Bagi seorang pebisnis, memiliki website berkualitas merupakan salah satu kebutuhan yang sangat mendesak. Ya, bagaimana tidak, situs website bagi seorang pebisnis tak hanya berguna untuk menampilkan informasi seputar bisnis yang sedang dijalankannya. Namun lebih dari itu, situs website dapat digunakan sebagai tempat terbaik untuk mengenalkan pada khalayak, tengan bisnis yang sedang kamu jalankan.

Pengunjung harus bisa mengakses website Kamu dengan mudah. Maka, ketika akan membuat website untuk mengenalkan bisnis, kamu tak hanya harus memilih penyedia jasa domain dan hosting terpercaya, tetapi juga memilih tema terbaik untuk website. Dan kalau membicarakan tema WordPress, salah satu theme store yang bisa dikatakan cukup populer adalah Themeforest. Adakah kamu pernah mendengar nama ini? 

 Kalau kamu sudah melakukan aktivitas ngeblog dalam waktu yang lama, tentu sudah pernah mendengar nama theme marketplace yang satu ini. Tetapi, jika kamu adalah blogger pemula yang masih asing, baiklah, kami akan mengajakmu untuk mengenal lebih dekat Themeforest. 

Pada artikel kali ini, selain mengenal lebih dekat Themeforest, kamu juga harus tahu bagaimana cara membeli tema di Themeforest, dan menginstal tema yang sudah dibeli di Themeforest di WordPress. Jadi, Sobat Unlimited, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Themeforest Itu, Apa Sih? 

Sebagai gambaran, Themeforest adalah sebuah template marketplace yang menjual lebih dari 40 ribu tema yang bisa dibeli mulai dari harga $2 saja. Ada banyak tema yang bisa kamu temukan. Beragam tema yang bisa kamu pilih bisa disesuaikan dengan project yang sedang kamu lakukan saat ini. Mulai dari tema corporate, magazine, agency, hingga tema untuk website jenis forum. 

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2008, Themeforest adalah theme marketplace untuk WordPress yang paling populer di dunia. Themeforest sendiri adalah bagian dari Envato Market. Envato juga merupakan induk dari plugin marketplace yang juga sangat populer di WordPress, yaitu Code Canyon. 

Baca Juga : Memahami Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Sebagai catatan untuk kamu yang ingin membeli tema WordPress di Themeforest semua transaksinya menggunakan mata uang UD Dollar. 

Tips Membeli Tema Di Themeforest

Themeforest menjual lebih dari 40 ribu tema WordPress. Tentu, ini sangat banyak dan dapat membingungkan memilih tema yang harus dibeli. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba ketika ingin membeli tema di Themeforest: 

Pilih Tema yang Dibeli Banyak Orang

Tema yang bagus, tentu saja adalah tema yang laris. Semakin laris, bisa diartikan bahwa tema tersebut memang cukup bagus. Untuk menemukan tema terlaris, kamu bisa menggunakan filter pencarian “Most Popular Theme”.

Pilih Tema yang Rutin Mendapatkan Update Developer

Biasanya, developer secara rutin memberikan update pada tema miliknya. Setidaknya 2 bulan sekali. Dengan memberikan update rutin, berarti pengembang memang niat untuk mengembangkan tema tersebut untuk mengikuti tren. Hindari memilih tema yang jarang diupdate oleh pengembangnya. 

Memiliki Dokumentasi yang Baik

Untuk orang awam, sangat penting untuk membaca tutorial agar bisa memaksimalkan fitur yang ada di sebuah tema. Dengan dokumentasi tema yang baik, kamu bisa memodifikasi tema sesuai dengan keinginan. 

Memiliki Support yang Baik 

Salah satu tema yang bagus adalah tema yang di support dengan baik oleh pengembangnya. Support yang bagus penting agar, ketika terjadi masalah dengan tema tersebut, kamu bisa mendapatkan solusi atas permasalahan itu. Umumnya pengembang memiliki forum khusus untuk berdiskusi terkait masalah tentang sebuah tema. 

Pilih Tema dengan Rating yang Bagus

Semakin bagus sebuah tema, biasanya memiliki rating yang bagus. Semakin bagus sebuah tema tentu akan memberikanmu keyakinan lebih untuk memilih tema tersebut. 

Memiliki Fitur yang Memang Dibutuhkan

Sebelum membeli tema, sangat penting untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh blogmu. Karena setiap tema memiliki fitur yang unik. 

SEO Friendly

Dengan memilih tema yang SEO friendly, akan memudahkan pekerjaanmu untuk bersain di halaman hasil pencarian. 

Cara Membeli Tema WordPress di Themeforest

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membeli WordPress di Themeforest: 

Langkah 1: Buka Themeforest

Untuk membeli tema di Themeforest, silakan masuk ke website Themeforest. Kamu bisa mengaksesnya dari sini. 

Langkah 2: Memilih Kategori Tema WordPress

Selanjutnya, silakan memilih kategori tema yang diinginkan. Themeforest sendiri sudah mengelompokkan kategori tema dengan sangat detail. Di bagian ini, kamu bisa memilih kategori tema apa dibutuhkan, untuk website yang sedang kamu kerjakan. Misalnya, kalau kamu ingin membuat blog pribadi, bisa memilih kategori Blog/Magazine. 

Langkah 3: Pilih Tema yang Diinginkan

Ada banyak sekali tema yang ditawarkan. Karena itu kamu harus jeli ketika memilih. Ada baiknya untuk memilih tema yang laris dan memiliki review yang bagus. 

Langkah 4: Memilih Opsi Pembelian, Reguler atau Extended

Kalau kamu ingin membeli lisensi untuk satu blog saja, cukup memilih opsi “Regular License”. Jika memilih lisensi reguler, kamu akan mendapatkan support teknis untuk 6 bulan kedepan. Sedangkan jika menginginkan support lebih lama, hingga 12 bulan, kamu bisa menambah $17,63. Setelah itu, silakan klik “Add to Cart”. 

Langkah 4: Review Pembelian

Kemudian, lakukan review pembelian. Lihat dengan teliti rincian order yang telah kamu buat. Setelah itu, silakan lanjut ke “Go to Checkout”. 

Langkah 5: Buat Akun Envato

Sebelum melakukan pembayaran, kamu harus membuat akun Envato terlebih dulu. Silakan klik menu “Create Account”. Akun Envato ini berlaku dan dapat digunakan di seluruh produk di ekosistem Envato. 

Baca Juga : Mengenal Aplikasi CRM Beserta Fungsinya

Jika sudah memasukan semua informasi yang dibutuhkan, seperti nama depan, nama belakang, dan email, silakan klik “Next”. Selanjutnya adalah memilih username dan password. 

Masukkan username yang kamu inginkan. Jangan lupa juga untuk membuat password yang kuat. Jika sudah, silakan klik “Create Account & continue”. 

Langkah 6: Masukkan Informasi Billing

Isi alamat penagiha sesuai dengan alamat kamu. Lalu klik “Save & Continue”. Kemudian, silakan pilih metode pembayaran. Themeforest sendiri menyediakan 3 opsi metode pembayaran. Yaitu menggunakan Visa/Mastercard, Paypal, dan Skrill. Ketiga metode pembayaran tersebut akan dikenakan biaya tambahan sebesar $2. 

Jika pembayaran berhasil, kamu akan dialihkan ke halaman “Payment Complete”. Selamat, kamu sudah berhasil membeli tema WordPress di Themeforest. Langkah selanjutnya adalah proses instalasinya. 

Cara Install Tema WordPress Manual

Di bagian sebelumnya sudah dijelaskan cara membeli tema WordPress di Themeforest. Sekarang saatnya melakukan instalasi. Instalasi ini dilakukan secara manual karena tema yang digunakan adalah tema premium. Berikut cara install tema WordPress secara manual: 

  1. Dari halaman dashboard, silakan klik Appereance > Themes.
  2. Klik tombol Add New untuk mengakses direktori tema WordPress. 
  3. Klik Upload Theme di bagian paling atas halaman. 
  4. Pilih tombol Choose File dan cari tema yang telah kamu simpan. 
  5. Klik tombol Install Now untuk menginstal tema. 
  6. Kemudian akan terbuka halaman baru dan kamu akan diberi tiga pilihan: 
  • Live Preview. Dengan fitur ini, kamu bisa melihat tampilan tema pada website. 
  • Activate. Instalasi selesai dan tema diaktifkan. 
  • Return to Theme Installer. Pilihan ini untuk kembali ke halaman sebelumnya. 

Jika sudah sesuai, silakan klik tombol Activate untuk menyelesaikan instalasi. 

Penutup 

Dan pemilihan tema yang tepat di Themeforest, kamu bisa menyampaikan pesan komersial pada pengunjung. Semoga dengan artikel ini dapat membantumu yang belum tahu cara membeli tema WordPress di Themeforest. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *