Halaman contact us dan contact form memegang peranan yang cukup esensial pada sebuah website. Dengan adanya form ini, pengunjung website akan lebih mudah untuk mencari tahu tentang Anda, dan mungkin saja bisa menghubungi Anda dengan mudah dan cepat. Bagi para pemilik website pemula, tak sedikit yang merasa bingung bagaimana cara membuat form pada websitenya. 

Jika Anda menggunakan WordPress sebagai content management system, sudah seharusnya Anda tak perlu khawatir, karena WordPress memiliki begitu banyak yang bisa membantu Anda, membuat formulir dengan cepat dan mudah. Salah satu plugin contact form yang cukup populer di WordPress adalah Contact Form 7. Adakah dari Sobat Unlimited yang pernah mendengar nama plugin yang satu ini? 

Pada artikel kali ini, Kami akan berbagi dengan Sobat Unlimited semua tentang membuat formulir kontak di WordPress menggunakan Contact Form 7. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Plugin Contact Form 7? 

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat formulir kontak di WordPress menggunakan Contact Form 7, mari membahas apa itu contact form 7. Contact Form 7 adalah salah satu plugin WordPress yang cukup populer untuk digunakan membuat form atau formulir kontak. 

Dengan plugin yang satu ini, Anda bisa melakukan kustomisasi form, berikut konten emailnya dengan mudah dan fleksibel. Menggunakan markup yang simpel. Plugin yang satu ini juga mendukung penggunaan captcha dan Akismet untuk menyaring komentar spam pada postingan website Anda. 

Baca Juga : Plugin Cuaca Terbaik di WordPress

Fitur yang Dimiliki Contact Form 7 

Sampai saat ini, plugin Contact Form 7 telah digunakan dan diinstall sampai 5 juta website berbasis WordPress di seluruh dunia. Tentu ada sebab mengapa plugin yang satu ini bisa menjadi begitu terkenal. 

Fitur, bisa menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan orang ketika akan menginstall plugin untuk websitenya. Berikut ini adalah fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh Contact Form 7: 

  • Membuat dan mengelola beberapa contact form. 
  • Bidang formulir yang sangat mudah dikustomisasi. 
  • Menggunakan markup yang simpel, untuk mengubah konten mail. 
  • Mendukung sistem penyaringan spam dengan Akismet, sistem submit Ajax, dan penggunaan Captcha. 
  • Untuk meningkatkan fungsionalitas plugin, terdapat banyak ekstensi pihak ketiga yang kompatibel dengan Contact Form 7. 
  • Anda bisa menggunakan plugin ini secara gratis. 

Cara Membuat Formulir Kontak di WordPress Menggunakan Plugin Contact Form 7

Untuk bisa membuat form kontak di Contact Form, tentu Anda harus memiliki akses ke dashboard admin WordPress. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menginstal Contact Form 7: 

Langkah 1: Instal Contact Form 7 

  • Untuk menginstal Contact Form 7, silakan login ke dashboard admin WordPress Anda. Kemudian, klik menu Plugins > Add New yang terletak di sebelah kiri halaman dashboard. 
  • Kemudian, pada bilah pencarian, silakan ketikkan Contact Form 7. Nantinya akan muncul plugin yang Anda cari, berikut dengan beberapa suggestion lainnya. Selanjutnya, silakan klik Install Now. 
  •  Setelah proses instalasi selesai, selanjutnya silakan klik tombol Activate untuk mengaktifkan plugin. 

Langkah 2: Mengaktifkan Plugin 

Setelah plugin telah aktif, Anda akan melihat menu baru bernama Contact di sebelah kiri halaman. 

  • Silakan pilih menu Contact > Add new, untuk membuat formulir kontak yang baru. 
  • Buatlah judul untuk formulir kontak Anda. Misalnya, berlangganan tips dan trik dari Unlimited.ID. 
  • Pada dasarnya, sudah ada beberapa label yang sudah terisi, untuk membantu Anda memulai pembuatan formulir kontak. Anda dapat menghapus atau menambahkan label, serta form input dengan memilihnya pada bagian atas area teks. Jika Anda belum mengerti apa yang harus Anda pilih, silakan tekan tombol Save. Tenang, Anda masih bisa melakukan pengaturan lebih lanjut di lain waktu. 
  • Anda bisa menambah dan mengurangi elemen sesuai dengan keinginan. Misalnya, dengan mengubah bahasa tampilan. Contohnya, Anda memberikan tanda bintang pada kolom tertentu. Tanda bintang berarti kolom tersebut wajib untuk diisi. 

Langkah 3: Menetapkan Format Email 

Saat pengunjung website mengirimkan email melalui formulir kontak, secara otomatis, Anda akan menerima email yang berisi nama, detail kontak, serta body dari pesan Anda. 

Anda juga bisa melakukan pengaturan email via tab Mail. Dari tab Mail – beberapa mail-tags tercantum di bagian atas. Dan tak perlu khawatir, jika ingin menambahkan mail-tags di kolom yang telah ditentukan, Anda bisa kembali kapan saja untuk mengeditnya kembali. 

Pastikan Anda membuat perintah “masukkan alamat email yang valid” di kolom To. Nantinya, semua pesan akan dikirimkan melalui alamat email yang diberikan. 

Langkah 4:Mengatur Tampilan

Pada bagian tab Messages, Anda dapat mengatur tampilan pesan yang akan tampil ketika pengunjung mengirimkan pesan. Sebagai contoh, ketika pengunjung berhasil mengirimkan pesan, Anda dapat menampilkan notifikasi bahwa pesan telah terkirim. Pun begitu, jika pesan tidak terkirim, Anda bisa menampilkan pesan notifikasi bahwa pesan gagal terkirim. 

Langkah 5: Menyimpan Formulir Kontak 

Setelah berhasil melakukan pengaturan, silakan simpan dengan menekan tombol Save. 

Memasukkan Contact Form ke Halaman atau Postingan WordPress

Pada bagian sebelumnya, Anda sudah bisa melakukan instalasi dan setting Contact Form 7 di WordPress. Kemudian, bagaimana caranya ketika ingin memasukkan plugin contact form 7 di sebuah halaman atau postingan WordPress? 

Caranya, pilih Contact > Contact Form. Lalu setelah itu, copy shortcode yang muncul di sebelah form yang ingin Anda tambahkan di website. 

Kemudian, buat page atau post baru dimana Anda ingin menempatkan contact form tersebut. Salin shortcode tadi di area text editor. Lakukan preview sejenak sebelum klik publish. 

Pilihan Plugin Contact Form Selain Contact Form 7 

Jika Anda tidak merasa puas dengan plugin Contact Form 7, tersedia plugin formulir kontak lain yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah WPForms. Plugin besutan WPBeginner ini termasuk plugin yang mudah untuk digunakan. Berikut ini adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh WPForms: 

  • Mudah digunakan, dan pilihan yang bagus untuk web desainer pemula. 
  • Sangat mudah dikustomisasi. Anda bisa dengan mudah mengubah, menambahkan, atau menghapus label. 
  • Mendukung reCaptcha untuk mencegah komentar spam. 
  • Form templates. 
  • Survey dan polling. 
  • Newsletter sign up. 

Penutup 

Formulir kontak adalah bagian penting dari sebuah website. Dan sekarang Anda telah mengetahui cara membuat formulir kontak di WordPress menggunakan plugin Contact Form 7. Dan Anda bisa menggunakan plugin ini secara gratis. 

Unlimited memiliki paket hosting untuk Anda yang menginginkan website yang cepat, reliabel, dan aman. Klik disini untuk informasi lebih lanjut. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *