Perkembangan zaman membuat semua orang harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Bukan hanya orang yang berada di kota, namun mereka yang hidup di desa. Mudahnya akses informasi membuat banyak desa berlomba-lomba untuk membuat website desa. Bukan sekedar untuk bergaya, banyak manfaat yang bisa didapat sebuah desa bila memiliki sebuah tempat yang memuat segala informasi tentang desa. Tak hanya membuat nama desa terangkat, dengan memiliki website sebuah desa menjadi lebih maju. Ini juga akan meninggalkan kesan desa sebagai tempat yang identik dengan ketertinggalan. Desa dan wisata sudah menjadi dua kata yang seolah tak terpisahkan. Maka dari intu website desa menjadi kebutuhan. Kamu harus tahu cara membuat website desa.

Apa itu Website Desa?

cara membuat website desa

Web desa, atau website desa secara sederhana adalah sebuah website yang dimiliki oleh sebuah desa. Mungkin tidak sedikit diantara Sobat Unlimited yang masih beranggapan bahwa desa sangat identik dengan ketertinggalan. Mempunyai website saja sudah sangat aneh bagi sebuah desa.

Kenyatannya, sekarang banyak sekali website desa yang dibuat. Hal ini adalah pertanda bahwa keberadaan desa mulai diakui secara nasional kedudukanya oleh pemerintah. Dengan adanya dana desa, hingga undang-undang tentang desa membuat desa semakin menasional. Dengan kondisi seperti itu, maka membuat website desa adalah sebuah keharusan.

Tentu kita semua paham, bahwa desa juga harus beradaptasi dengan majunya teknologi. Salah satu caranya adalah membuat website. Jelas, tujuannya agar desa tak lagi dianggap sebagai tempat yang identik dengan kekunoan dan ketinggalan zaman.

Dan penggarapan website desa ini dipandang sangat serius oleh pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan peluncuran domain .desa.id, yang merupakan ekstensi domain tingkat kedua yang dibuat khusus untuk desa. Yang bertindak sebagai pengelola domain ini adalah PANDI, atau Pengelola Nama Domain Internet Indonesia.

Mengapa Sebuah Desa Harus Memiliki Sebuah Website

Setidaknya terdapat tiga sebab mengapa sebuah desa harus memiliki website. Mengapa saat ini website wajib dimiliki sebuah website. Beriku adalah alasan mengapa sebuah desa harus mempunya sebuah website:

  • Memperkenalkan Potensi Desa

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan apabila memiliki sebuah website desa adalah sebaga saran mempromosikan potensi yang dimiliki oleh desa yang bersangkutan. Setiap desa di Indonesia memiliki potensi yang sangat beragam. Hanya saja, orang luar tak akan mengetahui potensi yang bisa dikembangkan tersebut apabila pemerintah desa tidak memberikan informasi yang jelas.

  • Informasi Pembanunan Desa

Pemerintah bisa disebut berhasil dalam melakukan pembangunan apabila telah terjadi pemerataan pembangunan. Pemerataan pembangunan tersebut merentang dari mulai tingkat pemerintah pusat hingga ke level pemerintahan desa.

Dengan adanya website desa, pemerintah desa bisa menjadi lebih cepat dalam memberikan informasi keluar. Hal ini sekaligus  baik untuk menunjukkan komitmen untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. Dengan demikian, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desanya semakin meningkat.

  • Media Promosi

Setiap desa memiliki potensinya masing-masing. Dan karena inilah peran website desa menjadi penting sebagai sarana promosi. Website desa dapat menjadi sarana untuk mempromosikan keunikan yang dimiliki oleh desa. Bisa berupa potensi alam atau sumberdaya manusia yang ada. Misalnya dengan memperkenalkan desa wisata ataupun produk-produk kerajinan masyarakat. Juga UMKM jika memang di desa tersebut memang memiliki sentra UMKM unggulan.

Cara Membuat Website Desa

Untuk membuat website desa, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Berikut ini adalah langkah-langkah mudah membuat website desa:

  • Mendaftar domain desa.id.

cara membuat website desa

Langkah pertama adalah melakunan pendaftara domain .desa.id. Pendaftaran ini umumnya dilakukan oleh aparat desa yang berwenang, atau orang yang ditunjuk dengan surat kuasa. Jika ingin membuat website desa, Anda bisa berkoordinasi dengan pemerintah desa Anda. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

Masuk ke halaman domain.go.id.

Anda bisa login ke laman domain.go.di. Jika belum memiliki akun, Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Ikuti semua tahapan pengisian data yang dieprlukan saat pembuatan akun tersebut. Setelah selasai, klik “Submit”.

Anda akan diminta menunggu proses verifikasi yang memakan waktu maksimal 4 hari. Email verifikasi nantinya akan dikirimkan ke email Anda.

Setelah login berhasil, Anda bisa memilih menu Pendaftara Domain. Kemudian cek ketersediaan nama domain desa.id yang akan digunakan.

Apabila nama domain yang Anda inginkan tersedia, Anda bisa menentukan durasi penggunan domain tersebut. Lanjutkan proses pengisian data dan pastikan semua informasi yang dibutuhkan telah terisi dengan benar. Jika sudah pilih Confirm, lalu klik Submit.

Setelah tahap ini selesai, Anda akan diminta untuk menunggah berkas pendukung berupa:

  • SK pengangkatan kepala desa
  • Surat kuasa kepada perangkat desa
  • Surat permohonan yang ditandatangani Kepala Desa
  • Kartu identitas yang masih berlaku

Setelah tahapan unggah selesai, Anda bisa menunggu proses verifikasi terlebih dahulu.

  • Memilih Layan Hosting

Setelah urusan domain beres, yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memilih paket hosting yang akan digunakan untuk menjalankan website desa. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan saat memilih paket hosting terbaik:

Harga

Penyedia hosting terbaik pasti memiliki beberapa varian paket yang bisa dipilih oleh para pelanggannya. Untuk masalah harga, baiknya Anda memperhatikan dengan seksama pilihan yang disediakan oleh penyedia hosting.

Space Hosting

Space hosting adalah kapasitas penyimpanan sebuah web hosting. Kapasitas penyimpanan ini berguna untuk menampung database, gambar-gambar website, dan juga email. Jika website desa Anda semakin berkembang, ada kemungkinan suatu saat kapasitas penyimpanan tersebut akan penuh. Bila sudah begitu, yang harus Anda lakukan adalah memilah dan menghapus file lama, atau upgrade paket hosting. Paket hosting Unlimited menawarkan unlimited space yang tentu saja sangat sayang untuk dilewatkan.

Bandwith

Saat membangun website, langkah terbaik adalah dengan memilih penyedia hosting terbaik yang memberikan kuota bandwith tak terbatas dengan harga yang murah. Dengan begitu, Anda tak lagi harus memilikikan kuota bandwith.

Kecepatan dan Spesifikasi Server

Sebelum memilih web hosting untuk membangun website, Anda harus mencermati kecepatan dan spesfikasi server yang digunakan oleh penyedia layanan web hosting Anda.

  • Melakukan Instalasi WordPress

cara membuat website desa

Setelah domain dan hosting Anda telah aktif, berikutnya adalah instalasi WordPress. Sebagai salah satu CMS (content management system) terbaik, WordPress menawarkan kemudahan penggunaan, fleskbilitas, dan optimasi fungsi tambahan.

Beruntunglah Anda yang memilih berlangganan hosting terbaik dari Unlimited. Unlimited memiliki fitur bernama One Click Script Installs. Anda dapat memilih 32 script dalam satu kali langkah. Semua proses, termasuk create DB bisa dilakukan pada saat instalasi ini. Item Softaculous yang tersedia antara lain seperti WordPress, OpenCart, Prestashop, Drupal, Joomla, dan lain sebagainya.

  • Memilih Tema Website

Banyak sekali pilihan tema WordPress dan Anda bisa memilih mana yang menjadi kebutuhan Anda. Untuk memilih tema WordPress, Anda harus login terlebih dahulu ke dasbor WordPress. Setelah itu masuk ke menu Appearances > Themes. Klik Add New untuk menambah tema baru.

Kemudian pilih tema yang Anda inginkan, klik Install dan Activate. Tampilan website desa Anda akan berubah menjadi tema yang baru.

Kesimpulan

Sobat Unlimited, itulah tadi cara membuat website desa. Beserta alasan mengapa sebuah desa sangat penting untuk memiliki website. Jika sobat masih mempunya pertanyaan tentang cara membuat website desa, atau layanan Unlimited lainnya, jangan ragu untuk menuliskan pertanyaan di kolom komentar. Atau juga bisa menghubungi tim support Unlimited. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *