Ketika menjalankan bisnis, sudah tentu kita, Anda atau siapa saja yang menjadi pelakunya senantiasa terhubung dengan pelanggan. Ada banyak cara dan bentuk hubungan suatu brand dan produk dengan konsumennya. Salah satu hal yang paling sering terjadi dalam hubungan antara brand dengan pelanggan adalah keluhan pelanggan.

Setiap bisnis pasti pernah mendapatkan keluhan dari pelanggan. Ada berbagai macam sebab mengapa pelanggan sampai harus melakukan komplain atas suatu produk. Entah dari produk atau layanan bisnis yang Anda berikan, misalnya. 

Mendapatkan komplain dari pelanggan adalah hal yang wajar dalam bisnis. Dan ini sangat sering terjadi pada brand dan bisnis manapun. Maka dari itu, Anda perlu menerapkan apa yang dimaksud dengan Customer Relationship Management alias CRM. 

Istilah CRM mulai ramai diperbincangkan beberapa tahun terakhir. Terutama oleh perusahaan-perusahaan besar, yang memiliki pelanggan dan market dalam jumlah yang besar pula. Perusahaan-perusahaan besar kemudian mengerahkan sumber daya terbaik yang dimilikinya untuk mengaplikasikan CRM. Namun, ternyata masih banyak yang belum familiar dengan apa itu CRM dan manfaatnya untuk bisnis. 

Maka dari itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi informasi dengan Sobat Unlimited, tentang apa itu software CRM beserta fitur, manfaat, dan contoh dari aplikasi CRM. Jadi, silakan simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Software CRM? 

Sebelum membahas lebih jauh tentang software CRM, apa itu CRM? CRM atau Customer Relationship Management adalah sebuah strategi tentang hubungan pelanggan dengan perusahaan atau brand. Tujuannya adalah untuk mengelola hubungan yang baik dengan pelanggan atau para konsumen. Selain itu, CRM juga dapat digunakan untuk mengumpulkan data pelanggan, kemudian merekam aktivitas tenaga penjual, terutama yang berhubungan dengan calon pelanggan, dan yang sudah menjadi pelanggan tetap sekalipun. 

Kemudian akan ada pertanyaan yang timbul, apakah sepenting itu penerapan CRM pada sebuah brand atau perusahaan? Jawabannya, bisa dikatakan sangat penting. Mengapa bisa demikian? 

Karena dalam bidang penjualan, interaksi antara penjual, yang sekaligus sebagai wakil perusahaan dengan calon pelanggan harus terbangun dengan baik. Dalam hidup, dan salah satunya dalam kehidupan bisnis, sudah jelas kita tidak bisa menyenangkan dan memuaskan semua orang. 

Baca Juga : Tips Memperkuat WordPress Security Login

Tentu akan ada orang-orang yang merasa kecewa, tidak puas dan hal-hal kurang mengenakkan lainnya. Untuk itulah mengapa CRM menjadi sangat dibutuhkan. CRM diharapkan dapat membantu brand atau perusahaan untuk lebih mendekatkan diri lagi dengan pelanggan. 

Dalam bisnis, penting sekali untuk bisa dekat dan mendengarkan suara pelanggan. Karena jika Anda tidak mendengarkan pelanggan, maka mereka akan bisa dengan mudah untuk berpindah ke kompetitor Anda. Akan lebih gawat lagi kalau ternyata, kompetitor bisa memberikan layanan pelanggan lebih baik dari Anda. Pelanggan akan mencari kompetitor yang bisa memberikan layanan dan mendengarkan keluhan dan masukan mereka. 

Menghadirkan Customer Relationship Management, sebenarnya bukan semata-mata bertujuan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Penerapan CRM yang tepat juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan penjualan yang berkesinambungan. Jika dihitung lebih cermat lagi, maka keberadaan CRM akan banyak membantu Anda untuk menyediakan segala informasi yang Anda butuhkan, terkait dengan pelanggan, Mulai dari kebutuhan dan keinginan mereka, dan keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda mampu memenuhinya. 

Fitur-Fitur Software CRM 

Berikut ini adalah fitur-fitur yang harus ada di software CRM: 

1. Menangkap Prospek 

Prospek atau lead memiliki peran yang sangat penting untuk membangun database pelanggan. Karena dari prospek lah, pelanggan akan didapatkan. Dengan menggunakan software CRM, Anda bisa dengan mudah menangkap prospek dari pengunjung website, untuk kemudian melakukan follow up. Mulai dari pengelompokan, memberikan penilaian, dan mengkonversinya menjadi pelanggan. 

2. Email Otomatis

Fitur penting lain yang juga harus ada di aplikasi CRM adalah email otomatis. Dengan CRM, Anda bisa dengan mudah melakukan email otomatis saat pengunjung mengisi formulir yang ada di website Anda. 

3. Pengelompokan Prospek 

Menggolongkan setiap prospek ke dalam golongan tertentu merupakan cara yang paling efisien untuk mengelola prospek. Dengan menggolongkan dan mengelompokkan prospek, maka Anda bisa lebih mudah untuk membedakan mana prospek prioritas dan mana yang buka. 

4. Memudahkan Follow Up 

CRM juga menyediakan fitur untuk menjadwalkan follow up kepada prospek Anda, baik berupa pertemuan, telepon, chat, pesan email. Bahkan beberapa software CRM mampu melakukan follow up secara otomatis menggunakan pesan teks. 

Dengan fitur ini, Anda tidak akan ketinggalan jadwal follow up. Sistem CRM akan memberikan notifikasi jika waktu follow up hampir tiba. 

5. Integrasi Saluran Komunikasi 

Jika selama ini saluran komunikasi pemasaran Anda dengan calon pelanggan terpisah-pisah dalam berbagai jenis, dengan CRM, hal ini tidak akan terjadi lagi. CRM sangat memudahkan Anda, karena semua catatan percakapan bisa dijadikan dalam satu sistem. Anda juga akan lebih mudah ketika ingin melihat rekam jejak di percakapannya. 

6. Integrasi dengan Penjualan 

Setelah semua proses negosiasi selesai dan terjadi closing, sistem CRM dapat dengan mudah mengintegrasikan data dengan aplikasi penjualan. Secara otomatis dapat membuatkan invoice. 

Pilihan Software CRM

Ada banyak pilihan aplikasi CRM yang ada di pasar. Berikut ini adalah aplikasi CRM terkmuka di pasar saat ini: 

– Odoo

– Salesforce

– Sugar CRM

– Vtiger CRM

– Agile CRM

– Bitrix24

Capsule CRM

– Hubspot CRM 

Tips Memilih Aplikasi CRM 

1. Kenali Kebutuhan Anda 

Tidak semua jenis usaha cocok menggunakan CRM. Usaha ritel, salah satunya. Namun tetap alangkah lebih baik juga jika menggunakannya, untuk membidik segmen pasar tertentu. Kalau bisnis Anda bergerak di bidang penjualan software, penggunaan CRM akan sangat membantu. 

2. Pilih Aplikasi CRM yang Memiliki Dukungan Komunitas 

Ada banyak sekali pilihan aplikasi CRM yang ada di pasaran. Sebagai saran, kami merekomendasikan Anda untuk memilih aplikasi CRM yang memiliki dukungan komunitas yang besar. Dengan dukungan komunitas yang besar, Anda akan lebih mudah untuk menemukan solusi atas masalah yang Anda hadapi. 

Baca Juga : Pentingnya Alt  Text Untuk SEO 

3. Pilih Aplikasi CRM Dengan Customer Support Bagus

Selain dukungan komunitas yang besar, jangan lupa juga untuk memilih aplikasi CRM yang memiliki sistem support yang baik. Misalnya, memiliki layanan customer service 24 jam, respon yang cepat ketika ada keluhan, dan lain sebagainya. 

Penutup 

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan CRM. Pemilihan software CRM yang tepat juga menjadi pilihan Anda. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Ayo tunggu apalagi, buat websitemu hanya di Unlimited.ID, hosting murah unlimited Indonesia. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *