Bagi sebuah website, traffic memang menjadi salah satu hal sanga penting. Dan untuk mendatangkan traffic ke website, salah satu teknik yang lazim digunakan adalah SEO, atau search engine optimization. Strategi SEO yang tepat dapat meningkatkan tingkat traffic pada sebuah website.

Misalnya, sebuah website harus bersaing untuk berada di halaman pertama mesin pencari, dalam hal ini adalah Google. Berada di halaman pertama mesin pencari dipercaya dapat mempengaruhi brand awareness sebuah produk.

Apalagi mempraktikkan SEO tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk menunjangnya, Anda bisa menggunakan SEO tools yang banyak tersedia di internet. Dan salah satu SEO tools yang populer dan cukup efektif digunakan adalah SEMrush.

Pada artikel kali ini, Kami akan membagikan pada Anda, Sobat Unlimited semuanya, tentang apa itu SEMrush, dan panduan lengkap SEMrush untuk pemula. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Apa Itu SEO?

Panduan Lengkap SEMrush Untuk Pemula, Tools SEO Terbaik

Sebelum lebih jauh membahas tentang panduan lengkap SEMrush untuk pemula, mari segarkan ingatan kita tentang SEO, atau search engine optimization. SEO adalah sebuah taktik pemasaran organic yang membantu pemilik website, untuk meningkatkan peringkat sebuah website di mesin pencari. Dengan menggunakan parameter istilah pencarian yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, SEO juga dapat membantu meningkatkan lalu lintas dan konversi.

Bagi Jason Barnard, SEO adalah seni dan ilmu untuk meyakinkan mesin pencari, seperti Google, Bing, dan Yahoo, untuk merekomendasikan konten Anda kepada pengguna, sebagai solusi untuk masalah tersebut.

SEO dapat memberikan lalu lintas organik secara gratis. Anda juga tidak perlu mengeluarka uang sepeserpun untuk pemeringkatan tersebut. Ketika penggguna mengklik hasil pencarian dan mengunjungi website, dan inilah penjelasan SEO secara singkat.

Konsep Dasar SEO

Sudah menjadi keharusan bahwa pengguna menginginkan supaya website terbaik, yang relevan, dengan pencarian muncul di halaman pertama. Karena itulah, mesin pencari selalu menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dituliskan pengguna. Coba bayangkan, website Anda berada di halaman kedua mesin pencari. Tentu traffic yang Anda dapatkan tidak akan sebanyak bila berada di halaman pertama mesin pencari.

Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi SEO:

  • Konten yang menarik dan SEO friendly
  • Struktur navigasi yang mudah digunakan pengunjung
  • User experience
  • Popularitas website

Panduan Lengkap SEMrush Untuk Pemula

Sekarang, mari kita beranjak untuk membahas tentang panduan Lengkap SEMrush untuk pemula. SEMrush adalah tools berbasis online, yang dibuat khusus untuk membantu dalam merencanakan dan melaksanakan upaya SEO dan SEM, serta audit media sosial dan iklan video.

Tool yang satu ini bekerja dengan membuat konten Anda sampai di depan audiens dengan teknik SEO. Selain itu, SEMrush juga akan memberikan insight berdasarkan topik yang paling banyak dicari pada mesin pencari, seperti Google dan Bing.

Fitur SEMrush

Panduan Lengkap SEMrush Untuk Pemula, Tools SEO Terbaik

Ada banyak fitur yang ditawarkan SEMrush agar strategi SEO penggunanya dapat berjalan dengan optimal. Berikut ini adalah fitur SEMrush yang harus Anda ketahui:

1. Riset Kata Kunci

Kalau Anda adalah seorang blogger, sangat penting untuk melakukan riset keyword atau kata kunci. Ya, walaupun di luar sana juga banyak tools lain yang bisa digunakan untuk melakukan riset kata kunci selain SEMrush. Anda dapat melakukan perbandingan dengan indikator yang disajikan oleh SEMrush.

SEMrush dapat mengatur berbagai lalu lintas, volume pencarian, kompetisi, jumlah hasil pencarian, dan lain sebagainya. Semua metrik ini dapat membantu Anda untuk menemukan kata kunci, sehingga dapat meningkatkan lalu lintas pencarian.

2. Analisa Kompetitor

Bisa dikatakan, fitur analisa adalah fitur terbaik yang dimiliki oleh SEMrush. Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan analisa kompetitor dengan lebih mudah. Anda juga dapat menemukan lalu lintas pencarian, kata kunci dengan kinerja paling baik, sumber backlink, dan banyak informasi lainnya.

Setidaknya, ada tiga alasan mengapa Anda harus melakukan analisa kompetitor:

  • Analisa kompetitor aka memberikan dan ide tentang kata kunci apa yang dapat digunakan untuk meningkatkan traffic dari mesin pencari.
  • Memberikan informasi demografi audiens blog atau website Anda.
  • Memberikan ide bagus tentang topik yang sedang trend saat ini.

3. Full Site Audit

Fitur keren lain yang juga dimiliki oleh SEMrush adalah fitur full SEO audit. Fitur ini akan membantu Anda untuk menemukan dan memperbaikan semua masalah yang terkait dengan SEO pada website Anda. Tools full site audit SEMrush memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Memeriksa permasalahan website dengan SEO tools analisis.
  • MEmprioritaskan masalah SEO,dan memutuskan apa yang harus diperbaiki terlebih dahulu.
  • Melacak progress optimasi SEO.
  • Secara keseluruhan, SEMrush adalah tool SEO terbaik yang akan membantu Anda. Tak hanya untuk melihat kompetitor, namun juga meningkatkan traffic pencarian dan juga konversi penjualan.

Harga SEMrush

Setelah mengetahui cara kerja  dan fitur-fitur yang ada di SEMrush, berikut kegunaannya, selanjutnya yang harus Anda tahu adalah, berapa biaya untuk menggunakan SEMrush. SEMrush sendiri memiliki beberapa paket harga. Harga yang harus Anda bayarkan sendiri didasarkan pada tingkatan yang berbeda, dengan target pengguna yang berbeda pula. Berikut ini adalah paket harga SEMrush:

  • SEMrush Pro – $99,35 per bulan / $999 per tahun

Yang pertama adalah SEMrush Pro. Paket ini umumnya digunakan oleh bisnis skala kecil hingga menengah. Fitur yang akan didapatkan antara lain, seperti 5 laporan dalam bentuk PDF, melacak hingga 500 kata kunci, dan 5 proyek. Selain itu, pengguna paket ini juga akan mendapatkan 3.000 laporan harian, menjelajahi 100 ribu halaman website, 12 ribu hasil per laporan, dan lain sebagainya.

  • SEMrush Guru — $199,95 per bulan / $1999,40 per tahun

Paket SEMrush yang satu ini umumnya banyak digunaka oleh media, agensi, dan perusahaan berskala besar. Selain mendapatkan fitur seperti pada SEMrush Pro, Anda juga akan mendapatkan data historis, meramban hingga 300 ribu halaman website, 20 laporan terjadwal. Selain itu melacak sampai 1500 kata kunci, 50 proyek, 5 ribu laporan harian, dan 30 ribu hasil per laporan.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Situs Untuk Belajar Desain Grafis

Bagaimana Mesin Pencari Bekerja?

Panduan Lengkap SEMrush Untuk Pemula, Tools SEO Terbaik

Dalam panduan SEMrush untuk pemula ini, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas sedikit bagaimana cara mesin pencari bekerja. Berikut ini adalah cara kerja mesin pencari:

  • Crawling

Bukan, ini bukan crawling seperti lagu milik band Linkin Park. Crawling adalah proses perayapan yang dilakukan oleh bot pada sebuah website. Tujuannya tak lain agar mesin pencari mengetahui apa saja yang ada di dalam sebuah website.

  • Indexing

Setelah melakukan perayapan, cara kerja berikutnya adalah indexing. Proses ini adalah menampilkan halaman website Anda di halaman hasil mesin pencari.

  • Ranking

Setelah indexing, maka yang terakhir adalah melakukan perankingan. Intinya, mana website yang paling relevan dengan kata kunci apa yang dituliskan oleh pencari,akan menempati posisi teratas di halaman paling depan.

Penutup

SEMrush adalah tools yang sangat powerfull untuk meningkatkan traffic website. Semoga panduan lengkap SEMrush untuk pemula ini bermanfaat untuk Sobat Unlimited.

Mau punya website andal dan cepat? Ayo tunggu apalagi, langganan paket hosting murah Unlimited sekarang juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *