Banyak cara untuk memperlancar proses bisnis dan pekerjaan. Apalagi di era internet seperti saat ini. Ada banyak tools yang bisa digunakan agar pekerjaan menjadi lancar. Dan salah satu tools yang paling banyak digunakan untuk memperlancar pekerjaan adalah Google Suite. Lewat Google Suite, Google seperti ingin memberikan pengalaman kolaborasi yang menyenangkan untuk para penggunanya. Adakah dari Anda yang belum pernah mendengar Google Suite? 

Untuk menjalankan bisnis, penting rasanya untuk memiliki satu tools yang bisa melakukan semuanya. Dan dengan ekosistem yang ada, Google Suite dapat sangat diandalkan. 

Sobat Unlimited, pada artikel kali ini, Kami akan mengenalkan pada Anda semuanya,tentang layanan Google Suite dan manfaatnya untuk bisnis. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu G Suite? 

G Suite adalah sebuah tools, perangkat lunak, dan produk yang dibuat khusus oleh Google untuk mendorong kolaborasi dan produktivitas. 

Sebagai bagian dari panduan lengkap Google Suite, atau bisa disebut dengan G Suite saja, tentu Anda harus tahu bagaimana awal mula G Suite. Google Suite adalah sebuah tools yang dimiliki oleh Google, yang menggabungkan berbagai fitur untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah produktivitas yang sering dihadapi oleh organisasi dan perusahaan. 

Di dalam tools ini sendiri, Google menyematkan berbagai aplikasi yang sangat berguna untuk menunjang produktivitas. Mulai dari produk untuk email, pembuatan dokumen, presentasi kalender, penyimpanan awan, dan masih banyak lagi lainnya. Pada dasarnya, ini adalah sebuah aplikasi yang menggabungkan tools project management dan komunikasi. 

Tahun 2006 akan selalu diperingati sebagai tahun kelahiran G Suite. Tepatnya pada tanggal 28 Agustus 2006. Nama pertamanya adalah Google Apps for Work. Aplikasi ini juga sempat berubah nama menjadi Google Apps for Your Domain, sebelum akhirnya dirilis ulang oleh Google dengan nama G Suite. 

Saat ini, ada banyak sekai entitas bisnis yang menggunakan G Suite. Umumnya, mereka mengkombinasikan layanan G Suite dengan custom domain name pada email. Apabila Anda menggunakan layanan Google Suite berbayar, Anda tetap bisa menggunakan layanan email seperti Google. Hanya saja, ekstensi yang akan Anda gunakan berbeda. Yang akan Anda gunakan adalah email bisnis. 

Dengan menggunakan email bisnis, persentase email Anda akan terbalas menjadi semakin tinggi, jika dibandingkan dengan menggunakan email pribadi. Maka dari itu, penggunaan email bisnis menjadi penting pada era komunikasi yang menekankan pada kepercayaan saat ini. 

Fitur Google Suite

Ada beberapa fitur yang menjadikan Anda lebih produktif ketika menggunakan Google Suite. Berikut adalah fitur Google Suite yang dapat menunjang peningkatan performa Anda: 

1. Fitur Connect 

Jenis fitur yang akan Anda dapatkan pertama kali adalah fitur yang berhubungan dengan konektivitas. Antara lain; 

  • Gmail. Yang pertama adalah Anda akan mendapatkan email dengan ekstensi nama bisnis Anda. Misalnya, jika nama perusahaan Anda adalah Unlimited.ID, maka alamat email yang akan Anda gunakan adalah namakamu@unlimited.id. Anda bisa menggunakan email bisnis dengan custom domain. 
  • Calendar. Dengan menggunakan Calendar, Anda akan dengan mudah melakukan penjadwalan dengan tim. Ini penting untuk menetapkan target, dateline, dan lain sebagainya. 
  • Currents, sebuah fitur dari G Suite yang memungkinkan semua anggota tim dapat berdiskusi secara online untuk membahas sebuah permasalahan. 
  • Hangouts. Google Hangout memiliki dua fitur utama. Yaitu fitur chat dan video. Hangouts chat adalah fitur chat dengan memanfaatkan email dan bisa juga untuk mengirimkan gambar. Sedangkan Hangouts video memungkinkan Anda melakukan video call dengan anggota tim yang tidak berada di lokasi yang sama. 

2. Create

  • Docs. Fitur yang satu ini mirip dengan Microsoft Word untuk pengolahan kata. 
  • Sheets. Kemudian Google Sheets, tools yang satu ini memiliki kemiripan Microsoft Excel, yang fungsinya lebih pada pengolahan angka dan data. 
  • Google Slides. Fiturnya memiliki fungsi seperti Microsoft Power Point. Anda bisa berkolaborasi secara online untuk membuat hal ini terjadi. 
  • Form. Google Form lebih ke form isian secara online. Anda bisa mengumpulkan data dari pelanggan. 
  • Sites. Google Sites memungkinkan Anda untuk membuat website dengan team secara online. Di sini sudah disiapkan template, di mana Anda tinggal melakukan drag and drop saja. 
  • App Maker. Tool ini memungkinkan Anda untuk memuat aplikasi untuk keperluan bisnis. 
  • Keep. Tools ini lebih berfungsi ke notes untuk mencatat hal penting agar tidak lupa. 

3. Access 

  • Google Drive. Dengan menggunakan Google Drive, memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai file dengan kapasitas yang suda disediakan. Umumnya, untuk versi berbayarnya akan mendapatkan kapasitas yang lebih besar. 
  • Google Cloud Search. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mencari file yang disimpan di cloud dengan mudah. 

4. Control

Pada bagian control ini berfungsi lebih ke manage user, device, dan keamanan akun Google Suite. Fiturnya ada Admin, Vault, Mobile, dan Workingsights. 

Harga Google Suite 

Untuk Anda yang tertarik menggunakan Google Suite. Ada tiga pilihan paket yang bisa Anda beli. Untuk Anda yang ingin mencoba, tersedia program free trial selama 14 hari. Berikut ini adalah daftar harga berlangganan G Suite: 

– Paket Basic 

Ini adalah paket paling rendah yang tersedia di G Suite. Dengan membayar $4.20/user/bulan Anda akan mendapatkan paket aplikasi profesional dengan kapasitas penyimpanan sampai 30GB. 

– Paket Business

Untuk berlangganan Paket Business, Anda harus mengeluarkan budget sebesar $10.20/user/bulan. Anda akan mendapatkan aplikasi yang lebih lengkap dengan penyimpanan sebesar 1 TB per pengguna. 

  • Paket Enterprise 

Paket Enterprise menjadi layanan Google Suite yang paling mahal. Untuk sewa per bulannya saja, Anda harus mengeluarkan anggaran sebesar $25/user/bulan. Dengan biaya segitu, fitur yang akan Anda dapatkan  tentu saja jadi lebih lengkap. 

Kelebihan G Suite 

Berikut ini adalah kelebihan dari penggunaan Google Suite

– Dimanapun dan Kapanpun 

G Suite menawarkan konsep cloud computing.  Di mana, semua file disimpan di server Google. Sehingga pengguna tidak terbatasi oleh waktu dan tempat. Pekerjaan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun selama masih terkoneksi dengan internet. 

– Hemat Kertas dan Simpel

Dengan G Suite, setiap orang dapat langsung mengedit file yang bersangkutan dan melakukan chatting menggunakan, misalnya Hangout Chat. Anda bisa memberikan komentar jika ada hal yang harus direvisi. 

– Full Kolaborasi

G Suite di-desain untuk mempermudah koordinasi antar anggota tim. Semua aplikasi dalam G Suite dapat berkolaborasi antar satu akun dengan akun yang lain. Mulai dari kolaborasi oleh daa dengan Google Docs, sharing jadwal dengan calendar, dan bentuk kolaborasi lainnya. 

Penutup

Untuk membuat akun Google Suite, Anda bisa langsung masuk ke halaman G Suite Google. Atau melalui G Suite Local Partner. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Ayo tunggu apalagi, buat websitemu hanya di Unlimited.ID, hosting murah unlimited Indonesia. 

 

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *