Memilih plugin WordPress yang tepat untuk website bukanlah pekerjaan yang mudah. Kadangkala banyaknya informasi yang beredar tentang sebuah plugin membuat orang-orang harus meluangkan banyak waktunya untuk mendapatkan plugin yang mereka inginkan. Ya, bagaimana tidak, ada sekitar 55 ribu plugin yang ada di WordPress. Plugin-plugin tersebut tentu memiliki berbagai fungsi. Dari untuk meningkatkan keamanan website, tool analitik, landing page, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan begitu banyaknya pilihan, tentu akan sangat menyulitkan pengguna saat akan memilih plugin yang tepat untuk digunakan. Sangat melelahkan. Terlebih di tahun 2020 ini, dimana plugin sangat memudahkan pengguna untuk mengelola website.

Karena itu, untuk memudahkan Sobat Unlimited memilih plugin yang tepat, kami merangkum 14 plugin WordPress gratis terbaik di tahun 2020. Berikut ini daftarnya:

14 Plugin WordPress Gratis Terbaik 2020

1. WooCommerce

Plugin WordPress gratis terbaik

Plugin WordPress gratis terbaik pertama adalah WooCommerce. Digunakan lebih dari 3 juta website ecommerce, WooCommerce adalah salah satu plugin WordPress gratis terbaik dan terpopuler bagi Anda yang ingin membuat website toko online.

Banyak keunggulan yang ditawarkah oleh WooCommerce. Antara lain pilihan pembayaran yang bervariasi, seperti Stripe, Paypal, dan Square. Ada lagi berbagai pilihan ekstensi untuk berbagai macam tujuan penggunaan, seperti pembayaran dan pengiriman. Ada juga tools yang bisa digunakan untuk memonitor performa website.

Untuk Anda yang memiliki produk bervariasi, WooCommerce juga dapat melancarkan keperluan Anda. WooCommerce mendukung berbagai tipe produk, seperti produk fisik, subscribtions, dan produk afiliasi. Juga ada fitur seperti stock tracking, one click refunds, da email template.

Anda bisa menggunakan WooCommerce secara gratis. Tetapi tidak semua fiturnya bisa Anda gunakan secara gratis.

Baca Juga: Tema WordPress Premium Gratis Terbaik 2020

2. Yoast SEO

Di daftar kedua ada nama Yoast SEO. Yoast dikenal sebagai salah satu plugin SEO terbaik di WordPress. Plugin ini bekerja seperti peringatan pada lampu lalu lintas, yang setiap warnanya mengandung makna tertentu. Lampu hijua mengindikasikan artikel Anda telah teroptimasi dengan baik. Kuning menunjukkan masih ada beberapa bagian yang perlu dioptimasi. Sedangkan merah berarti optimasi konten Anda sangat buruk.

Fitur yang dimiliki Yoast antara lain kemampuan untuk mengidentifikasi kelemahan SEO. Juga membangun XML sitemap untuk visibilitas website Anda.

3. Visual Composer

Di peringkat selanjutnya adalah Visual Composer. Anda bisa menggunakan plugin yang satu ini secara gratis. Tetapi untuk dapat mengakses semua fiturnya, Anda harus membayar biaya berlangganan per tahun yang termasuk mahal.

Fitur kunci Visual Composer antara lain: Membuat halaman dengan drag and drop, content element untuk membuat website tanpa coding. Juga template yang beragam.

4. Ultimate Blocks

Ultimate Blocks adalah plugin editor yang muncul seiring dengan dirilisnya WordPress 5.0. Terdapat 15 bentuk kustomisasi berbasis Gutenberg blocks.

Fitur utama Ultimate Blocks:

  • Content blocks, seperti Content Filter, Table of Content, Tabbed Content, Content Toogle.
  • Creative blocks, seperti Call to Action, Styled Box, Styled List.
  • Social blocks, seperti Click to Tweet, dan Social Share.

5. W3 Total Cache

Plugin WordPress gratis terbaik

Website yang lambat dapat memberikan pengaruh negatif. Untuk mencegah website melambat, Anda bisa menggunakan plugin, salah satunya W3 Total Cache. Terdiri dari dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar, W3 Total Cache dapat diandalkan untuk mengurangi waktu load time dan dapat membersihkan cache di website.

6. Jetpack

Untuk Anda yang menginginkan plugin all-in, Jetpack bisa menjadi pilihan. Jetpack dapat membantu website Anda mendapatkan traffic lebih banyak mengkombinasikan keamanan, performa, dan website management tools.

Fitur kunci Jetpack antara lain seperti perlindungan dari malware dan code scanning, optimasi media sosial, hingga memeriksa kualitas konten yang Anda buat.

7. Keyy

Sektor kemanan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan seorang pemiliki website. Dan salah satu plugin yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan website adalah Keyy. Keyy adalah sebuah plugin yang memungkinkan Anda menggunakan two factor authentication untuk verifikasi.

Fitur kunci yang dimiliki oleh Keyy antara lain menghapus riwayat password, membuat digital key, dan one click access.

8. Broken Link Cecker

Seperti namanya, Broken Link Checker adalah sebuah plugin yang bekerja dengan mencari halama web yang sudah mati, atau tidak bisa diakses. Bagaimanapun, adanya link yang mati dapat memberikan pengaruh buruk pada peringkat website di mesin pencarian.

Setelah Anda mengaktifkan plugin ini, Broken Link Checker akan memonitor website Anda dari link yang mati. Nantinya, plugin ini akan mengirimkan report via email atau dari dasbor WordPress. Dari sana, Anda dapat melakukan tindakan selanjutnya. Mengedit link yang mati tersebut, atau malah menghapusnya.

9. Contact Form 7

Plugin WordPress gratis terbaik

Di urutan ke 9 adalah Contact Form 7. Formulir kontak adalah salah satu tools penting yang digunakan dalam hubungan komunikasi antara pengunjung dengan website. Contact Form 7 adalah sebuah plugin sederhana yang memungkinkan Anda menyesuaikan form kontak di website WordPress Anda. Anda bisa menambahkan berbagai form seperti pertanyaan, saran, dan pesan-pesan lainnya.

10. Wordfence

Wordfence Security adalah sebuah firewall WordPress, sekaligus plugin pemindai keamanan. Plugin yang satu ini dirancang untuk melindungi website Anda dari malware, file berbahaya, spam, dan lain sebagainya.

Untuk menangkal berbagai ancaman di internet, Wordfence dibekali dengan Threat Defense Feed, firewall web app yang akan mengidentifikasi dan memblokir lalu lintas yang berbahaya.

11. Imagify

Gambar yang berukuran besar seringkali menjadi penyebab utama sebuah website menjadi lambat. Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda menggunakan Imagify Image Optimizer. Sebuah plugin yang bekerja untuk memperkecil ukuran gambar.

Plugin ini akan memindai dan mengoptimalkan gambar apapun di dalam WordPress Media Library Anda. Juga memberikan tiga pilihan tingkat kompresi yang berbeda. Yaitu Normar, Agresif, dan Ultra.

12. Sumo

Untuk Anda yang menginginkan plugin WordPress gratis terbaik tahun 2020 kategori email marketing, Sumo patut Anda coba. Sumo adalah plugin email marketing yang didesain untuk meningkatkan konversi dan penjualan pada website Anda.

Anda bisa menggunakan plugin ini untuk mengirim email missal tentang promosi produk, atau update apapun tentang brand Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menjalin hubungan yang lebih baik pada pelanggan potensial Anda.

13. UpdraftPlus

Saat menjalankan website, salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah tentang backup. Penting untuk menemukan plugin backup yang bagus. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu pada website, Anda akan selalu memiliki cadangannya. Salah satu plugin yang bisa Anda gunakan adalah UpdarftPlus.

Plugin ini membantu Anda membuat backup harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tiap jam secara  otomatis. Prosesnya pun bisa dipantau langsung dari dasbor WordPress.

14. NextGEN Gallery

Plugin WordPress gratis terbaik tahun 2020 yang terakhir adalah NextGEN Gallery. NextGEN Gallery akan mengubah galeri Anda menjadi lebih powerful. Seperti pengeditan thumbnail, efek foto, dan kemampuan untuk membuat banyak album. Plugin WordPress yang satu ini menawarkan tiga gaya galeri yang bisa Anda gunaka. Yaitu thumbnail, slideshow, atau browser gambar.

Kesimpulan

Plugin WordPress dapat mempermudah Anda dalam mengelola website. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan plugin WordPress gratis terbaik untuk website Anda.

Ingin punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *