Pada masa kini, manusia semakin dimudahkan dengan adanya teknologi. Bisa dibilang, setengah persoalan manusia modern dapat terbantu dengan hadirnya teknologi modern. Salah satu dampak teknologi yang paling terasa adalah cara orang mencari kerja. Ya, meskipun bukan hal yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan di masa kini, faktanya semakin mudah orang untuk mencari lowongan kerja lewat web lowongan kerja.

Dengan adanya web lowongan kerja, proses melamar kerja yang pada zaman dulu cukup riber karena hanya bisa menggunakan surat, kini bahkan bisa dilakukan sambil rebahan di tempat tidur atau ketika sedang makan di warteg. Anda juga tidak akan direpotkan untuk mengirim lamaran kerja dengan mendatangi langsung perusahaan incaran.

Sebagai imbasnya, kini kita dengan mudah menemukan berbagai website yang khusus menyediakan informasi lowongan kerja. Dari yang punya tampilan mewah dengan menu di sana-sini, hingga web lowongan kerja yang terkesan minimalis.

Lantas, bagaimana cara membuat web lowongan kerja yang bagus? Sobat Unlimited, pada artikel ini ,kami akan membagikan pada Anda bagaimana cara membuat web lowongan kerja dalam lima langkah mudah. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Cara Membuat Web Lowongan Kerja

Berikut ini adalah cara membuat web lowongan kerja yang bisa dengan mudah dilakukan oleh Sobat Unlimited:

Langkah Pertama – Buat dan daftarkan nama domain untuk website lowongan kerja

Cara Membuat Web Lowongan Kerja Dalam 4 Langkah Mudah

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika akan membuat website, termasuk lowongan kerja adalah memilih dan mendaftarkan nama domain pada registrar domain. Sebenarnya tidak ada syarat khusus dalam menentukan nama domain untuk website lowongan kerja atau job portal.

Anda bebas memilih nama domain, yang penting sesuai dengan deskripsi website. Tetapi, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat Anda jadikan pertimbangan ketika hendak memilih nama domain.

  • Gunakan nama domain yang singkat dan mudah diingat
  • Jika memungkinkan, gunakanlah kombinasi nama domain dengan ekstensi top level domain .COM.
  • Buat nama domain yang dapat dipakai sebagai nama akun media sosial.

Sebagai langkah antisipasi, alangkah baiknya jika Anda tidak hanya memiliki satu kandidat nama domain. Buatlah dua hingga tiga alternative lain seandainya nama domain yang ingin Anda daftarkan telah digunakan oleh orang lain.

Contoh nama domain yang dapat mendeskripsikan website lowongan kerja Anda, misalnya temukankerja.com, upwork.com, dan lain sebagainya. Anda bisa memeriksa ketersediaan domain menggunakan fitur domain checker Unlimited.ID.

Segera daftarkan nama domain incaran Anda jika masih tersedia, agar tidak diambil pengguna lain. Namun, satu hal yang harus Anda ingat adalah, nama domain adalah representasi dari isi website Anda. Dan ya, memang Anda bisa mengganti atau mengubah nama domain tersebut, tapi proses setelahnya akan lebih menyulitkan Anda. Salah satunya dapat memberikan dampak pada SEO website Anda di mesin pencari.

Baca Juga : Cara Custom Domain Blogspot Jadi Domain Sendiri

Langkah Kedua – Memilih penyedia hosting

Cara Membuat Web Lowongan Kerja Dalam 4 Langkah Mudah

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membeli layanan web hosting. Jika ini adalah pertama kalinya Anda membuat website, terutama website lowongan kerja, maka menggunakan layanan shared hosting sudah lebih dari cukup. Berikut ini adalah beberapa fitur yang Anda dapatkan ketika berlangganan layanan shared hosting Unlimited:

  • Custom Control Panel

Control panle adalah alat yang digunakan untuk mengelola setiap aspek yang ada di layanan web hosting dari satu tempat saja.

  • Free domain .com/.net

Untuk setiap pembelian paket hosting Pro dan Pro+, Anda akan mendapatkan free domain. Free domain yang bisa Anda dapatkan antara lain domain .com, .net, dan .org.

  • Layanan email professional

Buat email berdasarkan nama domain yang Anda miliki. Hal ini tentu saja akan membuat Anda terlihat lebih professional di mata pelanggan.

  • Free site builder

Anda juga akan mendapatkan site builder yang akan memudahkan Anda ketika membangun website.

Langkah Ketiga – Menggunakan platform WordPress

Mengapa harus WordPress, padahal ada banyak platform CMS di luar sana? Hal ini tak lepas dari berbagai keunggulan yang dimiliki WordPress dibandingkan CMS lainnya. Beberapa keunggulan WordPress antara lain, yang pertama adalah kemudakan instalasi dan penyettingan. Selain itu, karena WordPress adalah platform open source, Anda bisa menggunakannya secara gratis.

Dan dua keunggulan terakhir WordPress adalah memiliki banyak tema dan sebagai pengguna, Anda bebas menginstal banyak plugin. Semua sesuai dengan kebutuhan website lowongan kerja yang akan Anda buat.

Langkah Keempat – Menginstal Plugin Khusus Job Portal

Seperti yang telah disinggung pada bagian sebelumnya, WordPress adalah sebuah platform yang memiliki ratusan plugin dengan berbagai penggunaan. Termasuk untuk web lowongan kerja yang Anda buat. Salah satu plugin yang bisa Anda gunakan adalah  Simple Job Board.

Simple Job Board adalah salah satu plugin yang memang ditujukan untuk membuat website lowongan kerja. Banyak yang menggunakan plugin ini karena berbagai fturnya yang cukup memudahkan penggunanya ketika mengelola situs lowongan kerja.

Untuk menggunakan plugin ini, yang harus Anda lakukan adalah menambahkan shortcode [jobpost] di bagian manapun yang Anda inginkan di website Anda. Plugin ini akan menampilkan daftar lowongan yang tersedia, bergantung bagaimana cara Anda melakukan konfigurasi. Namun ketika Anda menggunakannya pada website baru, maka daftar lowongan kerja tersebut akan kosong.

Untuk menambahkan lowongan kerja sendiri, caranya sangat mudah. Silakan klik Add New dan Anda aka diarahkan ke editor WordPress. Anda bisa menentukan job listing dan menuliskan deskripsi singkatnya. Pada bagian bawah, pada bagian Job Features, Anda bisa melihat informasi yang Anda tambahkan tadi muncul di bawah deskripsi pekerjaan utama Anda.

Cara Membuat Web Lowongan Kerja Dalam 4 Langkah Mudah

Ada juga fitur Application Job Fields. Pada bagian ini, plugin secara default mengatur upload file, sehingga pelamar bisa menyertakan resume dan CV mereka.

Jangan lupa juga untuk memasukkan informasi mengenai perusahaan yang menawarkan pekerjaan pada kolom Job Data. Data yang bisa diisi antara lain nama perusahaan, website, tagline, dan logo. Plugin Simple Job Board juga memiliki fitur bilah pencarian yang memudahkan pengunjung untuk melihat lowongan kerja secara lebih mudah.

Kesimpulan

Job portal atau website lowongan kerja tidak hanya memudahkan orang untuk mencari kerja, namun juga untuk perusahaan yang membuka lowongan kerja. Semua bisa dikerjakan secara otomatis. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda tentang cara membuat web lowongan kerja.

Mau punya website lowongan kerja yang andal dan cepat? Ayo berlangganan hosting murah Unlimited sekarang juga. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *