Memilih plugin WordPress untuk website yang kita miliki adalah sebuah pekerjaan yang tricky. Seringkali, banyaknya informasi beredar tentan sebuah plugin membuat orang harus meluangkan banyak waktunya untuk mendapatkan plugin yang mereka inginkan. Apalagi jika Anda adalah pengguna WordPress.

Terdapat sekitar 55 ribu lebih plugin yang tersedia di WordPress. Plugin-plugin tersebut tentu memiliki berbagai fungsi. Dari yang untuk meningkatkan keamanan website, alat analitik, landing page, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan begitu banyaknya pilihan, tentu akan sedikit menyulitkan pengguna saat akan memilih plugin yang tepat untuk digunakan.

Sangat melelahkan. Terlebih di tahun 2020 ini, keberaan plugin sangat memudahkan pengguna untuk mengelola website.

Apa itu Plugin?

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan plugin? Plugin adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menambah fungsionalitas pada program utama. Umumnya, program utama memberikan semacam interface agar plugin tersebut dapat berinteraksi dengan program utama. Sebaga contoh, plugin biasanya digunakan pada web browser untuk memutar video, memindai virus, dan menampilkan file jenis baru. Istilah lain dari plugin adalah extensions.

Plugin WorPress

Plugin WordPress adalah sebuah program tambahan yang dapat diintegrasikan dengan WordPress, untuk memberikan fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Program tambahan ini berisi fungsi script dalam bahasa PHP yang memberikan fitur dan layanan spesifik.

Baca Juga: Tema WordPress Premium Gratis Terbaik

Karena itu, untuk memudahkan Sobat Unlimited dalam memilih plugin yang tepat, Unlimited.ID merangkum 10 plugin gratis terbaik untuk WordPress di tahun 2020. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

10++ Plugin Gratis Terbaik WordPress

1. Elementor Page Builder

plugin gratis terbaik WordPress

Di urutan pertama plugin gratis terbaik untuk WordPress adalah plugin Elementor Page Builder. WordPress page editor memiliki tampilan dan fungsi yang sangat sederhana. Jika Anda tak memiliki pengetahuan mendalam tentag coding, yang Anda butuhkan adalah sebuah page builder. Jadi, Anda dapat mengkreasikan desain apapun yang Anda inginkan.

Elementor page builder adalah plugin yang memungkinkan Anda membangun sebuah halaman yang terdiri atas sections, modul, dan widget. Dan Elementor adalah pilihan tepat. Sebuah plugin front end editor dengan fitur yang kaya. Plugin ini memberikan Anda kontrol penuh elemen apa saja yang ingin ditambahkan pada halaman. Dan tentu saja, Anda bisa menggunakannya secara gratis.

2. Akismet Anti-Spam

Setiap orang membenci spam. Dan suka atau tidak, spam telah menjadi bagian dari kehidupan digital manusia. Yang paling menyebalkan tentu saja ketika mendapati komentas spam di website sendiri. Dan salah satu efek buruk spam comment adalah kredibilitas di mata pengunjung real website Anda.

Untuk menghadapi spam di website WordPress, Anda bisa menggunakan plugin gratis terbaik WordPress. Akismet Anti-Spam namanya. Akismet adalah plugin anti spam resmi yang dirilis oleh Automattic, perusahaan induk WordPress. Plugin ini telah diunduh sebanyak 35 juta kali,dan menjadi salah satu plugin terpopuler sepanjang masa.

3. WooCommerce

Selanjutnya ada nama WooCommerce. Untuk Anda yang sedang bergiat di dunia website toko online, tentu tak asing dengan plugin gratis terbaik untuk WordPress yang satu ini. Digunakan oleh lebih dari 3 juta website ecommerce, banyak keunggulan yang ditawarkan oleh WooCommerce.

Keunggulan tersebut antara lain banyaknya pilihan pembayaran, seperti Stripe, Paypal, dan Square. Ada lagi berbagai pilihan ekstensi untuk berbagai macam tujuan penggunaan,seperti pembayaran dan pengiriman. Ada juga tools yang bisa digunakan untuk memonitor performa website.

Untuk Anda yang memiliki produk bervariasi, WooCommerce juga dapat melancarkan berbagai keperluan. Selain support berbagai tipe produk, juga ada fitur stock tracking, one click refunds, dan email template.

4. Yoast SEO

plugin gratis terbaik WordPress

Pada daftar selanjutnya ada nama Yoast SEO. Yoast dikenal sebagai salah satu plugin SEO terbaik di WordPress. Plugin ini bekerja dengan parameter yang mirip dengan lampu lalu lintas. Di mana, setiap warna yang muncul memiliki artinya masing-masing.

Misalnya lampu hijau. Hijau mengindikasikan artikel Anda telah teroptimasi dengan baik. Warna kuning menunjukkan masih ada beberapa bagian yang perlu dioptimasi. Sedangkan warna merah berarti optimasi konten Anda sangat buruk.

5. Jetpack by WordPress

Untuk Anda yang menginginkan plugin all in, Jetpack by WordPress bisa menjadi pilihan yang tepat. Jetpack dapat membantu website Anda mendapatkan traffic yang lebih banyak. Plugin ini bekerja dengan mengkombinasikan kemanan, performa, dan website management tools.

Fitur kunci Jetpack antara lain seperti perlindungan dari malware dan code scanning optimasi media sosial, hingga memeriksa kualitas konten yang Anda buat. Sangat lengkap.

6. Google XML Sitemaps

Anda memerlukan sebuah plugin gratis terbaik WordPress yang dapat membuat mesin pencari mengindeks website Anda. Dan untuk itu, Anda membutuhkan sebuah plugin sitemap. Karena file sitemap membantu mesin pencari meramban dan mengindeks website Anda secara utuh.

Tanpa sitemap, website Anda tidak akan terindeks oleh mesin pencari. Dan karena membuat sitemap sangat membuang waktu, Anda bisa menggunakan Google XML Sitemap.

Plugin ini membuat peta situs dinamis dari website Anda dan kompatibel dengan banyak mesin pencari. Seperti Google, Yahoo, dan Bing. Google Sitemap XML memungkinkan Anda memberi tahu mesin pencari tentang perubahan pada peta situs Anda.

7. Broken Link Checker

plugin gratis terbaik WordPress

Sesuai dengan namanya, Broken Link Checker adalah sebuah plugin gratis terbaik WordPress yang bekerja dengan mencari halaman web yang sudah mati atau tidak bisa diakses. Bagaimanapun, adanya link mati tersebut dapat memberikan pengaruh buruk pada peringkat website di mesin pencari.

Setelah mengaktifkan plugin ini, Broken Link Checker akan memonitor website Anda dari link yang mati.

8. W3 Total Cache

Website yang lambat dapat memberikan pengaruh negatif. Untuk mencegah website yang melambat, Anda bisa menggunakan plugin W3 Total Cache. Memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. W3 Total Cache dapat diandalkan untuk mengurangi waktu load time dan dapat membersihkan cache di website.

9. Keyy

Sektor keamanan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan seorang pemiliki atau pengelola website. Dan plugin yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan website adalah Keyy. Keyy adalah sebuah plugin yang memungkinkan Anda menggunakan two factor authentication untuk verifkasi. Fitur utama yang dimiliki oleh Keyy antara lain menghapus riwayat password, membuat digital key, dan one click access.

10. Wordfence

Plugin gratis terbaik WordPress selanjutnya adalah Wordfence. Wordfence Security adalah plugin firewall dan pemindai keamanan. Plugin yang satu ini dirancang untuk melindungi website Anda dari malware, file berbahaya, spam,dan lain sebagainya.

11. Contact Form 7

Dan plugin gratis terbaik WordPress terakhir adalah Contact Form 7. Contact Form 7 adalah sebuah plugin yang memungkinkan Anda menyesuaikan form kontak di website WordPress . Anda bisa menambahkan berbagai form pertanyaan, saran, dan pesan-pesan lainnya.

Kesimpulan

Plugin WordPress dapat memudahkan pengguna saat mengelola website. Dan plugin gratis terbaik WordPress diatas bisa menjadi pilihan terbaik untuk website Anda.

Ingin punya website ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *