Saat ini membuat blog atau website bukan lagi menjadi monopoli orang-orang yang ahli di bidang komputer semata. Berkat majunya teknologi digital, kini, orang yang bahkan tak memahami dunia pemrograman. Anda bisa mengkomunikasikan banyak hal. Bisa sekedar isi pikiran, atau mungkin memasarkan produk dan membuat pengikut Anda selalu update dengan apa yang menjadi konten utama Anda. Karena itulah, banyak orang yang ingin mencari tahu cara membuat blog.

Blog dapat membantu Anda untuk memberikan informasi, mengdukasi, dan mempromosikan serta menjual. Beberapa alasan mengapa banyak orang membuat website antara lain: untuk meningkatkan keterampilan menulis, membangun keahlian, membangun jaringan, dan bukan tidak mungkin menghasilkan uang dari blogging. Sobat Unlimited, artikel ini akan membahas secara mendalam cara membuat blog dan mengoptimasinya.

Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog

Setidaknya terdapat enam langkah yang dibutuhkan sebagai cara membuat blog. Mulai dari menentukan niche blog, pemilihan platform blog, memilih hosting, menentukan nama domain dan bagaimana cara mengoptimasinya. Berikut ini adalah cara membuat blog untuk pemula:

Langkah 1: Memilih Niche yang Tepat Untuk Blog

Sebelum Anda mempelajari cara memulai blog yang sukses, terlebih dahulu Anda harus menentukan niche atau kategori blog Anda. Anda harus mengetahui cara bagaimana membuat blog yang menguntungkan, dan mencari tahu siapa yang akan menjadi pembaca ideal Anda. Singkatnya, niche adalah topik yang paling sering Anda tulis di blog Anda.

Cara Memilih Niche Untuk Blog Anda

Agar blog Anda sukses dan memiliki banyak pengunjung, Anda harus memilih niche yang tepat untuk menjadi yang nomor satu di niche tersebut. Dalam usaha memilih niche yang tepat, harus bisa memposisikan blog Anda berbeda dengan blog kompetitor. Ada banyak topik atau niche yang bisa Anda angkat. Mulai dari traveling, kuliner, parenting, pemasaran, gadget, teknologi, dan masih banyak lagi lainnya.

Langkah 2: Memilih platform blog

Setelah menentukan tema apa yang Anda pilih, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih platform blog terbaik. Platform blog akan menjadi media yang akan Anda gunakan untuk mengelola blog. Mulai dari cara mengelola blog, hingga cara mengoptimasinya. Saat mulai memilih platform blogging, Anda bisa memilih dua jenis: platform gratis dan self hosted.

Free Platform

Bagi banyak blogger pemula, ketersediaan platform blogger gratisan seperti WordPress.com. Blogger, atau Tumblr merupakan hal yang sangat menggoda. Memang, Anda bisa tetap menyertakan nama Anda pada platform blog gratisan tersebut. Hanya, akan ada banyak batasan dan peraturan yang Anda dapatkan. Bisa saja Anda bisa menghasilkan uang dari blog. Namun, mereka dapat membatasi atau melarang iklan di blog. Bahkan penyedia blog gratisan tersebut dapat menempatkan iklan mereka sendiri di blog Anda. Jika Anda memang serius untuk blogging, Anda bisa berpindah dari penyedia blog gratisan.

Self Hosted

Platform self host memungkinkan Anda untuk menjalankan blog menggunakan domain Anda sendiri. Selain mendaftarkan domain pada registrar domain dan hosting, Anda bisa dengan leluasa menjalankan blog Anda.

Ada beberapa pilihan self hosting atau content management system yang bisa Anda jadikan opsi. CMS yang paling populer adalah WordPress.org. Opsi self hosting karena Anda menggunakan nama domain dan hosting Anda sendiri.

Langkah 3: Memilih Hosting Terbaik

Cara Membuat Blog

Untuk mendapatkan semua potensi dari blog Anda, pemilihan hosting menjadi sangat penting. Ada banyak opsi diluar sana yang bisa Anda pilih. Berikut ini adalah tips untuk memilih hosting terbaik:

  • Memiliki Reputasi yang bagus.
  • Berani Menggaransi Uptime 99%.
  • Pilihan paket yang variative
  • Memiliki tim support yang bagus
  • Harga yang kompetitif
  • Memiliki opsi keamanan yang memadai

Langkah 4: Memilih Nama Domain yang Tepat

Selain hosting, memilih nama domain menjadi bagian integral untuk membangun blog terbaik. Domain berfungsi sebagai alamat website Anda agar orang banyak bisa dengan mudah mengakses website di browser. Berikut ini adalah tips untuk memilih nama domain terbaik:

  • Pilih nama domain yang singkat
  • Hindari penggunaan angka dan tanda hubung
  • Buat nama domain yang mudah dieja

Langkah 5: Install WordPress.org

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menginstal WordPress.org. Jika Anda membeli hosting di Unlimited, Anda tidak perlu untuk menginstal WordPress secara manual. Anda bisa menggunakan fitur One Click Script Installs. Dengan fitur ini, Anda bisa dengan mudah mlakukan instalasi menggunakan pakert script dari softaculous.

Cara Optimasi Blog

Cara Membuat Blog

Langkah membuat blog Anda belum selesai sampai disini. Langkah yang Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan optimasi dan menjadikan blog Anda bisa berada di peringkat teratas halaman pencarian.

  • Mempelajari SEO

Blog dan SEO tidak dapat dipisahkan. Saat Anda memutuskan untuk membuat website blog, mau tak mau Anda harus mempelajari SEO atau Search Engine Optimization. SEO berperan untuk membantu menghasilkan konten berkualitas untuk bisa duduk di peringkat teratas hasil pencarian. Dengan rangking yang semakin bagus, blog Anda akan semakin dikenal dan mudah dipercaya.

  • Meningkatkan Kecepatan Blog

Loading time memegang peranan penting untuk meningkatkan traffic. Pengunjung blog tidak suka dengan blog yang memiliki loading time lambat. Semakin cepat blog Anda, semakin bagus penilaian Google terhadap blog Anda.

  • Optimasi Mobile Friendly

Sobat Unlimited, tahukah Anda bahwa Google sangat menyukai blog yang mobile friendly? Optimasi untuk mobile ini bergitu penting karena di masa kini mayoritas orang mengakses internet menggunakan perangkat mobile.

  • Riset kata kunci

Mengapa riset kata kunci sangat penting? Riset kata kunci dapat membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk blog Anda. Anda bisa membuat konten berdasarkan kata kunci yang banyak dicari oleh calon pembaca. Untuk membantu memahami perilaku pembaca, Anda bisa menggunan Google Analytics.

Sedangkan untuk memonitor performa blog di ranah pencarian organik, Anda bisa menggunakan Google Search Console. Dan kedua tools tersebut bisa Anda gunakan secara gratis.

  • Membangun backlink berkualitas

Salah satu unsur penting dari blog adalah backlink. Backlink adalah tautan yang terpasang di sebuah web atau blog yang mengarah ke blog Anda. Membangun backlink penting dilakukan untuk menjaga reputasi blog Anda di Google.

  • Mempromosikan Blog Anda

Mempromosikan blog adalah langkah penting yang harus lakukan untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung. Salah satu cara jitu untuk mempromosikan blog Anda adalah membagikan setiap postingan Anda ke media social. Ya, media social adalah platform terbaik saat ini. Tapi tak hanya melalui media social, ada beberapa cara lain promosi yang Anda lakukan untuk mempromosikan blog Anda.

Proses membuat blog hingga melakukan optimasi merupakan sebuah proses yang panjang dan melelahkan. Terlebih jika Anda menginginkan blog berada di peringkat teratas halaman pertama mesin pencari Google. Namun, dengan langkah Anda membuat blog, ini merupakan next step level.

Sobat Unlimited, demikianlah cara membuat blog dan cara optimasinya. Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar layanan Unlimited, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *