Di era digital seperti sekarang, ada banyak sekali peluang bisnis yang menjanjikan. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat berkat adanya internet. Namun, bisnis online bukan semata menjual barang saja. Produk dan layanan digital juga bisa sangat menghasilkan. Salah satu bisnis online yang cukup menjanjikan adalah bisnis reseller hosting dan domain. 

Tentu bukan tanpa sebab, kalau bisnis reseller domain adalah bisnis yang menjanjikan. Ya, kamu bisa mendapatkan komisi berkali-kali lipat, dan tak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar. Apalagi, kini, website menjadi kebutuhan banyak orang. Mulai dari mahasiswa, sampai pengusaha, yang ingin meng-onlinekan bisnisnya. Peluangnya sangat terbuka. 

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami mengajak Sobat Unlimited untuk mengenal bisnis reseller hosting. Dan tips sukses menjadi reseller domain dan hosting. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Reseller Hosting? 

Banyak yang bertanya, apa itu reseller hosting? Apakah sama dengan jenis-jenis reseller lain yang selama ini sudah ada? Jawabannya, secara umum sama. Yang membedakan ada produk yang dijual. Reseller hosting adalah sebuah layanan yang menawarkan kesempatan pada pelaku bisnis, untuk menjual kembali layanan hosting dari layanan web service.

Baca Juga : Mengenal CRM Beserta Manfaatnya 

Saat ini, ada banyak sekali pihak-pihak yang menawarkan kesempatan untuk bergabung menjadi reseller hosting dan domain. Yang utama, tentu saja para penyedia layanan domain dan hosting terbaik di Indonesia. 

Ada banyak keuntungan yang kamu ketika terjun berbisnis reseller hosting. Mulai dari modal bisnis yang tidak terlalu besar. Untuk memulai bisnis reseller hosting, tak perlu modal yang terlalu besar yang dibutuhkan. 

Kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Dan ada satu lagi keuntungan yang didapatkan dengan berbisnis reseller hosting. Dengan berbisnis hosting, kamu bisa bebas untuk membuat brand sendiri. Seperti halnya bisnis lain, kamu bisa membuat website yang khusus produk hosting dan domain. 

Ya, bahkan kamu bisa membuat tampilan login dan member area sesuai dengan keinginan. 

Cara Sukses Memulai Bisnis Reseller Hosting 

Bisnis reseller hosting adalah bisnis yang menarik. Potensi pendapatannya menjanjikan, dengan modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Lantas, bagaimana cara memulai bisnis reseller hosting? Berikut adalah cara memulai bisnis reseller hosting yang harus kamu tahu: 

Membuat Website Sederhana

Yang harus diketahui adalah, hosting merupakan tempat di mana kamu akan menaruh segala hal yang berhubungan dengan website. Mulai dari gambar, foto produk, ilustrasi, video, sampai tulisan. 

Hosting berperan untuk menggantikan peran komputer standar. Sehingga, kamu tak perlu mempunyai komputer sendiri dan online selama 24 jam penuh. 

Meskipun demikian, sebelum menjalankan bisnis reseller hosting, tentu kamu harus memiliki sebuah website terlebih dulu. Karena nantinya, website adalah tempatmu untuk memberikan informasi pada konsumen. Sekaligus, menjadi tempat promosi. 

Tak perlu membuat website yang rumit, denga animasi yang terlalu banyak. Kamu cukup membuat website yang sederhana dan mudah dimengerti oleh para pengunjung websitemu. 

Untuk memiliki website, tak harus memahami bahasa pemrograman secara mendalam. Kamu bisa menggunakan CMS seperti WordPress, atau bahkan Google Sites untuk memulai bisnis reseller hosting. 

Menyiapkan Pembelian 

Walaupun tak perlu modal yang terlalu besar, namun ketika akan memulai bisnis reseller hosting kamu tetap butuh yang namanya modal. Modal awal ini penting untuk membeli hosting dan melakukan promosi. 

Namun, ketika sudah memiliki pelanggan, modal yang kamu keluarkan berpotensi cepat mencapai break event point. Dan akhirnya menghasilkan keuntungan. 

Terlebih lagi kalau layanan yang kamu berikan dapat memuaskan pelanggan. Pada kesempatan selanjutnya dan seterusnya, akan tetap menggunakan jasamu. Keuntungan yang kamu peroleh, tentu semakin berlipat. 

Memilih Reseller Hosting Terpercaya

Agar bisnis yang kamu jalankan lancar kedepannya, maka sangat penting untuk mencari penyedia hosting yang terpercaya. Jangan langsung mengambil keputusan dengan menjatuhkan pilihan pada penyedia hosting dengan harga yang murah. Lakukan riset yang detail. Mulai dari kualitas produk, sampai kualitas pelayanannya. 

Baca Juga : Cara Setting W3 Total Cache

Pada umumnya, ada tiga aspek yang yang perlu kamu pelajari dari perusahaan yang mengadakan program reseller hosting. Pertama, tentu dari kualitas layanannya. Apakah sangat baik, cukup baik, atau standar saja.

Kedua, lihat juga apakah ada program lain. Biasanya, dengan menjadi reseller hosting juga sekaligus sebagai reseller domain. 

Yang terakhir, cari tahu kualitas pelayanannya dan juga harga produknya. 

Belajar Cara Menggunakan Hosting 

Setelah membeli hosting, maka langkah selanjutnya adalah belajar cara menggunakan hosting. Setelah sudah mahir menggunakan hosting, kamu bisa benar-benar siap memulai bisnis yang terpercaya. 

Membuat Paket Hosting Sendiri 

Paket hosting yang kamu tawarkan, akan ditentukan oleh tentang siapa target pelangganmu. Pertimbangan utama terletak pada strategi yang kamu terapkan. Umumnya, sebagai reseller hosting, akan susah untuk bersaing dengan penyedia hosting yang sudah besar. Perusahaan hosting besar, sudah pasti memiliki infrastruktur yang lengkap. Seperti ruang disk space, bandwidth, database, dan lain sebagainya. 

Belum lagi jenis hardware dan software yang tersedia. Faktor-faktor inilah yang akan menentukan harga dari paket hosting yang kamu tawarkan. 

Rencanakan Sistem Pendukung 

Kamu harus memerlukan panel kontrol. Ditambah dengan perangkat lunak dan semua hal yang mendukung. Apapun yang kamu pilih, kamu harus memahami sistem yang bertindak sebagai sistem reseller hosting. 

Kamu juga perlu merencanakan support yang kamu tawarkan. Misalnya, pada waktu tertentu memberikan dukungan untuk menangani masalah yang dialami pelanggan. 

Tentukan Persyaratan Layanan 

Setiap penyedia layanan, termasuk reseller hosting, pasti memiliki syarat dan ketentuan. Tentu saja syarat dan layanan ini harus sesuai dengan kebijakan penggunaan yang dimiliki oleh pemilik hosting. 

Melakukan Branding dan Promosi 

Branding dan promosi adalah hal yang penting, untuk menjaga keberlangsungan bisnis reseller web hosting yang kamu jalankan. Salah satu cara promosi yang bisa kamu lakukan adalah dengan meletakkan logo di halaman control pelanggan. 

Ada banyak sekali media dan cara yang bisa digunakan untuk berpromosi. Untuk melakukan branding, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Mulai dari beriklan di media sosial, dari mulut ke mulut, dan lain sebagainya. 

Penutup

Menjadi reseller hosting adalah peluang bisnis yang menjanjikan. Cara menjadi reseller hosting juga tidak terlalu sulit. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Itulah tadi cara sukses menjadi reseller hosting Indonesia. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *