Apakah Anda adalah pengguna WhatsApp? Jika memang iya, mungkin ketika Anda ingin mengerjakan tugas atau berkirim file, Anda akan membutuhkan suatu penghubung agar dapat terhubug ke dalam WhatsApp yang ada pada smartphone Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, kami akan memandu Anda cara menggunakan WhatsApp web, tanpa harus menginstall aplikasi WhatsApp terlebih dulu pada laptop Anda.

Mengenal WhatsApp Sekaligus Manfaatnya

Cara Menggunakan WhatsApp Web, Sangat Mudah!

Siapa yang tidak kenal dengan WhatsApp, atau yang mempunyai nama resmi WhatsApp Messenger. WhatsApp merupakan sebuah aplikasi perpesanan instan dan lintas platform pada smartphone. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mengirim dan menerima pesan, selayaknya SMS, tetapi tidak menggunakan pulsa. Melainkan koneksi internet.

Secara umum, WhatsApp memiliki kemiripan cara kerja dengan Blackberry Messenger, atau juga Telegram. Kita semua tentu tahu, Blackberry Messenger, Telegram, dan WhatsApp memiliki pengguna yang sangat banyak, terutama di Indonesia. Jika Blackberry Messenger sudah tidak beredar lagi di pasar seiring meredupnya pamor smartphone Blackberry, WhatsApp dan Telegram masih Berjaya hingga kini.

Pada awalnya, WhatsApp didirikan pada tanggal 24 Februari 2009 di Mountain View, California, Amerika Serikat. Pendirinya adalah dua mantan karyawan Yahoo!, Brian Acton dan Jan Koum. Lalu, pada tahun 2014, WhatsApp diakuisisi oleh Facebook, perusahaan media sosial kepunyaan Mark Zuckerberg.

Manfaat WhatsApp

Sobat Unlimited,ada banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan di WhatsApp. Fitur utama WhatsApp tentu saja untuk mengirimkan teks, foto, audio, video, dan file kepada pengguna lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan WhatsApp untuk menelepon, video call, dan yang terbaru, membuat story.

Apakah itu saja manfaat WhatsApp? Tentu tidak cukup. Berikut ini adalah manfaat dan fungsi yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi yang identik dengan warna hijau ini:

Personal Chat dan Group Chat

Bisa dibilang, ini adalah fungsi utama dari WhatsApp. Yaitu digunakan untuk kebutuhan personal chat dan group chat. Yang tentu saja memiliki banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan. We Are Social pernah membuat survey yang menyebutkan layanan yang berada di bawah naungan grup Facebook, adalah layanan yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia, setelah Youtube besutan Google. Aplikasi milik grup Facebook antara lain seperti Facebook, Facebook Messenger, WhatsApp, dan Instagram.

Sebagai Media Pendidikan

Adanya pandemic Covid-19 membuat WhatsApp tampak sangat berguna untuk digunakan sebagai media pendidikan. Apalagi nyaris semua kegiatan belajar mengajar saat ini yang masih daring dan school from home, WhatsApp menjelma menjadi salah satu media pembelajaran yang membantu para siswa dan pendidik.

Sebagai Platform Bisnis Berkat Fitur WhatsApp for Business

Bagi para pebisnis, senantiasa terhubung dengan pelanggan adalah sebuah keharusan. Dan tampaknya, WhatsApp menangkap keresahan pengguna bisnis dengan menghadirkan fitur yang akan membuat orang semakin tergantung dengan WhatsApp.

Ya, ia adalah WhatsApp Bisnis. Kini, semua aktivitas bisnis bisa dilakukan di WhatsApp. Mulai dari chat dengan pelanggan, hingga catalog yang bisa diakses oleh pelanggan. Jadi, semuanya bisa dari satu tempat. Baik dari sisi pedangang ataupun pelanggan, ini adalah solusi yang memudahkan.

Berbagi Informasi dan Berita

Internet membuat distribusi informasi dan berita menjadi lebih cepat. WhatsApp, membuat penyebaran berita dan informasi menjadi lebih cepat lagi. Kini semua orang bisa menyebarkan informasi yang mereka terima, hanya dari ujung jari tangan.

WhatsApp memiliki fitur Broadcast, yang membuat pengguna WhatsApp bisa menyebarkan sebuah informasi pada banyak kontak sekaligus hanya dari sekal klik. Tetapi untuk menghindari banjir informasi, WhatsApp membatasi hanya 5 broadcast untuk sekali eksekusi.

Video dan Voice Call

Salah satu fitur keren yang ada di WhatsApp adalah video call. Fitur ini akan sangat memudahkan orang untuk berkomunikasi. Tidak semata menggunakan fitur chat. Anda bisa menggunakan fitur ini dengan gratis, dan tentu sangat user friendly.

Membuat Story/Status

Tidak jauh beda dengan aplikasi yang termasuk dalam grup Facebook lainnya, kini WhatsApp dilengkapi dengan fitur status dan story. Dengan adanya fitur ini, sah sudah anggapan bahwa WhatsApp telah beralih dari sekadar aplikasi perpesanan, berubah menjadi social media messenger.

Media Komunitas

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi banyak komunitas yang ada di dunia. Ya, meskipun WhatsApp membatasi hanya 250 pengguna untuk sebuah grup, namun fungsi WhatsApp sebagai sebuah media komunitas dalam berbagai pengalaman dan berinteraksi dengan pengguna lain dalam satu grup tetap tidak dapat terbantahkan.

Baca Juga : Kesalahan Menggunakan LinkedIn

Cara menggunakan WhatsApp Web

Cara Menggunakan WhatsApp Web, Sangat Mudah!

Lantas, bagaimana cara menggunakan WhatsApp web? Untuk bisa mengakses WhatsApp web, Anda bisa melalukanya dengan mudah. Berikut ini adalah cara-cara menggunakan WhatsApp Web yang bisa Anda ikuti:

Mengakses WhatsApp Web via Android

Yang pertama, berikut adalah cara mengakses WhatsApp web menggunakan smartphone Android:

Langkah pertama – Buka situs WhatsApp Web

Langkah Kedua – Persiapkan smartphone Android Anda, dan buka aplikasi WhatsApp. Lalu silakan klik ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.

Langkah ketiga – Klik menu WhatsApp Web

Langkah Keempat – Scan QR code pada smartphone Anda ke arah kode yang terdapat pada browser Anda.

Dan, selamat, WhatsApp Anda kini sudah bisa diakses dari browser laptop/PC Anda.

Mengakses WhatsApp Web via iOS

Untuk Anda pengguna iOS, Anda juga bisa mengakses WhatsApp web menggunakan perangkat yang Anda miliki. Berikut adalah cara mengakses WhatsApp Web dari sistem operasi iOS:

Pertama – Buka situs WhatsApp web

Kedua – Siapkan smartphone Anda dan buka aplikasi WhatsApp, kemudian klik ikon Pengaturan di bagian kanan bawah layar.

Ketiga – Klik menu WhatsApp Web

Keempat – Lakukan scan QR code pada smartphone Anda kea rah kode yang terdapat di browser.

Dan, selesai. WhatsApp kini sudah bisa diakses dari browser laptop Anda.

Cara Logout dari WhatsApp Web

Cara logout dari WhatsApp web juga harus Anda ketahui. Apalagi jika Anda login WhatsApp web tidak dari laptop pribadi, agar tidak disalah gunakan orang lain. Berikut ini adalah cara logout dari WhatsApp web:

  • Buka WhatsApp dari smartphone Anda, kemudian buka Pengaturan.
  • Ketuk WhatsApp Web, kemudian klik Keluar dari semua perangkat, lalu klik Keluar.

Kelemahan Menggunakan WhatsApp Web

Cara Menggunakan WhatsApp Web, Sangat Mudah!

Dibalik keunggulannya, berikut adalah beberapa kekurangan penggunaan WhatsApp web yang harus Anda ketahui:

1. WhatsApp web membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil.

2. Tidak bisa melakukan panggilan, baik panggilan suara ataupun panggilan video.

3. Smartphone harus selalu on dan tersambung ke jaringan. Jika smartphone berada di luar jaringan, koneksi WhatsApp web juga akan terputus.

4. Menguras daya. Jika Anda mengaktifkan WhatsApp web, baterai smartphone Anda akan ikut terkuras, karena aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Penutup

Kehadiran WhatsApp telah mengubah cara orang untuk berkirim pesan dari smartphone. Tak hanya dari smartphone, kini WhatsApp juga dapat diakses via desktop. Tidak haru mendownload aplikasinya, Anda dapat mengakses WhatsApp via browser dengan WhatsApp Web. Semoga dengan artikel ini Anda bisa memahami cara menggunakan WhatsApp web.

Mau punya website andal dan cepat? Ayo tunggu apalagi, langganan paket hosting murah Unlimited sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *