Ketika ingin membuat sebuah website, pemilihan content management system menjadi sebuah langkah yang sangat penting. Terlebih jika kamu adalah orang yang masih pemula dalam dunia IT, khususnya website building. Kalau ini adalah website pertamamu, pilihlah CMS yang akan memudahkanmu bekerja dalam mengelola sebuah situs.

WordPress adalah sebuah CMS yang terhitung mudah dipelajari, bahkan oleh pengguna pemula sekalipun. CMS besutan Automattic ini memiliki dukungan komunitas yang sangat besar. Dan salah satu tempat untuk menginstal WordPress adalah Softaculous. 

Softaculous adalah alat auto installer yang ada di hosting dan berfungsi untuk mempermudah pengguna saat melakukan instalasi content management system, juga beragam aplikasi website yang bersifat open source, atau sumber terbuka. Dengan softaculous, aplikasi akan secara otomatis terinstal dan sebagai pengguna tak perlu melakukan instalasi secara manual. Softaculous menjadi hal yang akrab bagi mereka yang berkecimpung di dunia website. Umumnya, saat sudah berlangganan hosting dan ingin menginstal sebuah aplikasi, banyak yang menyarankan untuk menggunakan Softaculous. Misalnya, menginstal WordPress

Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan kamu, Sobat Unlimited, tentang cara install WordPress menggunakan Softaculous. Jadi, baca artikel ini sampai selesai ya. 

Apa Itu Softaculous? 

 

Softaculous adalah auto installer yang berada di dalam panel hosting. Dikutip dari situs resmi Softaculous adalah auto installer terbaik dengan adanya 4444 lebih script, 1115 class PHP, dan masih banyak lagi yang lainnya. Softaculous sangat ideal bagi penyedia layanan web hosting karena sifatnya yang mempermudah pengguna. Pengguna bisa melakukan instalasi hanya dengan sekali klik saja.

Tentu tak hanya itu saja kemampuan Softaculous. Selain mempermudah proses instalasi software, tools ini bisa mengatur data login admin, mengatur konfigurasi web server, hingga melakukan proses backup. Dengan Softaculous, kamu juga bisa melihat fitur, tampilan aplikasi, rating, serta review dari pengguna. 

Cara Install WordPress Menggunakan Softaculous

Lantas, bagaimana cara install WordPress menggunakan Softaculous? Berikut ini adalah cara install WordPress menggunakan Softaculous: 

Langkah pertama : Login ke halaman cPanel

Setelah login ke cPanel, klik menu Softaculous yang terdapat pada kotak kategori Software/Services

Langkah kedua : Temukan Logo WordPress

Kemudian, kamu akan diarahkan ke halaman utama Softaculous. Agar dapat menginstal WordPress, silakan klik logo WordPress yang terletak di halaman utama Softaculous. 

Langkah ketiga : Bersiap Melakukan Instalasi 

Setelah mengklik logo WordPress, kamu akan diarahkan ke halaman overview instalasi WordPress. Di halaman ini, kamu bisa melakukan pengecekan sebelum menginstal WordPress. Mulai dari apakah space hosting yang kamu miliki masih cukup atau tidak untuk melakukan instalasi. 

Baca Juga: Langkah Membeli Tema WordPress di Themeforest

Untuk melakukan pengecekan, kamu bisa melihatnya di kolom Space Required. Yang harus kamu ingat adalah, Available Space harus lebih besar daripada Required Space. Jika semua persyaratan telah terpenuhi, kamu bisa melanjutkan instalasi. Silakan klik Install

Langkah keempat : Setting Aplikasi CMS

Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman pengaturan CMS. Ada beberapa kolom yang harus kamu isi. Yang pertama adalah kolom Choose Domain. Kalau kamu ingin melakukan instalasi WordPress untuk domain utama, maka tak perlu mengubah isiannya. 

Tetapi kalau kamu ingin menginstalnya di subdomain atau addon domain, maka kamu bisa melakukan penyesuaian dengan mengklik subdomain/domain manakah yang ingin diinstall. 

Setelah itu, isi kolom lainnya, sesuai dengan kebutuhanmu. Setelah isian dirasa cukup, silakan klik Install untuk melakukan instalasi WordPress. Tunggulah sampai proses instalasi benar-benar selesai. 

Langkah kelima : Post Installation Overview

Setelah angka progres instalasi menunjukkan angka 100%, kamu akan diarahkan ke halaman Post Installation Overview. Silakan klik Return to Overview untuk kembali ke halaman Softaculous. 

Keuntungan Menggunakan WordPress

Salah satu alasan yang menjadikan WordPress sangat populer adalah kemudahan penggunaan yang ditawarkannya. Kamu dapat menginstal WordPress di hosting dalam hitungan menit. Sebagian besar pengembang website memiliki fitur one click install, yang akan memandu pengguna ketika instalasi WordPress. Kemudian, setelah WordPress terinstal dan mulai aktif, pengguna akan langsung disambut dasbor yang intuitif. 

Berikut adalah daftar keuntungan yang ditawarkan WordPress pada para penggunanya: 

Kemudahan Mengelola Website

WordPress akan memudahkan pengguna untuk melakukan pembaruan pada setiap aspek website. Mulai dari tema hingga plugin, semuanya bisa dilakukan hanya beberapa kali klik dari dasbor. Memperbarui elemen website akan menghindarkan masalah keamanan yang mungkin akan muncul di kemudian hari. WordPress juga dapat melakukan optimasi SEO berkat kehadiran plugin seperti Yoast SEO. 

Optimasi Kecepatan yang Dapat Diandalkan

WordPress menawarkan kinerja yang luar biasa. Tetapi jika kamu menggunakan terlalu banyak plugin, pemilihan tema yang buruk, dan gagal mengoptimalkannya dengan benar, maka kecepatan website akan menurun.

WordPress adalah tipikal CMS yang sangat mudah dioptimasi. Misalnya optimasi gambar, menggunakan plugin caching, dan pemilihan hosting terbaik. Penggunaan tema yang berkualitas bagus, juga dapat memberikan pengaruh yang besar pada peningkatan kecepatan website. 

Faktor Keamanan 

Pada dasarnya, WordPress adalah CMS yang sangat aman. Namun, lazimnya, pengguna WordPress sering bereksperimen. Salah satunya adalah menginstal plugin dan tema yang diciptakan pihak ketiga. Eksperimen ini bisa saja menciptakan celah keamanan. WordPress memiliki piilihan plugin dan tema yang sangat beragam. Sehingga selalu ada kemungkinan pengguna memasang theme dan plugin dengan kualitas yang buruk. Untuk mengatasi kerentanan tersebut, pengguna harus mengupdate sistem keamanan website WordPress secara berkala. 

WordPress Menawarkan Fleksibilitas 

WordPress memiliki banyak sekali pilihan tema dan plugin. Pengguna tak hanya akan menemukan plugin dan tema gratis, tetapi juga yang premium. Versi premium umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus dan memiliki dukungan yang lebih baik dari pengembang. 

Dengan tema dan plugin yang variatif, Anda kamu membuat website sesuai keinginan dengan lebih mudah. 

Hemat Biaya

Selain hosting dan nama domain, dengan WordPress, kamu dapat dengan cepat membangun website yang profesional dengan tema dan plugin yang banyak sekali versi gratisannya.

Dukungan Komunitas Pengguna yang Besar

Salah satu hal yang membuat WordPress besar adalah komunitas pengguna yang besar. Dan tentu ada banyak keuntungan jika sebuah tools memiliki komunitas pengguna yang besar. Misalnya kalau kamu mengalami masalah dengan website WordPress. 

Baca Juga: Kumpulan Website Untuk Belajar Desain Grafis

Biasanya, salah satu langkah yang dilakukan adalah mencari solusi dari masalah tersebut di internet. Dukungan komunitas yang besar dari WordPress akan sangat membantu, sekaligus akan sangat meningkatkan keterampilan pengguna dalam satu waktu.

Penutup

Sebagai salah satu CMS terpopuler di dunia, WordPress menawarkan kemudahan bagi para penggunanya. Pun termasuk cara install WordPress menggunakan Softaculous yang sangat mudah. 

Bagaimana, cukup mudah bukan, cara install WordPress menggunakan Softaculous? 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *