Pada masa dimana semua serba online saat ini, memiliki website yang professional adalah sebuah kebutuhan mutlak semua kalangan. Tak terkecuali bagi sekolah. Memiliki website sekolah sangat penting karena beberapa hal. Pertama, untuk eksistensi sekolah. Kemudian sebagai sarana untuk keterbukaan atau transparansi informasi yang bisa diakses oleh siapa saja. Saat ini sudah sangat banyak sekolah yang menerapkan system online dengan menggunakan website. Halaman website yang menarik dapat membantu untuk mempromosikan sekolah, memberikan semua informasi pentint tentang keguatan sekolah, dan lain sebagainya. Sobat Unlimited, artikel ini secara mendalam akan memberikan informasi pada Anda cara membuat website sekolah.

Jenis-jenis website Sekolah

cara membuat website sekolah

Umumnya, dikenal tiga jenis website sekolah. Berikut ini adalah jenis-jenis website sekolah:

  • Website Sekolah

Situs website sekolah memberikan segala informasi tentang sekolah, siswa, guru, dan kelas-kelas yang mereka tawarkan.

  • Portal Pendidikan Online

Jenis website sekolah yang satu ini menawarkan materi pelajaran, kelas langsung, dan tutorial untuk sekolah.

  • Situs Web Keanggotaan

Situs website keanggotaan untuk Pendidikan adalah tempat dimana para siswa dan guru dapat masuk dan mengikuti kelas secara online. Tak hanya itu, siswa juga bisa melihat informasi nilai mereka dan menyerahkan tugas. Guru bertindak sebagai yang membuat, dan mengelola kelas sekaligus sebaga saranan untuk memantau siswa.

Elemen Website Sekolah

cara membuat website sekolah

Website sekolah memiliki beberapa elemen yang umumnya terdapat pada website sekolah tersebut. Elemen-elemen ini berfungsi untuk memudahkan pengunjung website untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Berikut ini adalah eleman website sekolah:

  • Home Page

Elemen pertama adalah home page. Keberadaan home page ini akan memberikan kesan pertama pada pengunjung website, dimana semua informasi yang diperlukan tampil. Seperti logo gambar, pemberitahuan penting, dan informasi kegiatan sekolah.

  • About Page

Di laman ini, Anda dapat menampilkan semua informasi tentang sekolah Anda. Misalnya seperti sejarah sekolah, sertifikasi, penghargaan, dan lain-lain.

  • Courses Page

Halaman ini memberikan informasi yang rinci tentang program pembelajaran yang Anda tawarkan.

  • Faculty Information

Laman ini memberikan informasi tentang kelas-kelas yang Anda tawarkan, juga berisi profil para pengajar dan karyawan sekolah lainnya.

  • Registration form

Ini adalah form yang bisa digunakan untuk para wali murid atau pengunjung yang ingin mendaftarkan diri pada sekolah Anda. Form registrasi ini umumnya akan ditemui pada saat penerimaan siswa baru.

  • Kontak

Selanjutnya, Anda juga perlu melampirkan kontak yang bisa dihubungi. Ini bertujuan agar pengunjung website, yang bukan berasal dari kalangan siswa bisa menghubungi sekolah secara langsung melalui website.

Cara Membuat Website Sekolah

Untuk membuat website sekolah, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Berikut ini adalah cara membuat website sekolah, Sobat Unlimited:

Langkah 1: Memilih Nama Domain

cara membuat website sekolah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat akan membuat sebuah website, termasuk website sekolah adalah menentukan nama domain. Nama domain akan menjadi alamat sekolah Anda di internet. Nantinya pengunjung hanya perlu mengingat nama domain sekolah Anda. Nama domain yang Anda pilih nantinya hanya dapat dimiliki oleh satu website saja.

Untuk website sekolah di Indonesia sendiri ekstensi domain yang digunakan adalah .sch,id. Untuk mendapatkan sebuah domain, Anda harus mendaftarkan dulu pada registrar atau penyedia domain terpercaya.

Harga domain .sch.id di unlimited sendiri sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp54.900,000.

Hanya saja yang perlu Anda ingat adalah, untuk membuat website sekolah ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Berikut ini adalah persyaratan untuk mendaftar domain .sch.id:

  • Pertama, scan KTP penanggung jawab
  • Kedua, scan surat permohonan oleh kepala sekolah
  • ketiga, scan surat kuasa kepala sekolah kepada penanggung jawab untuk pendaftaran

Langkah 2: Memilih Web Hosting

Memilih web hosting adalah salah satu langkah penting saat akan membuat website sekolah. Jika tidak membuat hosting, website Anda tak akan pernah ada. Karena hosting adalah tempat dimana data website Anda disimpan. Dan karena hostinglah, website Anda bisa mengudara di internet.

Hosting sendiri ada tiga jenis. Yaitu VPS Hosting, Cloud Hosting, dan Shared Hosting. Untuk website sekolah, kami merekomendasikan mengunakan shared hosting. Hosting jenis ini tak hanya terjangkau harganya, tetapi juga mudah digunakan dan dikelola.

Menggunakan hosting murah Unlimited, Anda juga akan mendapatkan free SSL Certificate yang akan memberikan proteksi keamanan lebih untuk website sekolah Anda.

Langkah 3: Menginstal WordPress

Sebentar, mengapa harus mengintal WordPress? Ya, WordPress sebagai content management system terpoluer didunia menawarkan keunggulan dan kemudahan dalam pengelolaan website sekolah Anda. Anda bisa menginstal WordPress dengan mudah. Terutama jika penyedia hosting Anda memiliki intaller otomatis Softaculous.

Silakan login ke akun cPanel Anda. Setelah masuk ke cPanel, pilih menu Softaculous. Karena menggunakan WordPress, silakan pilih CMS WordPress. Klik WordPress, kemudian klik Install Now. Saat proses instalasi, Anda akan diarahkan ke halaman software setup. Anda akan diminta mengisi form yang dibutuhkan. Kemudian proses instalasi akan berlanjut.

Langkah 4: Ubah tampilan dengan menginstal tema

Setelah proses instalasi selesai, Anda bisa mengubah tampilan default websit sekolah Anda. Dengan WordPress, Anda bisa dengan mudah mengubah desain, tata letak, dan tampilan website menggunakan template yang tersedia. Kemudian Anda juga bisa menginstal tema WordPress yang disuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk menambahkan detail informasi website sekolah Anda. Seperti halaman utama, profil sekolah, informasi akademik, dan berita sekolah, serta halaman kontak.

Langkah 5: Unduh dan Install Plugin WordPress Untuk Webste Sekolah

Ada banyak plugin yang tersedia untuk mendukung Anda mengembangkan website sekolah. Plugin WordPress yang Anda perlukan antara lain plugin SEO, peningkat kecepatan loading page, dan lain sebagainya. Untuk menginstal plugin, pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dasbor WordPress Anda. Kemudian klik Plugins / Add New. Mirip dengan mengunggah tema baru, Anda memiliki dua cara untuk mengunggah plugin WordPress. Mencari di daftar di plugin, atau mengunggah file .zip dari computer Anda. Setelah memilih plugin dari daftar pencarian atau mengunggah dari computer, silakan klik Install Now. Setelah terinstal dengan sukses, klik Activate untuk mengaktifkannya.

Langkah 6: Mengisi Konten Website Sekolah Anda

Setelah website Anda telah siap, selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menambahkan konten dan informasi terkait dengan sekolah Anda. Tak hanya tentang profil sekolah, Anda bisa menambah mengenai prestasi sekolah, kerjasama dengan pihak lain, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Sobat Unlimited, setelah mengikuti panduan cara membuat website sekolah dengan mudah, kini Anda bisa membuat website sekolah Anda. Manfaat memiliki website sangat banyak. Terutama untuk sekolah, karena segala informasi bisa diakses tanpa harus berepot-repot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *