Cara mengaktifkan FTP bisa anda terapkan dan maksimalkan dengan mudah melalui web hosting yang anda gunakan di dalamnya. Yang perlu anda lakukan hanyalah dengan memasukan nama host terkait, username, password dan lain sebagainya. Hal ini jelas berbeda ketika anda menggunakan FTP Localhost maupun XAMMP. Supaya anda bisa menerapkan cara mengaktifkan FTP dengan benar, maka salah satu syarat harus dipenuhi, antara lain dengan membuat user FTP terlebih dahulu. Dengan cara inilah maka anda pun akan mampu mendapatkan sesuatu yang anda butuhkan di dalamnya.

Baca Juga: Cara Termudah Mempercepat Loading Website

Panduan Mengaktifkan FTP Pada XAMMP

  1. Untuk tahapan awal yang bisa anda lakukan dimulai dengan menjalankan program XAMMP yang anda inginkan terlebih dahulu. Dari sinilah anda akan mampu mendapatkan sesuatu yang anda butuhkan didalamnya akan bisa anda capai. Program yang satu ini adalah syarat pertama yang harus dipersiapkan.
  2. Kemudian, setelah aktif, maka yang anda lakukan berikutnya dalam cara mengaktifkan FTP adalah dengan menjalankan service yang terdapat pada FileZilla, MySQL, dan juga Apache.
  3. Dari sini, langkah lanjutan yang sudah bisa anda lakukan adalah dengan mengeklik running, kemudian pilih pada bagian admin yang akan bisa anda temukan terdapat pada bagian kanan FileZilla
  4. Jika sudah, maka yang harus dilakukan berikutnya adalah dengan memilih Edit à User. Dari sini anda akan bisa menciptakan User dan juga menambahkan User FTP yang ada didalamnya. Caranya adalah dengan mengeklik menu Add itu sendiri.
  5. Kemudian, dalam tahapan ini, anda bisa melanjutkan dengan memasukan User yang terdapat pada kolom, kemudian tinggal klik saja OK yang tertera didalamnya. Saat anda ingin memakai Password, maka yang bisa anda lakukan adalah mencentang bagian Password itu sendiri. Setelah itu, langsung saja masukan Password yang dibutuhkan tersebut.

Panduan Lanjutan FTP Pada XAMMP

Cara Mengaktifkan FTP Pada Localhost Atau Xammp
unlimited.id
  • Pada tahap selanjutnya cara mengaktifkan FTP, anda bias mencoba untuk masuk ke bagian setting shared folder yang terdapat di dalamnya. Di sini anda akan bisa menentukan mana bagian folder yang akan di-shared atau di-remote degan memanfaatkan FTP yang terdapat didalamnya. Untuk bagian Folder yang akan di-shared tersebut nantinya adalah htdocs yang bisa ditemukan pada XAMMP Folder.
  • Kemudian, pada langkah berikutnya, anda bisa memilih Add, kemudian tinggal centang saja bagian yang terdapat pada Files dan Directories yang terdapat didalamnya. Dari sini anda bisa menemukan perintah apa yang sebaiknya dilakukan pada penerapan menggunakan FTP nantinya. Setelah itu, anda akan bisa memilih tombol OK untuk masuk ke tahap berikutnya.
  • Jika sudah berhasil, maka tahapan lanjutan cara mengaktifkan FTP yang bisa anda lakukan adalah dengan menciptakan User FTP yang mana ini nantinya akan mengkoneksikan FTP terkait dengan menggunakan FileZilla itu sendiri. Di sini ada beberapa tahapan yang sebaiknya anda coba untuk lakukan di dalamnya, antara lain adalah sebagai berikut:

Panduan Mengkoneksikan FTP Dengan FileZilla:

  • Langkah awal dalam tahapan ini yang bisa anda lakukan adalah dengan masuk ke FileZilla terlebih dahulu.
  • Dari sini anda bisa memulai untuk memasukan Host dengan angka 127.0.0.1. Diikuti dengan memasukan User dengan nama User1. Kemudian, anda tinggal memasukan Password dan juga Port yang bisa anda kosongkan saja.
  • Untuk selanjutnya, anda bisa memilih Quick Connect untuk memulai penyambungannya.
  • Kini anda sudah bisa menerapkan cara mengaktifkan FTP yang tepat dengan menggunakan XAMMP. Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan penggunaan dari FTP ini sesuai dengan kebutuhan dan juga penerapan yang anda inginkan.
Cara Mengaktifkan FTP Pada Localhost Atau Xammp
unlimited.id

Setelah mengetahui cara mengaktifkan FTP di atas, anda tentunya ingin mengetahui bagaimana langkah yang bisa anda terapkan untuk membangun FTP Server pada OS yang anda miliki. Mari kita ambil contoh membangun FTP Server untuk OS Windows. Sebagaimana kita ketahui, anda juga harus menggunakan FileZilla tersebut dengan beberapa langkah berikut ini:

Langkah Membangun FTP Server Menggunakan Windows

  1. Anda bisa memulainya dengan membuka terlebih dahulu aplikasi XAMPP yang terdapat pada windows yang anda miliki. Jika masih belum memilikinya, anda bisa mencoba untuk download terlebih dahulu file XAMPP tersebut pada situs resmi yang terdapat didalamnya.
  2. Kemudian, dalam tahapan lanjutannya, anda bisa memilih Start pada bagian FileZilla yang terdapat pada XAMPP itu sendiri. Ini bisa anda lakukan untuk mengaktifkan aplikasi konfigurasi yang terdapat pada FTP Servre terkait.
  3. Jika sudah, maka tahapan berikunya adalah dengan memilih menu ADMIN pada bagian XAMPP. Dari sini anda akan bisa membuka aplikasi FileZilla dengan bantuan XAMPP tersebut. Dalam hal ini, anda bias melakukan konfigurasi hal-hal yang diperlukan di dalamnya, mulai dari membuka FTP Server, Filtering IP, dan lain sebagainya. Semuanya akan bisa anda lakukan dan terapkan dengan cara yang diinginkan.
  4. Kemudian, pada bagian Tab yang terdapat di FileZilla tersebut, anda bisa menerapkan langkah selanjutnya yakni dengan memilih Edit kemudian klik pada bagian User. Nantinya di sini anda akan melihat kemunculan tampilan konfigurasi yang bisa anda pakai untuk user itu sendiri. Dari sini anda bias menuju ke Pages General supaya nantinya bisa memasukan nama dan password.
  5. Dari sini anda bisa menuju ke pengaturan pada bagian Page Shared Folder yang terdapat pada bagian Tab User. Di sinilah anda kemudian bisa mencoba untuk memilih tambahkan atau Add User di dalamnya. Lalu yang tak kalah pentingnya lagi adalah dengan mengetahui File yang akan di share pada bagian FTP Server itu sendiri.
  6. Dari sinilah anda kemudian bisa memilih Set As home di bagian Folder yang and share tersebut. Nantinya Folder inilah yang akan tampil di bagian home atau beranda. Jika sudah selesai, maka penerapan yang bisa anda lakukan berikutnya adalah dengan memilih tombol OK.
  7. Pada bagian ini, anda bisa memilih menu Edit à Settings yang terdapat pada FileZilla XAMPP. Kemudian, dari sini anda bisa tinggal melakukan konfigurasi yang anda inginkan sesuai dengan kebutuhan.
  8. Lalu pada tahapan berikutnya, untuk mengakses FTP Server, yang bias anda lakukan adalah ketahui terlebih dahulu IP dari servre FTP yang anda miliki.
  9. Jika sudah selesai, yaitu Username dan Password tampil dengan benar, maka nantinya akan bisa tampil Folder atau File yang telah di share pada bagian FTP Server terkait.

Kesimpulan

Cara Mengaktifkan FTP Pada Localhost Atau Xammp
unlimited.id

Itulah beberapa hal tentang cara mengaktifkan FTP yang bisa anda coba terapkan. Dengan metode yang tepat inilah maka anda pun akan mampu memperoleh manfaat yang anda butuhkan di dalamnya. Di sinilah anda akan bisa menemukan itu semua sesuai kebutuhan anda. Selamat mencoba dan kini anda akan bisa menggunakan FTP dengan XAMPP.

Baca Juga: Cara Setup Custom Domain Email Gratis Di Yandex Mail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *