Sebuah website membutuhkan nama domain, itu sudah pasti. Orang-orang yang membutuhkan nama domain adalah pasar yang bagus kalau kamu ingin memasuki bisnis reseller domain. Saat ini, sudah banyak orang yang mencoba membuat website dan menggunakan domain. Dengan banyaknya pengguna domain dan hosting, hal ini membuka peluang bisnis untuk menjadi salah satu reseller domain. 

Apalagi sangat banyak brand hosting terkenal yang dimulai dari reseller domain. Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan mengajak kamu semua, Sobat Unlimited tentang cara menjadi reseller domain. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Domain Reseller? 

Ketika mendengar istilah reseller, yang terbayang di pikiran tentu saja adalah seseorang yang membeli sesuatu, entah itu produk dan layanan, lalu menjualnya ke orang lain. Reseller memberikan nilai tambah, dengan memberikan pengalaman yang memudahkan sampai konsumen akhir. 

Sebelum lebih jauh membahas tentang cara menjadi reseller domain, mari menyamakan pendapat, tentang apa reseller. Menurut kamus Cambridge Dictionary, reseller adalah perusahaan atau individu yang yang membeli produk dari produsen, lalu menjualnya kembali ke konsumen akhir. Dalam sistemnya, reseller menyediakan stok barang terlebih dulu. Untuk kemudian dijual kembali ke konsumen akhir. 

Baca Juga : Cara Setting W3 Total Cache

Sedangkan pada reseller domain, umumnya, reseller domain mendaftarkan domain atas klien mereka dengan registrar domain, seperti misalnya Resellercamp. Beberapa reseller domain menjual produk dengan nama brand sendiri. Ada juga reseller domain yang memasukkan nama domain dalam layanan bundling. Hal ini tentu saja menguntungkan pelanggan. Karena mereka bisa memberikan layanan yang bagus dengan harga terjangkau. 

Apakah Menjadi Reseller Domain itu Menguntungkan? 

Banyak orang yang bertanya, apakah reseller domain adalah bisnis yang menguntungkan. Satu yang pasti, reseller domain adalah bisnis yang sangat potensial. Banyak penyedia hosting yang bertindak sebagai registrar domain. Namun bagi para reseller, kehadiran mereka adalah sebagai nilai tambah pada registrar hosting. 

Bagi siapa saja yang tertarik untuk masuk ke bisnis reseller domain, bisnis ini adalah tepat sekali untuk mendapatkan passive income. Selain itu, keuntungan yang sangat terasa adalah, bahwa bisnis dapat dikerjakan dari mana saja dan kapan saja. Bahkan, jika kamu adalah “kaum rebahan”, ini adalah bisnis yang tepat untukmu. 

Mengapa bisa demikian? Sebab, mulai dari mendaftarkan akun reseller domain, sampai melakukan penjualan, semuanya dilakukan lewat internet. 

Keuntungan lainnya berkaitan dengan teknis penjualan. Sebagai reseller, kamu akan dibantu oleh mitra provider domain. Jadi sebagai reseller, tidak perlu bingung dan ribet untuk melakukan pengaturan. Ya, kamu tak perlu memiliki keahlian teknikal mendalam terkait dengan domain dan hosting. 

Hanya saja, sebagai reseller domain, kamu juga harus memperhatikan pemilihan provider. Pilihlah provider yang bagus. Bukan hanya menawarkan harga yang menarik, tetapi juga layanan yang ditawarkan juga harus prima. Salah pilih mitra provider domain, hanya akan membebanimu. 

Siapa yang Bisa Menjadi Reseller Domain? 

Pada dasarnya, siapa saja bisa menjadi reseller domain. Menjadi reseller domain membuatmu bisa mengelola satu akun, dimana kamu bisa mengelola banyak domain pelanggan. Banyak orang yang ingin memulai bisnis mereka sendiri. Namun, tak tahu harus memulai dari mana. Banyak yang berkata tidak punya waktu untuk memproduksi produk sendiri. 

Karena itu, bisnis reseller domain menjadi cara yang tepat untuk praktik berbisnis secara langsung. Kamu akan berlatih untuk tahu cara memilih registrar domain yang tepat dan ilmu negosiasi. Kamu juga akan belajar banyak bagaimana cara melayani pelanggan. 

Cara Menjadi Reseller Domain 

Lantas, bagaimana cara menjadi reseller domain? Berikut adalah langkah-langkah yang yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis reseller domain: 

Pemilihan Produk

Kita bisa membahas bagaimana cara memulai bisnis reseller domain pemilihan produk yang ingin dijual. Biasanya, registrar domain menyediakan dua paket reseller untuk para resellernya, yaitu: 

Top Level Domain (TLD)

Yang pertama adalah paket Top Level Domain (TLD). yang termasuk jenis TLD adalah domain .COM, .NET, .ORG, dan lain sebagainya. 

Domain .ID

Jenis kedua adalah domain .ID. Yang termasuk dalam kategori domain ID antara lain: MY.ID, .ID. Setelah mendaftar, kamu harus top up deposit, lalu membeli domain dengan harga reseller. Setiap deposit, kamu akan dikenakan PPN sebesar 10%. 

Memilih Registrar Domain 

Memilih registrar domain yang adalah kunci yang tepat jika kamu ingin memulai bisnis reseller domain. Karena tugas utamamu adalah menjual kembali domain yang dimiliki oleh registrar domain. 

Kamu harus menetapkan kriteria tentang registrar domain yang akan dipilih. Mulai dari kredibilitas, harga, dan sistem komisi yang jelas. Jangan lupakan juga kualitas produk. 

Membuat Brand Sendiri

Menjadi reseller domain banyak dipilih para pebisnis pemula. Karena, bisa merintis brand sendiri. Kamu bisa melakukan rebranding. Diimbangi dengan pemasaran yang bagus, bisnis reseller domainmu akan lebih dikenal orang. 

Berikut tips untuk membuat brand sendiri: 

  • Memilih nama brand yang tepat
  • Berikan unique selling point. 
  • Berpromosi secara teratur. 

Menentukan Target Pasar

Kalau sudah menentukan produk dan registrar, selanjutnya adalah menentukan target pasar. Dengan menentukan target pasar yang tepat, kamu bisa membuat penawaran yang lebih tepat sasaran. 

Cara Pemasaran 

Sudah pasti, pemasaran adalah kunci dari bisnis reseller online. Ada dua tujuan pemasaran yang harus kamu ketahui. Pertama, sangat berkaitan dengan brand awareness. Artinya, lebih banyak orang yang mengetahui kamu sebagai reseller hosting. 

Tujuan kedua adalah konversi. Konversi di sini adalah mengubah pengunjung menjadi pembeli. Menjadi reseller domain perlu mempelajari strategi marketing online. Antara lain seperti website, sosial media, dan teknik SEO. 

Baca Juga : Mengenal CRM Beserta Manfaatnya

Kamu bisa memulainya dengan membuat website dan mengisinya dengan konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas bisa berisi deskripsi produk yang dijual. Atau, kamu juga bisa berbagi tips dan lain sebagainya. 

Pelayanan Konsumen 

Salah satu cara menjadi reseller sukses adalah memiliki pelayanan konsumen yang bagus. Pelanggan yang terkesan dengan pelayananmu, akan memberitahukan pada orang lain. Secara tidak langsung, kamu telah merekrut tenaga pemasaran. Berikut tips pelayanan yang disukai konsumen, antara lain: 

  • Responsif 
  • Tata bahasa yang sopan. 
  • Memiliki solusi atas masalah yang dihadapi pelanggan. 

Penutup 

Reseller domain adalah peluang bisnis yang bagus. Semoga Sobat Unlimited jadi tahu banyak tentang cara menjadi reseller domain. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *