Cara menampilkan file PDF pada bagian website dan juga postingan kini akan bisa anda lakukan semua itu dengan mudah. Perlu anda ketahui bahwa dalam file atau dokumen PDF tersebut, anda bisa membukanya dengan buah melalui blog atau website yang anda miliki. Dengan cara tersebut, maka anda pun akan lebih leluasa dalam menyajikan informasi secara jelas lewat PDF itu sendiri. Hal ini sebagaimana situs penyedia PDF viewer, seperti SCRIBD, ACADEMIA.EDU, dan lain sebagainya. Tapi dari sini anda akan bisa mengubah blog atau website yang dimiliki tersebut dalam format PDF Viewer. Tentu saja ini akan menjadi sebuah hal yang menarik untuk dilakukan. Mau tahu bagaimana prosesnya? Simak selengkapnya pada panduan di bawah ini:

Panduan Menampilkan File PDF Di Website/Postingan

Cara Menampilkan File PDF Di Website/Postingan
unlimited.id

Cara menampilkan file PDF akan bisa anda terapkan dengan mudah dan tepat. Dari sinilah anda akan bisa melakukan semua itu dengan metode yang tepat dan signifikan didalamnya. Dengan adanya metode tersebut, sudah pasti hal inilah yang akan memberikan kepada anda kemudahan dalam menerapkan itu semua. Anda bisa memulainya dengan memilih terlebih dahulu situs yang beradasarkan dari hosting sendiri, yaitu WordPress.Org. Dengan memanfaatkan WordPress tersebut yang sudah versi berbayar, maka anda pun akan mampu menginstall Plugin dan lain sebagainya dengan cara yang gratis.

Dari sinilah anda nantinya akan bisa menerapkan PDF Viewer gratis yang anda butuhkan sebagai cara menampilkan file PDF tersebut. Anda pun bisa memakainya kapan saja, dimana saja, dan juga melakukan update secara rutin guna menikmati segala bentuk fasilitas terbaru yang tersemat didalamnya. Plugin yang satu ini merupakan sebuah pilihan yang terbaik karena hanya dengan mengaktifkannya saja, maka anda pun akan bisa menerapkan cara apapun yang anda butuhkan dalam postingan. Selengkapnya bisa anda simak sebagai berikut:

Langkah-Langkah Menampilkan File PDF Di Website:

  • Untuk tahap awalan dalam cara menampilkan file PDF ini bisa anda mulai dengan menginstall terlebih dahulu plugin yang ada di dalamnya, yaitu Embed PDF Viewer.
  • Yang anda butuhkan adalah masuk terlebih dahulu ke menu Plugins à Add New, kemudian dari sini anda bisa mengetik WP Advanced PDF untuk lebih jelasnya. Kemudian, pada bagian ini anda bisa melakukan instalasi pada plugin terkait dengan memilih INSTALL NOW.
  • Setelah terinstall, maka langkah lanjutan yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih ACTIVATE.
  • Bagi anda yang ingin mengetahui informasi yang lebih detail tentang Embed PDF Viewer ini, maka yang bisa anda lakukan adalah dengan membaca pada bagian More Details untuk lebih lengkapnya. Dari sini informasi tersebut akan bisa menjadi sesuatu yang berguna bagi anda untuk dipergunakan.

Panduan Menampilkan PDF Pada Postingan

Cara Menampilkan File PDF Di Website/Postingan
unlimited.id
  • Pada tahap lanjutan cara menampilkan file PDF inilah yang paling penting. Dimana pada penerapannya kali ini, anda hanya tinggal meletakan kursor dimana nantinya PDF tersebut akan hendak anda tampilkan itu sendiri. Prosesnya tentu saja sama dengan menambahkan gambar yang terdapat didalamnya.
  • Lalu pada tahapan yang lebih lanjut, anda bisa mencoba untuk menekan tombol Add Media. Setelah itu, pilih saja langsung file PDF yang hendak anda upload. Jika sudah, maka tahapan atau penerapan selanjutnya yaitu dengan menunggu sampai proses upload tersebut selesai dengan sempurna. Dari sini anda kemudian bisa memilih INSERT INTO POST untuk langkah lebih lanjutnya.
  • Jika semuanya sudah anda lakukan dan terapkan, maka anda akan melihat adanya URL File PDF yang terdapat pada link file PDF yang anda miliki tersebut. Di sinilah anda nantinya bisa langsung melakukan PUBLISHED terhadap postingan anda untuk bisa melihat hasilnya.
  • Cara melihat hasilnya bisa anda lakukan dengan memilih opsi VIEW POST yang tertera didalamnya. Dari sinilah anda akan mendapatkan semua yang anda perlukan tersebut.

Baca Juga: Cara Setup Custom Domain Email Gratis Di Yandex Mail

Cara Menampilkan PDF di Postingan Blogger

Panduan lainnya dalam cara menampilkan file PDF ini juga bisa diterapkan ketika anda menggunakan postingan yang ada di Blogger. Dalam hal ini, anda memerlukan bantuan dari Google Driver untuk mendapatkan kode EMBED yang nantinya bisa anda masukan ke dalam postingan yang anda miliki. Cara penerapannya cukup mudah, antara lain sebagai berikut:

  1. Tahapan awalnya bisa anda lakukan dengan cara membuka situs Google Drive terlebih dahulu. Dari sini anda bisa memilih untuk melakukan UPLOAD FILE. Caranya bisa dengan menekan tombol +baru yang terdapat didalamnya. Jika sudah, maka tahapan selanjutnya adalah dengan pilih Upload File.
  2. Dari sini anda bisa menunggu sampai proses Upload itu sendiri selesai. Kemudian pada bagian privasi anda bisa mengaturnya dalam bentuk publik. Caranya bisa anda terapkan dengan memilih klik kanan yang terdapat pada bagian file yang sudah anda upload tersebut. Jika sudah maka anda bisa melanjutkan dengan memilih BAGIKAN.
  3. Selesai melakukan ini, anda bias memilih DAPATKAN LINK YANG BISA DIBAGIKAN, kemudian tinggal klik saja tanda panah pada bagian SIAPA SAJA DENGAN LINK DAPAT MELIHAT. Dari sini anda bisa mencentang pilih lainnya.
  4. Jika sudah, maka anda bisa memilih AKTIF – PUBLIK DI WEB setelah itu dilanjutkan dengan memilih menu SIMPAN yang terdapat didalamnya.
  5. Setelah itu, anda bisa memilih Klik Kanan pada bagian File yang terdapat didalamnya. Lalu yang bisa anda lakukan berikutnya adalah dengan memilih Pratinjau.
  6. Apabila sudah melakukannya, maka nantinya akan muncul icon 3 titik yang terdapat pada bagian sebelah kanan. Di sinilah anda dipersilahkan untuk memilih BUKA DI JENDELA BARU.
  7. Lalu pilih kembali icon 3 titik yang terdapat didalamnya, lalu pilih opsi SEMATKAN ITEM…
  8. Jika sudah, maka dari sini anda bisa memasang kode yang sudah anda peroleh sebelumnya dari postingan blog yang terdapat didalamnya itu sendiri.
  9. Dari sini anda bisa memulai dengan memasang postingan yang terdapat pada blogspot. Caranya adalah dengan membuka postingan baru, kemudian paste saja kode HTML yang anda dapatkan pada poin nomor 8 di atas. Setelah selesai, maka tahapan yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih menu publikasikan.
  10. Jika sudah selesai, maka kini anda akan bisa melihat hasilnya yang signifikan dan cukup memuaskan sesuai dengan yang anda butuhkan itu sendiri.

Kesimpulan

Cara Menampilkan File PDF Di Website/Postingan
unlimited.id

Itulah penerapan pada cara menampilkan file PDF yang bisa anda coba. Dalam hal ini, anda bisa mengatur bagian tersebut menjadi lebih pendek atau disesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya anda melakukan set pada bagian Width = 600, dan seterusnya. Ini bisa disesuaikan sendiri dengan lebar halaman postingan yang anda miliki tersebut. Demikian penjelasan mengenai bagaimana menampilkan File PDF yang anda miliki di postingan atau pada blog yang anda miliki. Semoga sukses.

Baca Juga: Cara Membuat SEO Website Builder

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *