Setiap orang tentu menginginkan website yang dimilikinya aman dan mendapatkan kepercayaan dari pengunjung. Mengingat, semua hal bisa terjadi di internet. Salah satu hal yang wajib menjadi perhatian saat berselancar di internet adalah keamanan data. Dan karena pentingnya data, terutama data pengunjung, akan sangat penting bagi seorang pemiliki website untuk memasang Comodo SSL untuk keamanan website.

Menarik untuk menjelaskan kegunaan SSL Comodo. Dengan menggunakan SSL ini, website Anda tak hanya aman, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan. Baik dari mesin pencari maupun dari penjungjung organik. Mesin pencari akan menganggap Anda perhatian denga keamanan website dan mengganjarnya dengan rangking di halaman pencari. Sedangkan pelanggan, akan merasa datanya  terlindungi.

Sobat Unlimited, artikel ini akan menjelaskan pada Anda, apa itu SSL Comodo dan gunanya untuk keamanan website. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Apa Itu SSL Comodo?

apa itu Comodo SSL

Comodo SSL adalah salah satu cabang dari Sectigo, sebuah perusahaan yang menjadi pemimpin pasar dalam industry keamanan website. Dan bentuk layanannya adalah sertifikat SSL atau Secure Socket Layer. SSL sendiri adalah teknologi standar yang digunakan untuk mengamankan komunikasi dan transfer data yang terjadi di antara web server dan pengguna.

Dengan menggunakan SSL, informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, password, dan data penting lainnya menjadi terlindungi. Hal ini berkat cara kerja SSL yang melakukan enkripsi atau mengacak susunan data tadi. Jadi, peretas atau orang-orang tak bertanggung jawab yang ingin berbuat jahat, akan kesulitan mengetahui data yang benar..

Cara Kerja SSL Comodo

Di atas telah kami singgung mengenai Comodo SSL yang akan mengenkripsi lalu lintas data agar tidak bisa diakses sembarang orang. Lantas, bagaimana cara kerja Comodo SSL tersebut? Berikut penjelasannya untuk Anda:

  • Yang pertama, browser akan meminta informasi sertifikat SSL halaman website ke server. Umumnya dalam bentuk https:/.
  • Kemudian, server akan membalas dengan mengirimkan informasi sertifikat SSL dan public key yang sama.
  • Lalu, browser akan memeriksa apakah sertifikat tersebut valid. Misalnya, siapakah yang mengeluarkan sertifikat tersebut? Apakah sertifikat tersebut masih berlaku?
  • Browser akan menggunakan public key untuk menggunakan kode enkripsi khusus dan mengirimkannya ke server.
  • Server memecahkan kunci enkripsi.
  • Lalu server dan browser kemudian akan saling berkirim data dengan aman. Server mengirimkan kembali data tersebut dalam bentuk acak atau terenkripsi.
  • Browser kembali akan mendekripsi data agar informasi dapat ditampilkan ke user.

Jenis-Jenis SSL

apa itu Comodo SSL

Sobat, setiap website memiliki kebutuhannya masing-masing. Maka penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja sertifikat Comodo SSL. Comodo SSL sendiri membagi jenis sertifikatnya menjadi dua kategori. Jenis pertama adalah menurut level validasinya. Dan yang kedua berdasaarkan fungsi sertifikat tersebut. Jadi, sebelum memutuskan membeli yang mana, simak penjelasan berikut ini:

Comodo SSL Menurut Level Validasi

Supaya sertifikat SSL dapat menjalankan perannya, certificate authority hanya bisa menerbitkan sertifikat kepada organisasi yang identitasnya telah tervalidasi. Maka dari itu, otoritas sertifikat membagi beberapa SSL menurut levl validasinya.

Berikut ini adalah jenis sertifikat SSL menurut level validasinya:

1. Domain Validation (DV) SSL Certificates

Level sertifikasi SSL yang satu ini cocok digunakan untuk website berskala kecil. DV SSL merupakan jenis Comodo SSL level basic. Mengapa cocok digunakan untuk website berskala kecil? Karena sertifikat ini hanya membutuhkan enkripsi saja.

2. Organization (OV) SSL Certificates

OV SSL Certificates cocok digunakan untuk website dengan skala menengah. Untuk bisa mendapatkan sertifikat SSL jenis ini, bisnis Anda harus menjalani pemeriksaan. Pemeriksaan berlangsung selama kurang lebih tiga hari. Karena banyak hal yang harus diverifikasi.

3. Extended Validation (EV) SSL Certificates

Untuk Anda yang memiiliki website dengan traffic yang besar, maka pilihan yang tepat bagi Anda adalah EV SSL Certificates. Comodo SSL jenis ini memberikan level keamanan tertinggi. Website Anda akan aman dari serangan phising, penipuan email, dan serangan cyber lainnya.

Sertifikat SSL Comodo Menurut Fungsi Sertifikat

1. Single Domain SSL Certificate

Sesuai dengan namanya, sertifikat Comodo SSL yang satu ini hanya bisa digunakan oleh satu domain saja. Kelebihan dari sertifikat single domain seperti ini adalah, memiliki semua sertifikat SSL di semua level validasi.

2. Multi Domain SSL Certificate

Untuk Anda yang memiliki banyak domain, sertifkat SSL jenis ini sangat cocok untuk digunakan. Anda bisa mengamankan banyak domain sekaligus hanya dengan satu sertifikat.

3. Wildcard SSL Certificates

Untuk Anda pemilik website dengan 5 atau lebih subdomain, Sertifikat Wildcard SSL bisa menjadi pilihan yang tepat. Sertifikat SSL jenis ini didesain khusus untuk mengenkripsi satu domain, sekaligus semua subdomain yang dimiliki. Sertifkat jenis ini hanya tersedia di level validasi DV dan OV.

4. Multi Domain Wildcard SSL Certificates

Sertifikat Comodo SSL jenis ini memiliki fungsi ganda. Ini tidak terlepas dari bergabungnya dua jenis SSL, yaitu Multi Domain dan Wildcard. Sertifikat SSL jenis ini akan melindungi hingga 250 nama domain berbeda. Berikut dengan unlimited subdomain. Fungsi wildcard akan membuat subdomain dengan nama yang sama akan mendapatkan perlindungan penuh.

Manfaat SSL Comodo

apa itu Comodo SSL

Setelah mengetahui jenis-jenis dari sertifikat Comodo SSL, kini saatnya Anda untuk mengetahui manfaaat sertifikat tersebut. Berikut manfaat sertifikat Comodo SSL.

1. Mengamankan transfer data

Semua jenis Comodo SSL dilengkapi dengan enkripsi simetris 256 bit. Angka 256 bit ini mengacu pada panjang kunci enkripsi yang digunakan untuk mengenkripsi data.

2. Meningkatkan reputasi website

Manfaat kedua adalah meningkatkan reputasi website. Segel aman pada Comodo SSL adalah salah satu logo yang paling dikenali di internet. Jika di sebuah website terpampang logo tersebut, maka website tersebut adalah website yang dapat dipercaya.

3. Melakukan otentikasi

Manfaat selanjutnya adalah layanan otentikasi. Layanan otentikasi pada Comodo SSL dapat membuat website Anda lebih dipercaya oleh pelanggan.

4. Meningkatkan kualitas SEO

Sejak tahun 2014, Google memberikan keutamaan bagi website yang sudah menggunakan HTTPS. Ini artinya, dengan menggunakan  SSL ini, website Anda punya kesempatan besar untuk berada di peringkat atas mesin pencarian Google.

5. Lebih Hemat

Dengan menggunakan Comodo SSL, Anda bisa menghemat lebih banyak biaya. Apalagi Unlimited menyediakan SSL Comodo Sectigo untuk setiap pembelian paket hosting Pro+. Dengan demikian,Anda tak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk berlangganan SSL secara terpisah.

Kesimpulan

Memasang sertifikat SSL sangat penting untuk sebuah website. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari Comodo SSL. Semoga Anda dapat memahami apa itu Comodo SSL dan fungsinya.

Go digital sekarang juga dengan berlangganan hosting murah Unlimited. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *