Memiliki website yang bagus tidak akan ada artinya jika tidak memiliki pengunjung. Misalnya, Anda sudah memiliki website dengan toko online dengan nama domain yang unik, produk yang dijual juga menarik, tetapi trafik website toko online tersebut masih sangat kecil. Jika demikian, bisa jadi terdapat sesuatu yang salah, yang mengakibatkan website Anda sepi pengunjung.

Oleh karena itu, penting bagi Anda, sebagai pemilik bisnis untuk menerapkan teknik-teknik SEO untuk meningkatkan trafik website. Mengaplikasikan teknik SEO yang tepat tidak hanya akan meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencarian, tetapi juga meningkatkan brand awareness Anda di mata konsumen. Dan salah satu teknik SEO yang paling banyak digunakan adalah optimasi alt text.

Ada banyak sekali elemen dalam SEO. Mulai dari optimasi SEO on page, off page, hingga pencarian keyword yang bisa dibilang menjadi kunci dari strategi SEO ini. Yang menjadi senjata utama. Dengan memuat keyword di dalam sebuah konten, maka optimasi website akan makin baik pula. Kata kunci pilihan yang ada, juga bisa membantu menaikkan posisi di halaman hasil pencarian.

Sobat Unlimited, pada artikel kali ini, kami akan membagikan pada Anda, penjelasan lengkap tentang image SEO dengan alt text. Jadi, simak artikel ini sampai salesai, ya.

SEO Sebagai Cara yang Banyak Dilakukan Untuk Meningkatkan Peringkat Website

Search Engine Optimization atau SEO kini menjadi salah satu strategi bisnis yang gencar dilakuan oleh banyak entitas bisnis. Ada yang telah melakukannya sejak lama, dan da yang barus saja memulainya. Namun, ada juga yang masih belum mengetahui satu hal apapun tentang SEO, beserta dengan segala keuntungannya.

Image SEO alt text, adalah salah satu teknik SEO yang cukup penting. Namun sayangnya sering dilupakan. Mungkin, banyak pemilik website yang lebih fokus dengan bermain keyword ketika membuat artikel, tetapi malah melupakan image, yang lebih utama.

Baca Juga : Panduan Lengkap SEMRush Tool Untuk Pemula

Definisi SEO Alt Text

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, strategi SEO menggunakan keyword dapat menjadi salah satu senjata utama dalam konten artikel. NAmun, penggunaan teks di dalam image juga penting dilakukan, tapi tidak boleh serampangan. Mengapa demikian? Karena, SEO tidak hanya berpusat pada konten teks saja, tetapi juga pada konten berbentuk image.

Misalnya, jika Anda memperhatikan sebuah gambar yang ada di website, sebenarnya, di dalam gambar tersebut memiliki judulnya sendiri, yang berbeda-beda. Inilah yang disebut dengan alt text. Alt text sendiri, memiliki beberapa fungsi. Apa saja?

Fungsi pertama dari teks ini adalah berguna sebagai identitas atau judul dari gambar tersebut, agar bisa dibedakan dengan gambar lainnya yang terdapat di database. Namun, untuk strategi SEO sendiri, image alt berguna untuk membuat sebuah gambar tetap dapat dioptimasi.

Ya, memang, image dalam sebuah website tidak hanya sebagai elemen yang memperindah tampilan visual. Tetapi juga dapat dioptimasi dalam ranking mesin pencari Google. Ketika Anda sedang membuat konten dalam satu halaman menggunakan kata kunci tertentu, maka pencaraian fokus utama di dalam mendapatkan ranking setinggi mungkin. Untuk gambar, pun juga ada rankingnya. Fitur pencarian gambar di mesin pencari Google akan menjadi medium dari image SEO alt text ini.

Tips Image SEO Alt Text

Pengertian image alt yang sederhana adalah memasukkan kata kunci sebagai judul dari gambar tersebut. Sebagai bagian paling penting dari SEO, tanpa keyword yang tepat, tidak mungkin bisa melakukan optimasi SEO, karena hanya keyword lah yang membuat sebuah website bisa muncul di halaman mesin pencari.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, agar sebuah optimasi gambar via alt text menjadi lebih efektif. Berikut adalah diantaranya:

Harus Bisa Mendeskripsikan Gambar

Poin pertama yang harus diingat dalam optimasi gambar adalah, teks harus bisa mendeskripsikan sebuah gambar dengan tepat dan jelas. Jangan sampai, hanya terpaku pada memasukkan keywordnya saja, tetapi akhirnya gambar tersebut tidak berarti apa-apa. Para pembaca bisa saja kebingungan ketika melihat judul dari gambar tersebut. Jadi, jangan lupa untuk mendeskripsikan gambar lewat judul secara jelas, ya.

Jangan Menggunakan Kalimat “Gambar Tentang”

Terkadang, para pemilik website yang masih baru sering membuat kesalahan, yang terkait dengan optimasi alt image dalam SEO. Salah satunya adalah penggunaan kalimat deskriptif, misalnya “gambar tentang”. Tentu saja, hal ini membuat gambar yang Anda optimasi tampak tidak professional. Yang akhirnya muncul, adalah judul gambar terlihat tidak professional. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan seperti ini.

Maksimalkan 125 Karakter

Image alt text, memiliki batasan panjang yaitu hanya 125 karakter saja. Kalau lebih dari itu, maka judu gambar akan terlihat tidak elegan, terlalu panjang, dan tidak layak. Selain itu, dengan jumlah karakter yang sedikit, maka pembaca akan lebih mengerti apa yang Anda maksud dari gambar tersebut. Maka dari itu, buatlah judul yang singkat, padat dan jelas.

Memasukkan Kata Kunci

Ya, agar sebuah gambar bisa dioptimasi dengan baik, tentu saja Anda harus memasukkan kata kunci pada image alt gambar tersebut. Jangan sampai melupakan hal ini. Karena tanpa adanya keyword di dalmanya, gambar tersebut tidak akan bisa dioptimasi, dan tidak akan bisa muncul di halaman pencarian Google.

Kompres Gambar

Kompres gambar adalah salah satu cara optimasi SEO image yang bisa mengecilkan ukuran gambar Anda, tapi harus mengorbankan kualitas foto secara signifikan. Untuk bisa mengkompres foto, Anda bisa menggunakan berbagai tools yang tersedia di internet.

Pastikan Gambar Anda Cukup Responsif 

Gambar responsif adalah gambar yang bisa menyesuaikan perangkat yang digunakan oleh pengunjung. Misalnya, jika Anda mengupload gambar dengan resolusi 720p di website. Kemudian ada pengunjung yang membuka website Anda dari perangkat mobile, resolusi gambar secara otomatis menurun jadi 320p. Hal ini akan menjadikan website Anda tetap cepat ketika diakses dari perangkat mobile. Performa SEO Anda juga akan tetap terjaga.

Jangan Memasukkan Semua Keyword Dalam Semua Gambar

Dan satu hal terakhir yang harus Anda ingat adalah, jangan memasukkan semua keyword ke dalam semua gambar di halaman wesite tersebut. Umumnya, dalam sebuah artikel, tidak hanya satu gambar saja yang dimasukkan. Ada beberapa hal lainnya untuk menunjang konten tersebut.

Namun, jika Anda memasukkan kata kunci dalam semua gambar. Pilih satu gambar utama, sesuai dengan isi artikel tersebut.

Hal ini akan terkesan memaksakan dan terlihat tidak estetik.

Penutup

Bukan hanya teks, image atau gambar juga sangat perlu untuk dioptimasi. Dan inilah mengapa SEO image menjadi sangat penting untuk dilakukan. Semoga artikel ini dapat menjawab rasa penasaran Anda tentang cara optimasi alt text.

Mau punya website aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo berlanggan domain dan hosting murah Unlimited sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *