cara melihat traffic website

Mengetahui cara melihat traffic website sangatlah penting khususnya jika Anda sedang mengelola website untuk bisnis online. Selain bisa digunakan sebagai metric untuk melihat seberapa berhasil website Anda, melihat traffic juga bisa menjadi awal mula dari terjadinya sebuah action di website anda. Hal ini sangat penting khususnya jika Anda sedang memantau website yang Anda kelola baik itu untuk pribadi maupun untuk perusahaan. Bahkan berdasarkan Internet Live Stats, lebih dari 1 milyar website online tiap harinya dan terus bertambah sehingga kunjungan website akan selalu meningkat setiap harinya.

Cara melihat traffict website nantinya akan membantu Anda dalam mengetahui apa saja yang kurang dalam website sehingga Anda bisa melakukan peningkatan. Melihat traffic website untuk keperluan sendiri memang sangat mudah dengan adanya bantuan tools gratis yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Setiap tools yang digunakan tentunya memiliki metode yang berbeda-beda untuk menggunakannya.

Banyaknya pengunjung dari sebuah website adalah hal yang sangat penting. Apalagi untuk para blogger dan pebisnis online, hal ini karena banyak hal yang bisa Anda dapatkan ldengan mengetahui jumlah traffic pengunjung  dari sebuah website. Misalnya saja, bagi para blogger yang ingin menjadikan acuan dan optimasi untuk memasang iklan, maka mereka harus tahu berapakah traffic pengunjung  dari website tersebut dan menilai apakah sesuai dengan budget yang dimiliki.

cara melihat traffic website

Meski begitu, biasanya informasi tentang siapa saja yang sudah mengunjungi website itu bersifat privat dan hanya bisa di lihat oleh si pemilik website . Itupun diharuskan si pemilik website memasang script tertentu. Mungkin beberapa orang masih belum memikirkan betapa pentingnya mengetahui trafficc website. Namun hal ini akan sangat penting bagi Anda yang bergelut di bidang SEM (Search Engine Marketing ) atau  SEO (Search Engine Optimization).

Traffic website merupakan salah satu hal yang memang sangat penting sekali pada website khususnya untuk seorang pebisnis online yang bisnisnya mengutamakan website. Di mana para pebisnis online ini tentu sangat menginginkan sekali kalau websitenya tersebut banyak dikunjungi oleh orang dan memiliki traffic yang tinggi. Tak hanya itu saja, dengan adanya traffic website yang tinggi maka aktivitas untuk mengelola website akan semakin meningkat nantinya.

cara melihat traffic website

Anda sebagai pebisnis yang juga ingin melihat traffic website, maka akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan omset dari setiap penjualan produk yang ditawarkan. Semua orang bisa melihat traffic website yang mereka kelola dengan mudah dengan adanya beberapa tools yang memudahkan.

Bagaimana cara melihat traffic website?

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa salah satu cara untuk meningkatkan performa website adalah dengan mengetahui siapa saja yang melihat website kita. Dengan cara tersebut nantinya Anda akan mengetahui apa saja yang diinginkan oleh pengunjung website. Hal ini akan sangat penting jika website Anda digunakan untuk bisnis online pribadi atau perusahaan. Lalu, bagaimana cara melihat traffic website?

Cara mudah cek traffic website

1.Google Analytics

Ini tentu sudah tidak asing bagi semua orang. Google Analytics adalah layanan dari Google yang menyediakan tool untuk melihat traffik pengunjung Anda dari berbagai sumber seperti hasil pencarian secara langsung, link referral, iklan, dan masih banyak lagi. Di sini Anda juga bisa memasangkannya dengan Google Adword untuk mengukur efektivitas dari iklan Anda. Tentu saja layanan ini gratis dan sangat populer untuk semua kalangan.

2.Alexa Rangking

Alexa nantinya akan melacak setiap status pengguna website. Caranya adalah Anda hanya perlu menginstall Alexa Toolbar pada browser Anda. Malaupun nantinya hanya 1% saja pengguna internetnya, tapi akan tetap bisa dilacak. Jadi, jika Anda menggunakan google chrome maka Anda bisa menginstall the Alexa Extension. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan mozila firefox maka bisa menambahkan Alexa Add-On. Selain melihat jumlah traffic, tools ini juga bisa melihat link, kata kunci dan sebagainya.

cara melihat traffic website

3.Similar Web

Similar Web juga merupakan salah satu cara untuk melihat traffic website dengan mudah. Tools yang satu ini sangat powerfull sekali dan bersifat gratis. Akan tetapi, jika kamu ingin mendapatkan versi yang lebih baik lagi, tools ini tersedia dalam versi berbayar sehingga Anda bisa mendapatkan data yang jauh lebih lengkap. Fitur yang menarik di similarweb adalah referrals. Referral di sini bukanlah “ref” di situs Paid to Click atau website untuk mendapatkan uang lainnya. Akan tetapi Anda bisa melihat dari mana traffic yang didapatkan dan ke mana akan menberikan traffic.

4.Ahrefs

Pada dasarnya Ahrefs merupakan tool online untuk kepentingan digital marketing. Ini juga akan menunjukkan hal-hal lainnya seperti IP, tops pages dan juga link eksternal. Selain itu, tools yang satu ini juga disukai oleh berbagai pemain SEO sebagai salah satu cara untuk mengecek traffic website sehingga bisa mengetahui berapa jumlah pengjung pada website. Cara penggunaannya juga sangat mudah, Anda cukup memasukkan alamat website pada sebuah kolom yang telah disediakan oleh tools tersebut, dengan begitu nanti akan muncul sebuah informasi estimasi traffic untuk website tersebut. 

5.SEMRush

Tool ini sangatlah cocok untuk mencari traffic berdasarkan keyword. Semrush juga akan memberikan banyak informasi mengenai ranking di search engine, seberapa banyak mereka mendapatkan traffic dari ranking tersebut, paid advertising, backlinks, website tetangga atau saingan, dan masih banyak yang Anda dapatkan dengan menggunakan tools ini.

6.Youtube atau Vimeo Views

Tool yang ini pasti sudah populer bahkan sudah banyak digunakan. Video tersebut bisa dilihat oleh semua orang, baik YouTube dan Vimeo yang nantinya akan menunjukkan jumlah tayangnya. Di sini Anda juga bisa memeriksa tanggal mengunggah untuk memperkirakan berapa banyak orang melihatnya per bulan.

7.Komentar di Postingan Website

Setiap komentar yang ada di postingan blog Anda dapat menjadi indikasi mengenai seberapa banyak traffic yang datang ke website Anda. Jumlah komentar juga dapat memberikan Anda sebuah gambaran mengenai seberapa banyak orang-orang yang mengunjungi website Anda. Komentar pada postingan tentunya bisa berubah dan berbeda dengan setiap posting dan setiap blog, meski begitu hal tersebut akan memberikan Anda sebuah gambaran.

Memilih tools yang tepat untuk melihat traffic website sangat penting untuk kemajuan website Anda. Itulah beberapa tools yang bisa Anda coba untuk melihat traffic website. Jangan lupa jika Anda membutuhkan hosting dengan harga yang murah bisa langsung ke Unlimited. Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai fitur web hosting murah dan berkualitas serta layanan 24 jam setiap hari  yang akan membantu Anda dalam mengatasi kendala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *