Error headers already sent menjadi sebuah masalah yang bisa saja terjadi ketika anda menciptakan sebuah website dinamis dengan menggunakan PHP Native. Dalam hal ini, memang ada beberapa hal dan penerapan yang perlu dilakukan. Dari sini konsep website dengan menggunakan metode dinamis memang terkadang menemukan kendala, salah satunya ketika muncul warning atau notifikasi berupa Cannot Modify Header Information – Header Already Sent By. Dengan terjadinya masalah yang satu ini tentu saja akan memberikan pengaruh pada coding yang kita lakukan.

Problematika error headers already sent ini tentu saja akan membuat coding tersebut menjadi berjalan kurang bagus. Pada akhirnya gangguan ini akan membuat waktu yang kita rencanakan untuk membuat website tersebut menjadi semakin lama. Karena itu, untuk bisa mengatasi masalah ini, ada beberapa penerapan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menerapkan beberapa cara di bawah ini.

Solusi Error Headers Already Sent

Cara Mengatasi Pesan Error Headers Already Sent
unlimited.id

Panduan untuk memperbaiki error headers already sent ini sebetulnya cukup sederhana. Anda bisa menerapkan cara yang cukup sederhana dengan cara menambahkan syntax yang ada di bawah ini:

Ob_start ( )

Dengan memanfaatkan syntax yang satu ini dan diletakan pada bagian File Index PHP yang terletak tepat pada bagian atas dari baris coding tersebut. Artinya, ini akan membuat syntax tersebut dibaca pertama kali nantinya oleh PC atau Laptop yang kita gunakan. Lalu untuk bagian bawahnya bisa anda aplikasikan dengan menggunakan kode berikut:

Baca Juga: Cara Setup Custom Domain Email Gratis Di Yandex Mail

Ob_end_flush ( )

Dengan memanfaatkan kode tersebut, maka nantinya warning atau notifikasi error headers already sent tersebut akan hilang dengan sendirinya. Pada akhirnya aplikasi yang anda jalankan pun juga akan bisa kembali berjalan dengan baik. Dari sinilah anda akan bisa mendapatkan sejumlah manfaat yang bisa anda capai dan terapkan didalamnya dengan mudah. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi didalamnya.

Penjelasan Tentang Permasalahan Error Headers Already Sent

Pasti anda penasaran tentang penjelasan terjadinya masalah yang satu ini. Tentu dengan adanya pemahaman yang lebih detail tentang error headers already sent tersebut, maka anda akan bisa mengantisipasi terjadinya hal yang sama di masa mendatang. Pada dasarnya memang ada banyak hal yang perlu anda ketahui ketika hendak menerapkan coding yang nantinya digunakan untuk membuat website itu sendiri. Berbagai macam solusi yang akan bisa anda terapkan untuk mengatasi masalah ini akan membuat proses coding berjalan dengan baik dan sempurna.

Untuk selengkapnya, biasanya notifikasi adanya error yang satu ini akan bisa anda temukan dengan tampilan pesan berupa sebagai berikut: Cannot Modify Header Information – Header Already Sent By …..

Pesan semacam ini akan muncul dan menandakan bahwa anda harus segera mencari solusi terkait yang bisa menyelesaikannya segera. Coding pun tidak akan terganggu lagi karenanya. Beberapa persiapan yang dibutuhkan dalam rangka mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan memakai akses menuju ke Control Panel atau dengan menggunakan FTP.

Penyebab Error Headers Already Sent

Cara Mengatasi Pesan Error Headers Already Sent
unlimited.id

Sekarang mari kita ketahui apa saja yang menyebabkan masalah error headers already sent itu sendiri. Dengan memahami penyebab dari masalah yang satu ini, maka anda pun akan bisa memperoleh solusi yang terbaik dalam rangka mengatasinya. Ini juga bisa saja terjadi karena adanya kesalahan pada hal-hal yang terjadi ketika anda coding. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Terjadi masalah utama error yang disebabkan oleh contoh my-function.php yang berada pada /public_html/wp-content/plugins/my-plugin yang merupakan asal muasal dari permasalahan error yang mengakibatkannya tersebut.
  • Di sinilah anda akan bisa melihat bahwa penyebab error terkait juga bisa asja terjadi karena adanya baris spasi yang terdapat pada file terdapat didalamnya. Hal ini biasanya muncul pada bagian bawah dan juga bagian atas kode terkait. Baris # inilah yang nantinya akan memberikan informasi kepada anda terkait dimana letak dari error yang terjadi dengan sebenarnya.

Cara Mengatasi Error Headers Already Sent Secara Efektif

Selain solusi yang dijelaskan di atas, anda juga tak perlu cemas karena masih ada solusi alternatif yang bisa anda terapkan dalam rangka mengatasi masalah yang satu ini. Dengan penerapan solusi yang tepat maka anda akan bisa menghilangkan error yang terjadi secara sempurna dan peluang timbulnya masalah tersebut juga akan bisa anda atasi dengan baik dan segera. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi. Pasalnya, semua itu pasti jelas akan bisa anda capai dan peroleh didalamnya dengan mudah dan juga tepat.

Pertama: Edit File Yang Mengalami Corrupt

Tahap awal yang bisa dilakukan adalah dengan menemukan error yang terjadi pada website dan melakukan proses editing terkait secara manual. Dengan melakukan proses editing secara manual pada file yang mengalami error tersebut, maka sudah pasti anda akan bisa mengatasi kesalahan yang terdapat didalamnya dengan mudah. Salah satu caranya bisa diterapkan dengan mengakses file tersebut dengan menggunakan FileZilla atau File Manager yang terdapat di hosting anda. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  • Yang anda butuhkan hanyalah dengan menghapus bagian baris spasi yang tidak dipakai pada file tersebut. Pastikan pula bahwa tag pada bagian PHP pembuka dan penutup tersebut tidak menyisakan adanya spasi setelah tag, misalnya <?php dan ?>. Dari sinilah anda juga harus memastikan bahwa tidak ada bagian kosong setelah baris terakhir kode yang ada itu sendiri.
  • Contohnya ketika anda melihat adanya baris spasi yang terdapat pada file wp-config.php yang muncul usai adanya tag pembuka php itu sendiri. Yang perlu anda lakukan dalam hal ini hanyalah dengan menghapus serta melihat kembali website anda. Apabila error masih belum juga teratasi, maka anda bisa mencoba solusi yang selanjutnya.

Kedua: Ganti File Yang Mengalami Corrupt

Cara Mengatasi Pesan Error Headers Already Sent
unlimited.id

Tahapan kedua atau berikutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengganti file yang corrupt itu sendiri. Dari sini anda pun juga akan bisa mendapatkan penjelasan detail tentang penyebab error headers already sent tersebut, misalnya karena file yang error terkait bagian dari template website, plugin dan lain sebagainya. Bahkan bisa jadi itu adalah file utama yang terdapat pada WordPress itu sendiri.

Apabila penyebabnya adalah masalah yang satu ini, maka yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan instalasi ulang. Dalam hal ini, proses instalasi ulang akan bisa mengatasi masalah error terkait yang ada didalamnya. Apabila nantinya penyebab Error tersebut adalah karena file utama yang terdapat pada WordPress, maka yang perlu dilakukan hanyalah dengan memperbaiki file yang telah rusak tersebut. Caranya dengan mengunakan file backup yang anda miliki. Jadi dari sini memang penting juga melakukan backup pada website anda. Mulai sekarang, anda harus berhati-hati dalam mengkonfigurasi website supaya error headers already sent tidak muncul.

Baca Juga: Cara Membuat SEO Website Builder

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *