Memiliki website yang bagus tidak akan ada artinya jika tidak memiliki banyak pengunjung. Misalnya, Anda sudah memiliki website dengan nama domain yang unik, konten yang ada di dalamnya juga menarik, tetapi trafik website Anda  masih sangat kecil. Jika demikian, bisa jadi terdapat sesuatu yang salah, yang mengakibatkan website Anda sepi pengunjung.

Oleh karena itu, penting bagi Anda, sebagai pemilik website untuk menerapkan teknik-teknik SEO untuk meningkatkan trafik website. Mengaplikasikan teknik SEO yang tepat tidak hanya akan meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencarian, tetapi juga meningkatkan brand awareness Anda di mata konsumen. Karena itu, Sobat Unlimited, berikut ini adalah cara meningkatkan SEO pada website. Jadi, simak artikel ini sampai habis, ya.

Cara Meningkatkan SEO Pada Website

Cara meningkatkan SEO

Menurut HubSpot, 80% trafik websie dimulai dari pencarian. Itulah mengapa SEO menjadi penting. Agar dapat muncul di peringkat teratas halaman pencarian, membutuhkan usaha yang tidak mudah. Terlebih lagi, algoritma Google juga terus diupdate, sehingga penting bagi Anda untuk terus mengikuti perkembangannya.

Berikut ini adalah cara meningkatkan SEO Pada website yang harus Anda ketahui:

1. Melakukan Audit SEO

Cara pertama adalah melakukan audit SEO. Audit SEO akan membantu Anda untuk mengatahui penyebab website Anda tidak mendapatkan trafik sesuai dengan harapan. Banyak penyedia hosting yang menyediakan layanan ini, untuk para pelanggannnya.

Di dunia SEO, audit dapat membantu Anda menyusun strategi untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Audit SEO berarti Anda harus memantau secara cermat keseluruhan kinerja  website.  Proses ini membantu Anda meningkatkan kunjungan memanfaatkan konten terbaik yang Anda punya saat ini.

Saat melakukan audit SEO perhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Pastikan semua halaman website memiliki meta title dan meta descriptions.
  • Perhatikan keyword stuffing di setiap halaman website Anda.
  • Buat URL yang pendek, simpel, dan mudah dicari oleh mesin pencari.
  • Pastikan struktur H1 dan H2.
  • Menggunakan 3-4 kalimat tiap paragraph.
  • Menggunakan call to action.

2. Mempelajari Audiens Website

Cara ini memang terlihat simpel. Tapi anehnya, sering dilupakan oleh para pemilik website. Seorang pemilik website harus tahu apa yang diinginkan oleh pengunjungnya. Dengan mengerti apa dicari, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengembangkan isi konten website.

Untuk tahu apa yang diinginkan oleh pengunjung, Anda bisa menggunakan tools pendukung. Misalnya Google Analytics dan UberSuggest. Dengan menggunakan Google Analytics, Anda bisa mengetahui statistik bounce rate, exit percentage dan pageviews.

Sedangkan jika menggunakan UberSuggest akan membantu Anda untuk menemukan long tail keyword yang sering dicari orang via mesin pencari. Dua cara lain untuk mempelajari audiens adalah dengan melihat postingan mana yang memiliki share paling tinggi. Dan membaca komentar yang ditinggalkan pengunjung di postingan.

3. Membuat Landing Page

Cara meningkatkan SEO yang ketiga adalah membuat landing page. Landing page adalah halaman di mana pengunjung datang saat mereka mengklik sebuah tautan, umumnya dibuat dalam bentuk iklan. Pada dasarnya, landing page dibuat dengan fokus pada satu tujuan.

Elemen landing page antara lain: konten yang berguna dan informatif. Landing page juga minim navigasi, karena tujuannya adalah memfokuskan pengunjung. Dan yang terakhir adalah Call to Action. CTA berguna untuk mengajak pengunjung melakukan langkah selanjutnya. Bisa jadi pembelian, pendaftaran, dan bentuk konversi lainnya.

Baca Juga : Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Email Marketing

4. Membuat Website yang Mobile Friendly

Cara meningkatkan SEO

“Buatlah website yang mobile friendly!” Anda pasti sudah sangat akrab dengan kalimat-kalimat tersebut. Ini tak lepas dari tren hari ini, di mana orang banyak yang mengakses internet menggunakan perangkat seluler mereka. Terlebih lagi ketika Google mengumumkan bahwa mereka menerapkan algoritma baru, yang memasukkan unsure mobile friendly pada aspek pemeringkatan mesin pencari.

5. Memasang Anchor Text

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan traffic website adalah dengan memasang anchor text di konten Anda. Teknik ini dikenal dengan sebutan deep linking. Metode ini memberi tahu Google seberapa dalam halaman-halaman yang ada di website Anda. Dan dengan ini, akan mendorong Google untuk mengindeks halaman-halaman lain di website Anda.

6. Optimasi Konten Untuk RankBrain

Faktor ranking Google selanjutnya adalah sebuah algoritma bernama RankBrain. Algoritma ini adalah sebuah sistem artificial intelligence yang membantu hasil analisa. Algoritma ini akan mempelajari apa isi konten dari halaman tersebut, dan bagaimana relevansinya dengan keyword yang dicari oleh orang banyak.

RankBrain menginformasikan spider Google bagaimana cara mengindeks konten Anda berdasarkan intense Anda. Apalagi sekarang Google sudah jauh lebih canggih, jadi Anda tak perlu memasukkan semua kata yang berhubungan dengan topik umumnya.

7. Mengupdate Konten

Tak bisa dipungkiri bahwa Google menyukai konten yang up to date. Konten yang senantiasa diupdate akan mendapatkan prioritas dalam menghuni peringkat yang lebih tinggi. Semakin tinggi peringkat halaman website, potensi untuk mendapatkan traffic yang tinggi akan semakin besar.

Hal yang harus diperhatikan saat update konten adalah relevansi konten tersebut. Karena konten yang tidak relevan akan mengakibatkan buruknya peringkat website di mesin pencari.

8. Menggunakan Sitemap

Cara meningkatkan SEO

Sitemap atau peta situs yang ada di sebuah website dapat membantu mesin pencari menemukan, merayapi, dan mengindeks setiap halaman yang ada di dalam website.

9. Meta Tags

Meta tags adalah tag tidak terlihat yang memberikan data tentang halaman Anda ke mesin pencari dan pengunjung website. Singkatnya, meta tag mempermudah mesin pencari untuk menentukan isi dari konten Anda. Karena itu, meta tags adalah salah satu elemen penting dalam SEO.

Terdapat 6 meta tags yang bisa Anda optimasi, yaitu:

  • Title tag
  • Meta description
  • Robot meta tag
  • Alt text
  • Canonical tag
  • Header tag (H1, H2, H3, H4, dan seterusnya).

10. Memantau Statistik Menggunakan Google Search Console

Tips SEO untuk meningkatkan traffic website adalah memonitor website menggunakan Google Search Console. Google Search Console adalah sebuah tools yang dapat membantu Anda untuk melihat indikator-indikator yang mempengaruhi peringkat website di halaman hasil pencarian. Setidaknya ada tiga hal yang dapat Anda pantau menggunakan Google Search Console. Antara lain, crawl error, memasukkan sitemap baru, dan melihat keyword apa yang membuat orang menemukan website Anda.

Penutup

Untuk Anda yang menginginkan website berada di peringkat teratas halaman mesin pencari, sudah seharusnya untuk mengoptimalkan SEO website Anda. Ada banyak teknik yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan SEO website. Semoga artikel ini dapat memudahkan Anda untuk lebih paham, cara meningkatkan SEO pada website.

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Ayo tunggu apalagi, buat websitemu hanya di Unlimited.ID, hosting murah unlimited Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *