Progressive Web App dibangun dan ditingkatkan dengan API yang modern, dengan berbagai kemampuan yang dimiliki. PWA menghadirkan kemampuan, keandalan, dan kemampuan instalasi sambil menjangkau siapa saja, di mana saja, dan di perangkat apapun yang berbasis kode tunggal. Artikel ini akan memberi tahu kepada Anda, Sobat Unlimited tentang belajar progressive web app.

Belajar Progressive Web App

belajar progressive web app

Untuk dapat membuat web app menjadi sebuah progressive web app ada beberapa checklist yang harus dipenuhi. Yang harus Anda pahami adalah, terdapat dua jenis checklist, yaitu core dan optimal checklist. Checklist-checklist tersebut akan menjadi panduan bagi Anda, agar dapat membuat progressive web app.

Sobat Unlimited, berikut ini adalah checklist-checklist yang harus Anda penuhi.

  1. Core checklist

  • Start fast, stays fast

Perfoma memainkan peran signifikan untuk setiap pengalaman online, karena website berkinerja tinggi melibatkan dan dapat mempertahankan pengguna lebih baik daripada yang berkinerja buruk. Sebuah website harus fokus pada pengoptimalan untuk metrik kinerja yang sangat berpusat pada pengguna.

Mengapa hal ini sangat penting? Karena kecepatan sangat penting untuk menarik pengguna agar menggunakan website Anda. Bahkan seiring dengan waktu, bahkan lebih cepat sedetik saja, dapat meningkatkan probabilitas pengguna hingga sekian persen. Pengguna tak dapat bertanya-tanya, apakah interaksi tersebut terdaftar atau tidak.

Pengguliran animasi akan terasa halus. Kinerja mempengaruhi seluruh pengalaman Anda. Mulai dari bagaimana pengguna memandang aplikasi Anda, hingga tahu kinerja yang sebenarnya.

  • Harus dapat bekerja di semua browser

belajar progressive web app

Checklist yang harus Anda penuhi selanjutnya adalah, website Anda harus dapat bekerja di semua browser. Kenapa bisa demikian? Progressive web app adalah inti dari website. Jadi harus dapat bekerja di semua browser.

Anda harus dapat mempertimbangkan bahwa pengguna Anda akan mengunjungi website Anda dari berbagai perangkat dan browser. Anda tidak bisa hanya menargetkan pengunjung dari satu saluran. Dengan menggunakan fitur pendeteksi, Anda dapat memberikan pengalaman yang dapat digunakan untuk pengguna yang sangat luas. Termasuk mungkin, browser yang belum ada hari ini.

  • Responsif di semua layar

Checklist selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah bahwa website Anda harus dapat dibuka di semua jenis layar. Hal ini karena pengguna menggunakan berbagai perangkat dari berbagai ukuran. Oleh karena itu, penting untuk memastikan konten Anda tidak hanya sesuai dengan viewport, tetapi semua fitur dan dapat digunakan di semua ukuran. Tugas yang ingin diselesaikan pengguna dan konten yang ingin diakses tidak berubah dengan ukuran viewport. Konten dapat di susun ulang dengan view yang berbeda, dan semuanya harus ada di sana.

  • Menyediakan halaman offline khusus

Saat pengguna berada di luar jaringan, dengan menyimpannya di PWA, Anda dapat memberikan pengalaman yang lebih mulus. Dan seperti asli daripada kembali ke halaman daring pada peramban default.

Ini sejalan dengan harapan pengguna yang menginginkan aplikasi yang digunakan dapat terus bekerja, terlepas dari status koneksi mereka. Native app tidak pernah menampilkan halaman kosong saat sedang offline. Dan progressive web app sudah seharusnya tidak menampilkan halaman offline default dari browser.

Memberikan pengalaman luring khusus, baik ketika pengguna melakukan navigasi ke URL yang belum pernah di cache, dan ketika pengguna mencoba menggunakan fitur baru yang memerlukan koneksi. Jga mampu menjembatani kesenjangan native web app dan membuat user experience terasa lebih natural.

  • Mudah diinstal

Pengguna yang dapat menginstal aplikasinya sendiri, akan merasakan interaksi lebih dengan aplikasinya. Menginstal progressive web app tak berbeda dengan menginstal aplikasi lainnya. Ia diluncurkan dari satu tempat yang sama saat pengguna menggunakan aplikasi lainnya. Ia berjalan pada jalurnya sendiri, dan terpisah dari browser, dan memiliki daftar tasking yang hampir mirip.

Dan mengapa Anda harus menginstal PWA memiliki alasan yang hampir mirip dengan yang diatas. Pengguna yang dapat menginstal aplikasi Anda dapat menaikkan engagement dan interaksi lebih baik daripada pengunjung biasa.Dengan engagement yang baik, bukan tidak mungkin akan meningkatkan conversion rate website Anda.

  1. Optimal progressive web checklist

belajar progressive web app

Untuk membuat website progressive yang hebat, Anda membutuhkan lebih dari sekedar core checklist. Optimal progressive web checklist adalah tentang bagaimana membuat PWA Anda terasa seperti native app, dengan keunggulan lebih.

  • Memberikan pengalaman offline

Dimana konektivitas tidak sepenuhnya bisa didapat, sebuah aplikasi harus dapat bekerja normasl saat offlline, seperti halnya saat online. Hal ini karena pengguna berharapa website dapat digunakan secara offline. Misalnya, aplikasi perjalanan harus memiliki rincian perjalanan yang mudah tersedia saat offline.

Tools yang Anda butuhkan antara lain adalah IndexeDB dan sistem penyimpanan NoSQL. NoSQL berguna untuk menyimpan dan mengambil data, sinkronisasi latar belakang yang memungkinkan pengguna mengambil tindakan saat offline, hingga nantinya komunikasi dengan server kembali stabil.

  • Dapat diakses sepenuhnya

Banyak orang ingin sebuat aplikasi website dapat diakses oleh banyak orang. Kempuan manusia untuk berinteraksi dan memahami PWA akan memastikan sebuah web app dapat diakses oleh banyak orang.

  • Mudah ditemukan

Pastikan pengguna dapat menemukan website Anda dengan mudah melalui mesin pencari. Membuat konten Anda dapat ditemukan adalah cara untuk mendapatkan pengunjung yang relevan melihat konten Anda.

Jika mesin pencari kesulitan untuk menemukan konten Anda, berarti Anda telah kehilangan traffic. Agar website mudah ditemukan, Anda harus melakukan optimasi, atau yang dikenal dengan istilah SEO. Anda dapat melakukan audit SEO untuk melihat seberapa baik mesin pencari dapat memunculkan konten Anda.

  • Dapat bekerja dengan baik di semua jenis input penulisan

Dewasa ini, gadget menawarkan berbagai metode input tulisan. Dan pengguna ingin mendapatkan transisi yang mulus saat mereka beralih lintas platform. Metode input tidak boleh bergantung pada ukuran layar. Anda harus memastikan bahwa aplikasi dan semua fitur yang ada di dalamnya mendukung berbagai penggunaan metode input.

  • Memberikan konteks untuk permintaan izin

Saat meminta izin untuk menggunakan API yang kuat, Anda harus memberikan konteks dan hanya mengeluarkannya saat diperlukan saja. API yang terlalu mudah mengeluarkan prompt sengaja dirancang untuk mengganggu pengguna.

Kesimpulan

Belajar progressive web app sangat penting jika Anda menginginkan memberikan user pengalaman pengguna yang menyenangkan saat mengunjungi website Anda. Pengunjung sangat menyukai website yang cepat, mudah diakses, mobile friendly, dan dapat bekerja secara optimal saat pada saat koneksi cenderung lambat.

Ingin membuat website Anda sendiri? Unlimited.ID memiliki paket hosting dengan berbagai fitur yang siap membawa Anda pada pengalaman berbeda dalam mengelola website. Tunggu apalagi, buat website Anda disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *