasar dan paling penting dari sebuah perusahaan hosting. Perusahaan hosting yang baik memberikan dukungan pelanggan yang maksimal untuk semua pelanggannya, termasuk melalui chatting, telepon, email, dll. Hal ini sangat berguna untuk membantu Anda menyelesaikan masalah teknis atau lainnya yang berhubungan dengan website Anda.

Jenis-jenis web server hosting

Tidak semua orang bahkan bisnis membutuhkan semua dari jenis layanan web hosting. Perusahaan web hosting yang baik menyediakan berbagai pilihan hosting sesuai kebutuhan dan membantu bermigrasi ke paket hosting yang lebih tinggi seiring pertumbuhan website Anda.

Shared server hosting

Seperti namanya, hosting jenis ini adalah server tunggal yang digunakan secara bersama-sama. Hosting jenis ini sangat cocok untuk website personal, website statis yang tidak membutuhkan banyak biaya. Situs-situs entry level tidak memerlukan fitur kinerja yang tinggi, sehingga shared hosting dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan mereka tanpa harus membayar mahal untuk space yang digunakan.

Dedicated server hosting

Sebuah server tunggal yang sepenuhnya dikhususkan hanya untuk website Anda sendiri. Jenis ini memang sedikit lebih mahal dibandingkan shared hosting, karena semua resource hanya untuk satu pengguna. Server jenis ini cocok untuk situs dengan traffic dan beban yang sangat besar seperti ecommerce.

Cloud server hosting

Berkat perkembangan teknologi cloud computing, cloud hosting merupakan kumpulan dari beberapa server yang saling terhubung dan membentuk sebuah jaringan server tunggal. Ini berbeda dengan shared hosting atau dedicated yang hanya menyediakan satu server. Beberapa server bertindak sebagai sistem tunggal yang memiliki beberapa keuntungan seperti load balancing, no single point of failure, non-reliance on single server yang mengacu pada keamanan yang lebih tinggi dan juga fasilitas untuk menambah atau mengurangi resource sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *