Sobat Unlimited, tentu Anda pernah mendengar Weebly bukan? Weebly adalah salah satu platform yang dipakai untuk membuat blog atau website secara gratis. Weebly sangat cocok untuk Anda yang menginginkan hal yang mudah dan praktis saat meembangun sebuah blog atau website. Dan bagi Anda yang tidak memiliki latar belakang dunia pemrograman dan coding. Artikel ini akan secara mendalam menjelaskan kepada Anda, pembaca Unlimited, cara membuat blog di Weebly.

Cara Membuat Blog di Weebly

Cara Membuat Blog di Weebly

Meskipun mudah untuk digunakan, Weebly sebagai sebuah website builder mempunyai berbagai fungsi dan fitur yang baik dan terintegrasi. Baik sebagai blog atau bahkan toko online. Karena itu tak heran, tak sedikit blogger pemula menggunakan Weebly sebagai platform untuk menampilkan konten yang profesional.

Agar memperjelas, berikut ini adalah cara membuat blog di Weebly:

Langkah 1: Membuat Akun

Pertama kali yang harus membuat akun di Weebly. Anda bisa langsung menuju ke Weebly.com Setelah itu, klik “Get Started”, baik di sudut kanan atau kiri bawah. Selanjutnya, Anda bisa menuliskan nama, email, dan kata sandi baru. Setelah itu klik daftar, kemudian Anda akan dibawa ke halaman pertanyaan tentang website apa yang ingin Anda buat. Hanya situs web saja, atau web dengan toko online. Tidak menambah toko online pun tidak masalah, Anda bisa menggantinya nanti.

Langkah 2: Memilih Tema

Kemudian, langkah yang harus Anda lakukan adalah memilih tema untuk blog Weebly Anda. Weebly memiliki sekitar 50 jenis tema, dan hamper semuanya gratis. Karakteristik tema Weebly adalah modern, simple, dan responsive, serta mobile friendly. Dan tidak seperti platform blog lainnya, Anda bisa mengubah template kapan saja dan tidak dibatasi pilihan.

Weebly menawarkan beberapa opsi, tergantung industry yang Anda pilih. Opsi template ini adalah apa yang dilihat pengunjung Anda terlebih dahulu. Anda bisa memberikan tombol CTA (Call to Action) yang jelas, seperti “Pesan Sekarang”, misalnya.

Langkah 3: Memilih Domain

Cara Membuat Blog di Weebly

Sebelum mulai mengedit, Anda bisa segera memberi nama domain untuk blog Anda. Nama situs Anda muncul di alamat situs website Anda atau nama domain. Weebly akan meminta Anda untuk mengetikkan nama domain. Anda bisa mendapatkan nama domain dengan memilih subdomain Weebly. Sehingga situs website Anda akan berakhiran .weebly.com. Dan tak perlu khawartir, Anda tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk subdomain Anda.

Untuk mendapatkan domain khusus, Anda harus untuk mengupgrade ke paket berbayar. Keuntungan menggunakan domain khusus akan membuat website Anda dapat tampil lebih profesional, mudah diingat, dan menarik.

Terdapat tiga opsi pada bagian Set Up domain dari domain untuk Anda dipilih. Berikut inilah adalah pilihan opsi tersebut:

  • Find Custom Domain

Opsi ini akan bisa menambahkan domain langsung dari Weebly. Tapi untuk melakukan hal itu, Anda harus melakukan upgrade ke paket premium. Dengan memililh opsi ini, seklaigus berarti Anda berlangganan hosting di Weebly.

  • Use Domain I Own

Anda dapat menggunakan domain dan hosting yang sebelumnya sudah terbeli. Opsi ini memberi Anda fleksibilitas karena bebas memilih ekstensi domain dan paket hosting sesuai kebutuhan.

  • Use a Weebly Subdomain

Anda juga bisa menggunakan Weebly secara gratis saat memilih opsi ini. Hanya saja, alamat domain Anda akan menggunakan ekstensi .weebly.com. Alamat domain ini tak bisa diubah dan akan sulit bersaing di hasil pencarian mesin pencarian Google.

Langkah 4: Desain Website

Desain website menjadi pasti salah satu cara membuat blog Weebly Anda menjadi lebih menarik. Bagi Anda yang memang menyukai desain ataupun yang masih dalam tahap belajar. Inilah yang menjadikan Webbly sedemikian unik.

Weebly akan memanjakan Anda dengan tampilan yang aduhai. Tak perlu memiliki skill desain atau pengetahuan web yang bagus sekalipun. Ada empat macam elemen desain yang ada di Weebly. Berikut ini adalah keempat elemen tersebut:

  • Page: Elemen dalam bentuk halaman di Blog.
  • Section: Berisi beragam elemen yang dipakai untuk mengisi halaman blog.
  • Item: Opsi khusus yang dipakai untuk menambahkan sebuah item atau produk.
  • Category: Elemen kategori yang dipakai untuk mengumpulkan beberapa item dalam satu topik yang sama.

Hal yang bisa Anda desain di Weebly antara lain:

  • Mengedit Text Box
  • Background
  • Menambah elemen
  • Menambah halaman baru
  • Mengubah warna
  • Menambah layout baru
  • Menghapus section

Langkah 5: Menambah Apps

Hampir sama dengan platform blog dan website lainnya, Anda juga bisa menambahkan apps atau jika di platform lain seperti WordPress dikenal dengan plugin. Weebly apps berguna untuk menambah fitur dan meningkatkan performa dari blog. Anda. Sebagai pengguna, Anda tak perlu repot karena Weebly telah mengelompokkan apps berdasarkan kategori tertentu.

Kategori Apps di Weebly antara lain Communication, Ecommerce, Marketing, Social, dan Site Tools & Feature. Menariknya lagi, di apps Weebly tersedia penjelasan fungsi dari apps tersebut sebelum Anda menambahkannya. Dengan hal ini, Anda bisa menemukan apps yang tepat sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Langkah 6: Menambahkan toko online

Cara Membuat Blog di Weebly

Seperti yang tertulis di awal, meskipun tidak menambahkan opsi website beserta toko online, Anda tetap bisa menambahkan toko online di kemudian hari. Tak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk bisa memiliki toko online di Weebly. Untuk menambahkan toko online, Anda hanya perlu klik menu Store di dasbor.

Setelah itu akan muncul menu utama pengaturan toko online. Yaitu Items, Order, Coupons, Store Email, dan Setup.

Langkah 7: Memilih Paket

Mari asumsikan Anda telah menjajal semua fitur di Weebly dan kemudian Anda ingin mencoba fitur premiumnya. Anda bisa mengklik tomnol Upgrade untuk mengetahui fitur berbayar di Weebly. Setelah mengklik tombol Upgrade, akan muncul taab baru yang menampilkan daftar fitur premium.

Langkah 8: Meluncurkan Blog Weebly

Setelah semua desain visual dan konten yang telah Anda siapkan telah beres, Anda tinggal meluncurkan website untuk online dan bisa diakses banyak orang. Terdapat du acara untuk melucurkan blog Weebly Anda. Pertama, dari Dashboard > Publish your website. Dan kedua, dari Edit Webiste > Publish. Du acara ini sama-sama akan membawa Anda ke pop up Setup Domain.

Selesaikan pengaturan tersebut seusai keinginan, dan website Anda bisa diakses secara online.

Sobat Unlimited, demikianlah artikel tentang cara membuat blog di Weebly. Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar cara membuat blog di Weebly, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Atau jika menginginkan informasi seputar layanan Unlimited, silakan hubungi tip support kami yang siap melayani Anda sepenuh hati. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *