Saat menentukan pembuatan website, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan masak-masak. Selain nama domain yang tepat atau memilih penyedia web hosting terbaik, ada satu lain yang pastinya tidak boleh kamu sepelekan. Yaitu adalah pemilihan jenis hosting yang tepat. Setidaknya, saat ini terdapat empat jenis hosting yang umum digunakan. Yaitu VPS hosting, dedicated hosting, shared hosting, dan cloud computing. Memilih jenis hosting yang tepat ini sangat penting dilakukan di awal karena akan menentukan perjalanan websitemu. Tentu, masing-masing tipe jaringan hosting tadi memiliki keunggulan dan kekurangannya  masing-masing. 

Pada artikel kali ini, kami akan mengajak kamu semua, Sobat Unlimited, untuk mengetahui lebih dalam tentang apa itu shared hosting, berikut dengan kelebihan dan kekurangannya. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Shared Hosting? 

apa itu shared hosting

apa itu shared hosting

Ya, dari namanya saja kamu sudah bisa menebak. Bahwa shared hosting adalah salah satu jenis dari layanan web hosting yang menempatkan beberapa website ke dalam server fisik yang sama. Dan, layanan yang diberikan oleh server pun digunakan secara bersama-sama. Dengan demikian, pemilik website tidak perlu lagi pusing-pusing untuk memikirkan pengaturan server. Hanya saja, pemilik website juga tidak akan bisa secara penuh mengakses fungsi dari web hosting terkait. 

Baca Juga : Mengenal CRM Beserta Manfaatnya

Banyak yang masih bertanya-tanya, apa itu shared hosting. Penjelasan mudahnya begini. Shared hosting ibarat gedung kos-kosan, dengan banyak kamar dan ruangan. Pengguna memiliki unitnya masing-masing, tetapi menggunakan kamar mandi bersama. Kemudian, jika ada anak kost yang menggunakan kamar mandi terlalu lama, maka dapat mengganggu atau menghambat aktivitas pengguna yang lain. Ya, namanya juga fasilitas bersama, kamu tidak akan bisa memiliki akses penuh akan hal ini. 

Banyak yang berpendapat bahwa jenis hosting yang satu ini sangat cocok digunakan oleh website yang pengunjungnya masih sedikit dan traffic harian yang belum terlalu ramai. Bisa dibilang, hosting ini sangat cocok digunakan oleh pengguna yang baru pertama kali memiliki website. 

Dan karena namanya shared alias bersama-sama, maka biaya yang digunakan oleh para pengguna pun juga ditanggung bersama-sama. Hal inilah yang menjadikan shared hosting lebih murah dibandingkan dengan layanan hosting lainnya. Sangat recommended untuk para pemilik website pemula. Dengan harga yang cukup terjangkau, pengguna bisa menekan pengeluaran, sekaligus melakukan efisiensi. Sebagai pemilik website, kamu tak perlu lagi memikirkan masalah-masalah yang terjadi di server dan bisa fokus mengelola website. 

Dari penjelasan diatas, sudah cukup gamblang untuk mengetahui apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan shared hosting. Pada bagian selanjutnya artikel ini, kami akan menjabarkan pada Sobat Unlimited semuanya, kelebihan dan kekurangan shared hosting. Simak sampai selesai, ya Sobat. 

Kelebihan Shared Hosting

Shared hosting memiliki beberapa kelebihan, antara lain: 

Harga Lebih Murah

apa itu shared hosting

Kelebihan pertama shared hosting, adalah harga yang jauh lebih murah. Jika dibandingkan dengan jenis hosting lainnya, layanan shared hosting memiliki harga termurah. Terutama jika dilihat dari penggunaan server, yang digunakan bersama dengan pengguna lainnya. Maka tak salah jika shared hosting sangat direkomendasikan untuk para pemilik website pemula dan baru merintis. 

Perawatan yang Lebih Mudah

Faktor perawatan yang mudah juga bisa menjadi penyebab mengapa shared hosting sangat cocok digunakan oleh pemilik website pemula. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada bagian sebelumnya artikel ini, saat kamu mengelola website dan server dikelola oleh penyedia hosting. Kamu tak perlu lagi repot memikirkan masalah server. Yang perlu kamu lakukan hanyalah duduk tenang dan mengelola website agar semakin bagus dan berkembang tanpa khawatir dengan masalah server. 

Fokus Dalam Mengelola Website

Shared hosting akan sepenuhnya dikelola oleh penyedia hosting tersebut. Dengan begini, kamu tak perlu lagi cemas dengan segala hal yang berkaitan dengan kinerja hosting. Karena kamu tak perlu lagi repot dalam mengurus masalah server. Dan tentu saja, dapat menghemat biaya. 

Dalam hal ini, kamu sebagai pengguna akan sangat diuntungkan karena bisa lebih fokus dalam mengelola website dan membuat konten yang bagus. 

Mudah Digunakan 

Bisa dibilang, shared hosting cukup memberikan kemudahan bagi penggunanya, karena segala hal operasional server akan diambil alih oleh provider hosting. Sehingga, untuk kamu yang masih pemula dan masih banyak belajar soal website, masih tetap bisa mengelola websitemu sendiri. 

Baca Juga : Cara Setting W3 Total Cache

Kecuali nanti websitemu mendapatkan pengunjung yang banyak dan traffic yang dihasilkan sudah tinggi, baru kamu bisa mempertimbangkan untuk mengupgrade layanan hosting ke VPS atau dedicated server. Jika demikian, tentu kamu harus mengupdate pengetahuan soal per-hostingan.

Cocok Untuk Blog dan Website Bisnis

Layanan shared hosting memiliki harga yang terjangkau. Oleh karena itu, sangat layak digunakan untuk kamu yang baru merintis website pertama kali. Layanan ini sangat pas untuk bisnis berskala kecil yang masih sensitif dengan pendanaan. 

Akses ke Control Panel

Ketika kamu menggunakan layanan shared hosting, pengelolaan website akan semakin mudah karena kamu mendapatkan akses ke kontrol panel. Dengan memiliki akses ke control panel, kamu bisa memanfaatkan banyak fitur yang tersedia. Seperti menginstall CMS, upload file, mengelola email, dan lain sebagainya. 

Kekurangan Shared Hosting

Tak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk untuk shared hosting. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh shared hosting. 

Kontrol Server Terbatas

apa itu shared hosting

Penyedia layanan shared hosting tidak memberikan akses ke server untuk penggunanya. Sangat wajar, mengingat, digunakan secara bersama. Jadi, ketika ada satu pengguna yang overload, pengguna lain bisa ikut terdampak. Maka dari itu wajar jika pengelolaan server seluruhnya diambil alih oleh penyedia layanan hosting. 

Keamanan yang Terhitung Longgar

Karena shared hosting memberikan ruang yang lumayan luas dalam satu server, hal ini berpotensi terjadinya penyalahgunaan akses fitur yang lain. Jika hal ini terjadi, maka dapat sangat berpengaruh pada kinerja server. Terutama dari sisi keamanannya. 

Potensi Crash

Peluang crash bisa terjadi sewaktu-waktu. Utamanya karena shared hosting digunakan oleh banyak pengguna dalam satu server. Hal ini bisa menyebabkan overload yang berakibat pada crash. 

Pemakaian Aplikasi Lain yang Terbatas

Kalau kamu adalah pengguna shared hosting, tentu kamu tak bisa menjalankan software atau aplikasi lain dalam waktu bersamaan. Kecuali untuk aplikasi yang memang ditawarkan oleh penyedia hosting. Hal ini bisa saja menyulitkan pengguna, khususnya yang masih pemula. 

Penutup

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang apa itu shared hosting berikut kelebihan dan kekurangannya. Semoga penjelasan diatas, bisa membantumu ketika memilih layanan hosting terbaik

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *