Cara redirect http biasanya diperlukan setelah anda melakukan instalasi terhadap SSL berbayar ataupun gratis. Dengan penerapan inilah maka anda pun akan bisa mengarahkan http tersebut ke https dengan mudahnya. Jadi ketika ada pengunjung yang mengetikan nama domain anda di URL, maka mereka akan langsung di-direct ke HTTPS yang sudah dibuat secara default. Contohnya nama website awal anda misalnya adalah http://domainsaya.com tapi jika sudah diberi fitur SSL, maka nama website tersebut nantinya akan menjadi https://domainsaya.com. Anda bisa melihat perbedaanya yang signifikan dimana awalan http kemudian menjadi https dengan mudahnya. Untuk bisa melakukan itu semua tentu dibutuhkan penerapan cara redirect http yang tepat. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda melihat langkah-langkah sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Termudah Mempercepat Loading Website

Cara Redirect HTTP Ke HTTPS

Cara Redirect Http ke Https .htaccess
unlimited.id

Untuk tahapan cara redirect http ke https, berikut adalah langkah yang bisa anda lakukan didalamnya. Dari sini anda akan mampu menemukan sesuatu yang anda butuhkan untuk proses yang tepat dengan mudahnya:

1. Login Ke cPanel Hosting

Langkah awal dalam cara redirect http bisa anda mulai dengan melakukan Login terlebih dahulu ke cPanel yang anda miliki. Anda bisa mengaksesnya dengan mudah melalui nama domain anda diikuti dengan /cpanel yang terdapat didalamnya. Inilah yang akan memberikan kemudahan dan akses yang anda butuhkan untuk jangka panjang itu sendiri. Jadi anda bisa Login kapan saja dan dimana saja anda kehendaki dengan mudahnya. Tidak perlu repot lagi untuk melakukan itu semua. Jika anda ingin melakukan Login sesuai dengan email, anda juga bisa menerapkannya dengan memanfaatkan Informasi Account Hosting yang terdapat didalamnya.

2. Memilih File Manager

Tahapan selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih File Manager yang terdapat didalamnya. dari sinilah anda akan bias masuk ke dalam pencarian cPanel hosting yang anda butuhkan. Anda bisa memilih File Manager ini secara manual, atau alternatif lainnya anda juga bisa masuk melalui kolom pencarian. Caranya bisa anda lakukan dengan menuliskan File Manager yang terdapat di kolom pencarian itu sendiri. Di sinilah anda nantinya akan bisa mendapatkan semua yang anda butuhkan dan perlukan dengan mudah.

3. Mengubah File .htaccess

Nah, ini adalah tahapan inti dari konfigurasi cara redirect http yang bisa anda lakukan. Dengan penerapan yang tepat, sudah pasti anda akan mampu memperoleh semua yang anda butuhkan dengan mudah. Di sinilah anda akan bias melakukan semuanya itu dengan cara yang anda inginkan sendiri. Dalam hal ini, yang bisa anda lakukan adalah mencari file bernama File .htaccess yang nantinya akan digunakan untuk penerapan cara redirect http ini. Cari di kolom pencarian dan masukan file .htaccess, kemudian langsung saja pilih GO untuk melanjutkan pencarian yang anda inginkan.

Jika sudah, maka nantinya akan muncul dimana letak file .htaccess yang anda cari tersebut. Biasanya ini akan dengan mudah anda dapatkan pada folder utama atau Root yang ditampilkan pada website anda. Biasanya juga berada di bagian public_html. Dari sini anda bisa melakukan double klik didalamnya yang terdapat pada public_html yang terdapat didalamnya, kemudian anda akan melihat /.htaccess yang anda cari tersebut.

4. Kesulitan Menemukan File .htaccess? Ini Solusinya

Apakah anda sudah menemukan file .htaccess yang anda cari? Tak perlu cemas karena di sini anda juga akan bisa mendapatkan solusinya. Caranya bisa anda lakukan dengan cara masuk ke File Manager seperti penjelasan yang ada di poin ke-3 di atas, tapi jika tidak menemukannya juga, maka anda perlu mengetahui bahwa File ini kemungkinan tersembunyi di dalam folder yang sudah tersedia didalamnya. Yang perlu anda lakukan dalam hal ini hanyalah dengan mengubah pengaturan dari file manager yang anda miliki tersebut.

Caranya adalah dengan masuk ke bagian Settings, kemudian anda hanya tinggal memberikan tanda centang pada bagian Show Hidden File yang tersedia didalamnya. Jika sudah, maka anda bisa masuk ke langkah selanjutnya dengan memilih tombol Save yang tersedia. Dari sini anda bisa mencoba kembali search file .htaccess yang anda inginkan sebelumnya. Secara langsung, usai anda mengaktifkan fasilitas show hidden file, maka .htaccess tersebut akan bisa anda temukan dengan mudahnya.

5. Edit File .htaccess

Setelah menemukan file .htaccess yang anda butuhkan, dari sini anda hanya tinggal memilih tombol Edit saja. Setelah itu nantinya akan muncul notifikasi terkait penggunaan Text Editor yang terdapat didalamnya. Dari sini anda bisa langsung memilih Edit untuk lebih jelasnya. Kemudian yang perlu anda lakukan adalah memasukan kode yang dibutuhkan untuk cara redirect http ke https yang anda inginkan. Berikut adalah codenya:

RewriteEngine On

RewriteCond %{HTTPS} off

RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Jika sudah memasukan kode tersebut, maka tahapan akhir yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih SAVE CHANGES dan nantinya seluruh perubahan yang dilakukan tersebut akan tersimpan dengan mudahnya.

Catatan Dalam Cara Redirect HTTP Ke HTTPS

Cara Redirect Http ke Https .htaccess
unlimited.id

Ada beberapa catatan yang perlu anda ketahui dalam cara redirect http ke https itu sendiri. Di sini yang perlu anda perhatikan adalah poin-poin yang tertera sebagai berikut:

  • Jika anda sudah melakukan submit ke Google Webmaster Tools untuk perubahan HTTP ke HTTPS ini, maka anda disarankan untuk melakukan submit ulang.
  • Hal ini penting agar nantinya Google bisa mengindeks konten dengan URL baru yang anda munculkan tersebut. Pasalnya, anda sudah melakukan perubahan dari HTTP ke HTTPS tersebut.
  • Lalu bagaimana jika suatu ketika anda ingin merubah kembali dari HTTPS ke HTTP? Caranya juga tentu sangat gampang. Anda tinggal masuk saja ke konfigurasi file .htaccess yang anda buat tadi. Kemudian, kembali tuliskan saja nama domain anda dengan URL http di bagian belakangnya, maka semua yang anda butuhkan akan selesai.
  • Usai melakukan instalasi SSL berbayar dan gratis di jasa hosting yang anda gunakan, maka anda memang perlu melakukan pengaturan terhadap file .htaccess tersebut agar nantinya bisa berubah dari http menjadi https. Sebagaimana diketahui, pengaturan default untuk URL awalan website tersebut adalah http.
  • Setiap pengunjung akan bisa mengakses website anda dengan mudah dari http ke https tersebut secara otomatis. Jadi anda tidak perlu cemas akan kehilangan traffic atau pengunjung setia, karena semua sudah bisa anda atur dan konfigurasikan dengan mudahnya.

Baca Juga: Cara Setup Custom Domain Email Gratis Di Yandex Mail

Kesimpulan

Cara Redirect Http ke Https .htaccess
unlimited.id

Ternyata cara redirect http ke https bukan hal yang sulit, bukan? Kini anda bisa mencoba menerapkan semua yang anda butuhkan. Dalam hal ini memang ada banyak sekali penerapan yang bisa anda lakukan didalamnya. Pada akhirnya anda pun akan bisa membuat website dengan https tersebut secara tepat dan instan. Selamat mencoba dan anda akan bisa memperoleh semua kemudahan yang anda butuhkan didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *