Jika kamu sedang mencari framework PHP yang sedang naik daun saat ini, Laravel bisa menjadi salah satu framework yang bisa kamu pilih. Sama halnya dengan CodeIgniter, framework Laravel memang dirancang khusus untuk memudahkan developer ketika sedang membangun sebuah sistem. Maka itu, sangat penting untuk mengetahui cara install Laravel. 

Karena itu ,pada artikel kali ini, kami mengajak kamu Sobat Unlimited lainnya tentang cara install Laravel. 

Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa itu Laravel? 

Sebelum mengetahui cara install Laravel, mari cari tahu lebih dulu tentang apa itu Laravel. Sebagai salah satu framework yang paling banyak digunakan di dunia, Laravel diciptakan oleh Taylor Otwell. 

Laravel menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). MVC adalah sebuah metode yang digunakan untuk memisahkan bagian pada aplikasi website. Model umumnya berkaitan dengan database. 

Sedangkan View adalah sebuah bagian antarmuka atau interface sebuah web app. Bisa juga apapun yang diproses dalam sebuah sistem yang ditampilkan pada view. 

Untuk controller, lain lagi. Controller adalah sebuah bagian yang berguna sebagai perantara yang menengahi antara model dan view. Sehingga,controller memiliki fungsi selayaknya pengendali dari sebuah sistem. Sama halnya dengan semua framework yang terdapat pada PHP. 

Baca Juga : Plugin WordPress Terbaik dan Gratis yang Bisa Diinstall

Bukan tanpa alasan mengapa Laravel menjadi salah satu framework PHP yang populer. Selain kemudahan penggunaan, faktor lainnya adalah dukungan komunitas dengan dokumentasi yang kaya. Maka tak heran Laravel seperti menggunakan para penggunanya. 

Cara Install Laravel di Windows

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menginstall Laravel. Jika kamu menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama XAMPP dan Composer. Berikut cara install Laravel di Windows menggunakan XAMPP: 

Langkah 1 : Masuk ke Command Prompt

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah masuk ke menu command prompt. Caranya adalah klik Win + R > CMD. Jika sudah, klik Ok. 

Langkah 2 : Masuk ke Folder XAMPP

Sebelum mulai menginstall Laravel, kamu harus mengarahkan Command Prompt atau Terminal menuju direktori file server. Lokasi file server terletak di XAMPP, yang secara default berada pada direktori xampp/htdocs. 

Silakan masukkan perintah di bawah ini ke dialogue box Command Prompt agar bisa masuk ke dalam direktori htdocs. 

 

“Cd \xampp\htdocs”

Langkah 3 : Memulai Proses Instalasi Laravel 

Setelah berhasil masuk ke dalam direktori htdocs, kamu bisa membuat request yang digunakan untuk mengambil data dan menginstall file yang tersedia di repository Github. Kamu bisa menggunakan perintah berikut untuk melakukan request: 

 

“Composer create-project-prefer-dist laravel/laravel nama_project”

Kemudian, Composer nantinya akan menjalankan sebuah proses pengambilan data dan menginstal Laravel ke direktori yang sudah ditentukan. 

Pastikan sambungan internet dalam keadaan yang stabil, agar tidak terjadi gangguan ketika pengambilan data oleh Laravel sedang berlangsung. 

Langkah 4 : Memeriksa Instalasi Laravel di Web Browser 

Setelah proses download Laravel berhasil dilakukan, akan ada folder baru yang muncul di direktori server. Namanya tentu sudah disesuaikan dengan nama yang kamu pilih tadi di folder /xampp/htodcs

Untuk memastikan Laravel telah terinstal dan siap digunakan, silakan masukkan perintah berikut di Command Prompt

“Php artisan server”

Nantinya akan muncul pesan “Laravel development server started” di Command Prompt. 

Maka, langkah selanjutnya adalah membuka link yang telah disediakan oleh Laravel. Secara default, kamu akan diarahkan ke alamat server 127.0.0.1:8000. 

Kemudian, akan muncul sebuah tampilan homepage, dengan tulisan Laravel di bagian tengah. Artinya, proses instalasi Laravel telah selesai. 

Baca Juga : Plugin WordPress Terbaik dan Gratis yang Bisa Diinstall

Cara Install Laravel di Sistem Operasi Linux

Jika kamu adalah pengguna sistem operasi Linux, kamu bisa menginstall Laravel menggunakan Laravel Installer. Namun sebelum itu, pastikan untuk mempertimbangkan beberapa hal, antara lain:

  • Versi php yang terbaru
  •  OpenSSL Php Extension
  • PDO Php Extension
  • Tokenizer Php Extension 
  • XML Php Extension

Setelah semua kebutuhan tersebut terpenuhi, kamu bisa langsung memulai proses instalasi Laravel menggunakan Terminal Linux. 

Di Terminal Linux silakan masukkan perintah sebagai berikut: 

“Composer global require laravel/installer”

Proses ini membutuhkan sambungan internet yang stabil. Kamu hanya perlu menunggu proses instalasi sampai selesai. 

Jika sudah selesai, kamu bisa mengetikkan perintah sebagai berikut untuk memulai proyek Laravel pertama: 

“Laravel new aplikasi_pertama”

Nantinya perintah ini akan menghasilkan folder proyek dengan nama aplikasi_pertama. 

Cara Install Laravel Menggunakan Composer 

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menginstall Laravel adalah dengan menggunakan Composer. Silakan masukkan perintah berikut untuk menginstall Laravel menggunakan Composer: 

 

“Composer create-project -prefer-dist  laravel/laravel  aplikasi_kedua

 

Jika semua proses yang kamu masukkan sudah selesai benar langkahnya, akan muncul tulisan Laravel di monitormu. Ini menandakan bahwa proses instalasi Laravel yang kamu lakukan sudah berhasil. 

Cara Install Laravel 5 di Windows

Untuk menginstal Laravel menggunakan composer, maka kamu harus menginstal composer terlebih dulu. 

Caranya adalah: 

  1. Download composer. 
  2. Jalankan composer.exe yang sebelumnya sudah berhasil di download. 
  3. Selanjutnya lakukan instalasi seperti biasa, hingga masuk ke folder c:\php\php.exe. Bisa juga disesuaikan dengan direktori yang telah kamu buat sebelumnya. Selanjutnya, silakan klik Next
  4. Restart Windows. 
  5. Untuk memastikan composer telah terinstall dengan baik, kamu bisa memeriksanya, caranya adalah dengan memasukkan perintah composer -v di Command Prompt. 

Selanjutnya, kamu bisa memulai install Laravel menggunakan Composer. 

Langkah 1 : 

Masuk ke direktori tempatmu menyimpan proyek tersebut. 

Langkah 2 : 

Bukalah command promt. Caranya dengan klik Shift + Klik kanan > Open command window here

Langkah 3 : 

Setelah terbuka, silakan masukkan perintah: 

Composer create-project -prefer-dist laravel/laravel latihan-laravel. 

Yang dimaksud dengan -prefer-dist adalah versi Laravel yang direferensikan. 

Tunggulah proses instalasinya hingga selesai. Nantinya akan muncul direktori dengan nama folder proyek yang tadi telah kamu buat. 

Baca Juga : Cara Setting W3 Total Cache

Penutup

Bagi para pengembang website, PHP adalah salah satu bahasa pemrograman sisi server yang paling banyak digunakan. Dan salah framework yang sangat cocok untuk PHP, tak lain adalah Laravel. Semoga dengan artikel ini, Sobat Unlimited mendapatkan pemahaman tentang cara install Laravel. Dengan instalasi yang mudah, bukan tanpa alasan kalau kemudian Laravel menjadi sedemikian populer.

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *