Program afiliasi merupakan salah satu cara ampuh untuk mendapatkan uang dari internet. untuk Anda yang belum tahu, program afiliasi atau kemitraan adalah salah satu teknik marketing, dimana penjual bekerjasama dengan pemasar, melalui website pemasar. Cara kerjanya, seorang affiliate marketer akan mendapatkan link khusus yang sudah dipasang tracker. Sehingga setiap transaksi yang datang dari affiliate marketer akan diketahui oleh sistem afiliasi penjual.

Dan jika teracapai target penjualan, nantinya affiliate marketer akan mendapatkan komisi. Komisi penjualan sendiri berupa persentase dari harga penjualan. Nah, agar pendapatan dari program affiliasi Anda semakin meningkat, Anda bisa menggunakan plugin afiliasi WordPress.

Baca Juga: Mengenal Web App Serba Bisa, Softaculous App Installer

Plugin Afiliasi WordPress Gratis

Berikut ini adalah pilihan plugin afiliasi WordPress gratis yang harus Anda coba:

1. AffiliateWP

Plugin afiliasi WordPress gratis

Di urutan pertama ada AffiliateWP. AffiliatWP adalah plugin afiliasi lengkap, mudah digunakan, dan sangat fleksibel. Plugin ini akan membantu penggunanya untuk dapat mengelola program afiliasi menjadi lebih mudah. Halaman adminnya sangat mudah digunakan. Pengguna bisa dengan mudah untuk melihat laporan dan grafik.

Tetapi bukan itu saja yang bisa pengguna dapatkan dari plugin yang satu ini. AffiliateWP juga menyertakan opsi untuk menambahkan afiliasi secara manual. Bahkan untuk versi premiumnya, Anda bisa menambahkan referensi afiliasi berjenjang, persentase komisi, durasi cookie dan lain sebagainya.

Kabar baiknya adalah, AffiliateWP sangat kompatibe dengan plugin WordPress lainnya. Antara lain seperti Contact Form 7, WooCommerce, Paypal Buttons, dan banyak lagi lainnya.

2. Affiliate Manager

Untuk sistem manajemen afiliasi gratis, paket yang ada di plugin ini terhitung bagus. Bahkan bisa bersaing dengan plugin afiliasi WordPress yang premium dengan serangkaian fitur kerennya. Pengguna akan dipermudah saat mengelola program afiliasi dan referral. Ini tak lepas dari kontrol penuh yang ditawarkan oleh Affiliate Manager.

Plugin ini memiliki segalanya yang Anda butuhkan pada sebuah plugin affiliasi WordPress gratis. Ditambah dengan kompatibilitas dengan plugin WordPress lain seperti WooCommerce, S2Member, dan JigoShop. Selain itu, Anda dapat membuat banner iklan untuk affiliate dan mengintegrasikannya dengan Mailchimp. Anda bisa melacak aktivitas afiliasi secara real time.

3. EasyAzon

Kemudian ada EasyAzon. Untuk Anda yang tertarik dengan program afiliasi dari Amazon, plugin gratis yang satu ini bisa menjadi pilihan. Plugin ini akan sangat memudahkan dan pastinya menghemat banyak waktu Anda. Pengguna tidak perlu lagi melakukan settingan secara manual.

EasyAzon mendukung semua jenis program afiliasi dari Amazon. Dukungan bahasanya pun juga lengkap. Dua fitur yang membuatnya berbeda adalah tag nofollow yang dapat Anda atur per tautan atau di seluruh website. Serta akses untuk mengikuti pelatihan program afiliasi Amazon.

4. ThirstyAffiliates

Plugin afiliasi WordPress gratis

Jika Anda adalah orang yang mengikut banyak program afiliasi, ThirstyAffiliates adalah solusi yang tepat untuk Anda. Plugin yang satu ini menawarkan banyak fitur yang akan memudahkan Anda untuk mengatur link secara langsung dari dasbor WordPress. Misalnya memasukkan link referral, menyembunyikan link, dan kategorisasi.

Dua fitur utama yang dimiliki oleh ThirstyAffiliates adalah kemudahan mengganti link referral dan menyembunyikan link. Sehingga, pengunjung tak akan tahu bahwa itu adalah link referral dari program afiliasi yang sedang Anda ikuti.

5. Pretty Link

Pretty link memiliki sedikit kesamaan dengan ThirstyAffiliates. Kesamaan tersebut adalah sama-sama sebagai plugin manajemen link referral. Yang menjadi pembedanya adalah fitur laporan performa link referral yang disajikan lebih detail.

Menggunakan Pretty Link, Anda bisa memantau link yang paling banyak diklik, lengkap dengan jumlahnya. Dua hal yang jadi fitur utamanya adalah, pertama laporan performa yang detail. Sehingga Anda tahu bagaimana performa masing-masing link referral. Kedua adalah kemampuannya untuk mengubah link referral dengan nama domain Anda sendiri.

6. AdRotate Banner Manager

Di peringkat keenam adalah AdRotate Banner Manager. Plugin yang satu ini hadir dengan fungsi untuk membantu Anda memasang banner afiliasi dengan mudah. Di manapun posisinya di website. Anda juga bisa menjadwalkan masing-masing banner tersebut. Sehingga Anda bisa merotasi penanyangan banner afiliasi agar iklan dari program lain tetap berjalan.

Kalau membicarakan fitur, setidaknya terdapat dua fitur utama yang dimiliki oleh AdRotate Banner Manager. Pertama tentu saja kemudahan memasang banner afiliasi di manapun. Tak perlu khawatir ini akan merusak tampilan website, karena AdRotate Banner Manager akan menyesuaikan secara otomatis. Dan yang kedua adalah rotasi banner. Jadi, Anda tetap bisa mendapat penghasilan dari program yang Anda ikuti.

7. MailChimp for WordPress

Banyak dari Anda tentu sudah tak asing dengan MailChimp, bukan? MailChimp for WordPress adalah satu plugin internet marketing yang sangat populer. Dengan plugin ini,Anda bisa mempromosikan banner afiliasi menggunakan newsletter yang dikirim langsung ke email pengunjung website Anda.

Dua fitur yang menjadi keunggulan utama MailChimp for WordPress adalah, yang pertama promosi afiliasi lewat email. Kedua, mudah digunakan. Anda bisa membuat berbagai macam form afiliasi langsung dari dasbor WordPress Anda.

8. MonsterInsights

Plugin afiliasi WordPress gratis

Di urutan kedelapan ada nama MonsterInsights. Ini adalah plugin afiliasi WordPress gratis yang banyak gunanya. Misalnya, Anda bisa tahu artikel mana yang paling banyak mendapatkan pengunjung, lengkap dengan asal dan durasi kunjungan.

Fitur MonsterInsights yang membuatnya berbeda dengan yang lain adalah laporan performa afiliasi. Anda bisa mengetahui jumlah klik referral secara keseluruhan. Sehingga, Anda akan lebih mudah saat membuat strategi optimasi di masa depan.

9. Affiliate Links

Untuk Anda yang gemar memperpendek tautan yang ada di website, Affiliate Links adalah pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Karena, dengan plugin ini Anda dapat memperpendek link afiliasi dan menyembunyikannya sehingga akan lebih menyatu dengan konten yang ada di website.

Penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengaturnya di awal dan bisa menggunakan link tersebut kapanpun Anda membutuhkannya. Fitur lain yang ditawarkan Affiliate Links seperti statistik, kategori, dan lain sebagainya.

10. Auto Affiliate Links

Dan yang terakhir adalah Auto Affiliate Links. Sesuai dengan namanya, plugin ini akan memasukkan link referral Anda di website. Plugin afiliasi WordPress gratis ini mendukung banyak program afiliasi dari brand besar dunia. Antara lain Amazon, Clickbank, Shareasale, dan eBay.

Juga, Anda bisa mengatur jumlah link referral yang akan ditampilkan secara otomatis pada artikel. Mulai dari hanya menampilkan satu link per artikel, hingga jumlah maksimal 5 link per artikelnya.

Kesimpulan

Untuk Anda yang menggeluti dunia program afiliasi, salah satu kunci suksesnya adalah seberapa banyak klik pada link afiliasi Anda. Dan memasang plugin afiliasi WordPress gratis adalah langkah paling mudah untuk dilakukan.

Tunggu apalagi, buat website afiliasi Anda sekarang juga dengan berlangganan hosting murah di Unlimited.ID. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *