Saat ini, banyak pekerjaan yang berhubungan dengan data. Mulai dari marketing, sales, keuangan, sampai dengan pencatatan prestasi siswa di sekolah. Bisa dibilang, data dan angka-angka sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-sehari manusia. Dan salah satu tools yang banyak digunakan untuk pengolahan data adalah Google Sheets. 

Mengapa harus Google Sheets? Ya, karena Google Sheets memudahkan penggunanya mengolah data. Tak hanya tools pengolah data yang andal, Google Sheets juga memungkinkan untuk berkolaborasi dengan rekan kerja lain, sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Salah satu kecanggihan Google Sheets adalah dapat dihubungkan dengan perangkat dan platform apapun. Salah satunya adalah content management systems (CMS) terpopuler di dunia, WordPress. Yaitu menggunakan plugin berjenis WordPress Forms. 

Apakah kamu ingin menghubungkan WordPress forms dengan Google Sheets? 

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Sobat Unlimited semua, tentang cara menghubungkan WordPress form ke Google Sheets dengan mudah. Sehingga, kamu bisa dengan mudah mengirimkan data dari WordPress forms ke Google Sheets. 

Sobat Unlimited, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mengapa Harus Menghubungkan WordPress Forms ke Google Sheets? 

Apa jawaban paling tepat untuk pertanyaan diatas? Google Sheets adalah software spreadsheet gratis populer rilisan dari Google. Menyambungkan WordPress form ke Google Sheet akan memudahkanmu mengatur dan menyaring data. 

Tak peduli apapun bentuk form yang kamu buat, entah kuesioner, undangan perkumpulan, sampai survei calon presiden. Kamu bisa menghubungkan WordPress form ke Google Sheets , hanya dengan beberapa kali klik saja. 

Mengintegrasikan data entry dari WordPress dengan Google Sheets dapat membantumu untuk melakukan banyak hal, antara lain: 

  • Memudahkan rekan kerja untuk mengakses data, tanpa harus login ke halaman WordPress. 
  • Mempermudah pengguna untuk menerjemahkan dan menganalisis data formulir. 
  • Melakukan pengumpulan data secara otomatis. 
  • Mengurangi kemungkinan kesalahan jika memasukkan data secara manual. 

Cara Menghubungkan WordPress Form ke Google Sheets

Pada bagian sebelumnya artikel ini sudah dijelaskan sedikit tentang keuntungan menyambungkan WordPress form ke Google Sheet. Sekarang, saatnya untuk mempraktikkan cara menghubungkan WordPress form ke Google Sheets. Berikut langkah-langkahnya: 

Langkah 1: Membuat form WordPress Menggunakan WPForms

Langkah pertama adalah membuat form WordPress menggunakan WPForms. WordPress form diperlukan agar kamu punya form kontak di WordPress, yang berfungsi sebagai sumber pengumpul data. 

Baca Juga: Kupas Tuntas Retargeting

Seperti yang tertulis di awal bagian ini, kita akan menggunakan plugin WPForms. Plugin yang satu ini adalah plugin contact forms terbaik yang ada di WordPress, dengan pengguna mencapai 4 juta website di seluruh dunia. 

WPForms memiliki tampilan yang sangat ramah untuk pengguna pemula. Pengguna bisa dengan mudah membuat WordPress form menggunakan form builder yang satu ini. Setidaknya, terdapat lebih dari 150 template yang siap digunakan. Untuk membuatnya, cukup dengan drag and drop saja untuk menambahkan kolom form. Sangat simpel. 

Kamu bisa melihat langkah-langkah membuat contact form WordPress di sini. 

Google Sheets, memiliki banyak kemiripan dengan Microsoft Excel. Maka, kalau kamu belum pernah menggunakan Google Sheets, hanya perlu waktu sebentar untuk membiasakan diri dengan tampilannya. 

Silakan masuk ke laman Google Sheets dan klik ikon (+) untuk membuat spreadsheet baru. 

Kemudian, kamu bisa menambahkan kolom di spreadsheet yang disesuaikan dengan WordPress form milikmu. 

Langkah 2: Install dan Aktivasi Plugin Uncanny Automator

Untuk menghubungkan form WordPress ke Google Sheets,salah satu cara yang paling mudah adalah menggunakan plugin otomasi untuk WordPress. Dan salah satu plugin otomasi terbaik di WordPress adalah Uncanny Automator. Plugin ini berperan sebagai penghubung antara plugin WordPress dengan aplikasi pihak ketiga, sehingga dapat kompatibel dan berjalan beriringan. Pengguna bisa menggunakan plugin ini dengan gratis, tanpa biaya sepeser pun. 

Uncanny Automator bisa bekerja dengan baik saat dipadukan dengan plugin form lain. Misalnya seperti WPForms, Formidable Forms, Gravity Forms, Ninja Forms, WooCommerce, dan lain sebagainya. 

Tapi, ya, artikel ini akan fokus pada integrasi WPForms dengan Google Sheets. 

Langkah 3: Hubungkan Akun Google-mu ke Uncanny Automator

Setelah Uncanny Automator telah selesai diaktivasi dan di-setting, kamu harus menyambungkan plugin ini ke akun Google-mu. 

Untuk menyambungkan Uncanny Automator ke akun Google, caranya dengan klik Automator > Settings. Kemudian klik Google. Setelah itu, silakan klik tombol Connect an account

Kemudian, kamu akan diarahkan ke layar yang meminta otorisasi ke akun Google-mu. Silakan klik tombol Allow pada akun Google yang ingin kamu gunakan. 

Untuk mengkonfirmasi pilihanmu, silakan klik Allow sekali lagi. 

Setelah akunmu telah terkoneksi, kembalilah ke pengaturan plugin di dashboard WordPress-mu. 

Langkah 4: Hubungkan Form WordPress ke Google Sheets dengan Uncanny Automator

Sekarang saatnya untuk menyambungkan form WordPress ke Google Sheet yang sudah kamu buat sebelumnya. 

Uncanny Automator akan berperan sebagai “penerima” saat menghubungkan aplikasi dan plugin yang berbeda. 

Untuk membuatnya, silakan klik Automator > Add new, klik opsi Anonymous. Setelah itu, klik Confirm

Opsi Anonymous dipilih karena sebagian besar pengunjung pertama kali mengisi form di website-mu sebagai anonim. 

Setelah itu, silakan pilih WPForms di meta box Anonymous trigger. 

Kemudian, kamu memiliki dua pilihan yang berbeda untuk memilih forms. 

Sebagai contoh, kamu bisa memilih opsi A form submitted. Opsi ini akan mengirim semua form yang terkumpul ke Google Sheets. 

Lalu, pilih jenis form dari list yang tersedia. Jika sudah, silakan klik tombol Save

Setelah memilih opsi penerima anonim, kamu masih harus membuat “new subscriber” di WordPress. Pelanggan baru ini akan sangat berguna saat mengirimkan data form. 

Memilih Opsi Existing User

Kemudian silakan pilih opsi Existing user meta box Actions

Kemudian, kamu akan diarahkan ke popup, di mana kamu bisa memilih akun pengguna baru. PIlih kolom ID dan masukkan nomor ID dari pengguna baru yang baru dibuat. 

Untuk menemukan hal ini, silakan klik Users > All Users dari dashboard WordPress-mu. Kemudian pilih pengguna baru, dan tempatkan ID untuk URL halaman. Setelah selesai, silakan pilih Do nothing. Klik Save.

Jika sudah, klik tombol Add action

Selanjutnya, silakan pilih Google Sheets yang ada pada daftar integrasi. 

Lalu pilih opsi Create row in a Google Sheets di bawah kolom Select an action

Pilihan ini akan membawamu ke menu untuk memilih spreadsheet yang telah kamu buat sebelumnya. Kamu bisa mencari nama yang ada di spreadsheet. Dan langkah ini akan membawamu pada semua daftar pilihan. 

Baca Juga: Tips Belajar Jadi Web Developer 

Setelah memilih spreadsheet, klik Get Colums  di Row section. Kamu akan diarahkan ke daftar kolom dari spreadsheet tersebut. 

Di setiap kolom formulir, temukan bidang spreadsheet yang cocok. Nama kolom harus sama dengan nilai. Cocokkan semua bidang yang telah kamu buat tadi. 

Pastikan klik Simpan setelah tiap selesai membuat recipe

Untuk mempublikasikan recipe tadi, silakan klik Live

Sekarang, setiap kali pengunjung mengisi form di websitemu, informasi tersbut akan langsung terjadi di Google Sheets. 

Penutup

Itulah tadi, cara menghubungkan WordPress form ke Google Sheets. Menghubungkan WordPress form ke Google Sheet bisa memudahkan  pekerjaan pengolahan data. Semoga dengan artikel ini, Sobat Unlimited lebih paham cara menghubungkan WordPress form ke Google Sheets. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *