Mengelola website tidak bisa lepas dari yang namanya melakukan riset kata kunci. Hal ini menjadi penting agar ketika menjalankan website Anda, telah terpetakan dengan baik di mana dan akan ke mana arah website Anda akan melangkah. Maka penting bagi Anda untuk mengetahui tools riset kata kunci.

Kini, persaingan website menjadi semakin ketat, setiap detik terjadi perubahan posisi dari setiap halaman yang Anda miliki dan telah muncil di mesin pencarian. Hal ini, karena algoritma mesin pencari terus diperbarui. Juga, semakin banyak website yang berkembang.

Karenanya, agar website tidak tenggelam atau bahkan tidak muncul dalam mesin pencari seperti halnya Google, Yahoo!, dan Bing. Penting bagi Anda untuk melakukan riset keyword. Dan ada banyak tools yang bisa digunakan untuk melakukan riset kata kunci.

Pada artikel kali ini, kami, Unlimited akan membagikan pada Anda tentang cara riset kata kunci akurat untuk website dan blog, berikut dengan tools yang digunakan. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Apa Itu Kata Kunci?

Cara riset keyword

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara riset keyword menggunakan Ahrefs, mari terlebih dahulu  menyegarkan ingatan kembali tentang apa itu keyword. Keyword atau kata kunci adalah kata atau kalimat yang diketikkan orang di mesin pencari. Istilah ini juga diketahui sebagai kueri pencarian, atau SEO keyword.

Apa Itu Riset Keyword?

Riset keyword adalah proses penentuan kata kunci apa yang cocok untuk digunakan, saat membuat artikel di blog atau website. Karena dengan melakukan riset kata kunci, Anda bisa mengetahui frasa apa saja yang digunakan orang saat melakukan pencarian di mesin pencari. Seperti Google, Bing,dan lain sebagainya.

Ketika Anda sedang melakukan riset, Anda bisa mengetahuu tentang keyword apa saja yang potensial untuk dijadwalkan sebagai konten. Kemudian, Anda akan mendapatkan keyword yang potensial, Anda bisa dengan mudah mendapatkan traffic atau pengunjung ke website Anda.

Jenis keyword sendiri terbagi menjadi 2, yaitu short tail keyword dan long tail keyword. Tetapi ada juga orang yang menyebutkan ada 4 lain, yang dikenal dengan keyword abadi dan keyword musiman.

Mengapa Riset Keyword Begitu Penting?

Kemudian, tentu banyak yang bertanya-tanya, seberapa pentingkah untuk melakukan riset keyword? Jawabannya, bisa jadi sangat penting. Riset keyword berfungsi untuk menentukan kata kunci yang potensial, atau mengetahui topik apa saja yang dicari orang di Google.

Saat Anda mengatahui topik apa saja yang dicari orang di Google, Anda bisa membuat artikel yang berkualitas, dengan menargetkan keyword tersebut. Dengan riset inilah, Anda juga bisa mengetahui prakiraan jumlah pengguna internet yang mencari keyword tersebut, sekaligus seberapa ketat persaingannya.

Jika Anda tidak melakukan riset kata kunci, maka Anda tidak bisa mengetahui jumlah pencarian dan tingkat kesulitan dari keyword yang Anda targetkan. Contohnya, Anda membuat konten yang menargetkan keyword sesuai dengan kehendak Anda.

Lalu Anda mendapati artikel Anda tersebut berada di halaman pertama pencarian. Namun ternyata, traffic yang masuk tidak sesuai dengan harapan. Ternyata, keyword tersebut memiliki volume pencarian yang rendah.

Baca Juga : Perbedaan Cloud Hosting dan VPS

Tips Riset Keyword yang Tepat

Cara riset keyword

Berfokus Pada Long Tail Keyword

Jika Anda sedang mengembangkan blog baru, alangkah baiknya untuk lebih fokus pada long tail keyword. Yang dimaksud dengan long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari 4 hingga 6 kata. Pemilihan long tail bertujuan agar website Anda bisa langsung masuk ke halaman pertama, karena biasanya tidak banyak yang mengincar keyword tersebut.

Selain itu, long tail keyword sedikit banyak dapat membantu karakter pembaca di website Anda. Karena, informasi yang disajikan lebih spesifik dan terstruktur, sesuai apa yang dicari pengguna.

Menentukan Prioritas Kata Kunci Berdasarkan Tipe Konten

Salah satu tips utnuk melakukan riset kata kunci adalah mengenali karakter dari konten website, kemudian menentukan prioritas. Ketika menggunakan tools tertentu sebagai alat riset keyword, tentu Anda akan menemukan beragam informasi. Seperti volume pencarian, tingkat persaingan, tingkat kesulitan, hingga tujuan.

Walaupun kerap kali diabaikan, sebenarnya metode ini sangat ampuh ketika dilakukan. Misalnya, jika Anda penjual online, maka metode urutan riset kata kunci yang harus Anda utamakan adalah volume pencarian, maksud dan tujuan, kemudian tingkat persaingan.

Jika Anda bergerak di bidang jasa, metode riset kata kunci yang bisa dilakukan adalah lebih memprioritaskan pada maksud dan tujuan, volume pencarian. Dan yang terakhir adalah tingkat persaingan.

Cara yang berbeda juga digunakan untuk blog yang bersifat mencari iklan di internet, menggunakan Google Adsense misalnya. Jika website Anda adalah pemburu adsense, cara riset kata kunci yang digunakan mengutamakan volume pencarian, tingkat persaingan, dan yang terakhir adalah maksud dan tujuan.

Cara Riset Keyword Menggunakan Tools Tertentu

Pada bagian sebelumnya artikel ini, Anda telah mengetahui apa itu riset keyword, dan tips jitu untuk melakukannya. Berikut ini adalah cara riset keyword menggunakan tools tertentu. Tools yang digunakan pada artikel ini adalah Ahrefs dan Ubersuggest

Riset Kata Kunci Menggunakan Ahrefs

Cara riset keyword

Untuk memulai proses riset menggunakan Ahrefs, yang Anda lakukan adalah masuk ke bagian menu Keyword Explorer. Pada menu ini, Anda bisa memasukkan kata kunci yang sifatnya umum dan terkait dengan tema bisnis Anda.

Pada bagian kanan bawah form, jangan lupa untuk memilih Indonesia. Hal ini berguna agar keyword yang dimunculkan khusus untuk wilayah negara Indonesia.

Beberapa informasi yang akan Anda dapatkan antara lain: Volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, skor cost per click (CPC), serta beberapa informasi yang penting lainnya.

Dengan informasi tersebut, Anda bisa mengukur keyword tersebut. Seberapa sering keyword tersebut digunakan, bagaimana persaingannya di SERP, dan volume pencariannya. Lewat halaman ini, Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang perilaku mencari informasi kata kunci.

Riset Keyword Menggunakan Ubbersuggest

Ubbersuggest by Neil Patel adalah salah satu tools riset keyword gratis yang cocok digunakan oleh pemula. Website ini mampu memberikan banyak informasi. Mulai dari trend, volume pencarian, besaran CPC, paid difficulty, dan SEO difficulty.

Untuk menggunakan Ubersuggest, ketikkan Neil Patel di Google, dan Anda bisa mengklik website tersebut. Setela masuk ke beranda, masukkan ide keyword yang ingin dianalisa ke kolom paling kiri. Jangan lupa juga untuk menentukan negara dan bahasa sebelum menekan tombol Search.

Pada tahap ini, Anda sudah bisa mendapatkan ide konten untuk artikel Anda. Hanya saja, informasi yang ada belum detail. Jika ingin informasi yang lebih spesifik, Anda bisa mengeksplore hasil pencarian ke Microsoft Excel.

Penutup

Riset keyword, bagaimanapun sangat penting untuk sebuah website. Apalagi jika Anda ingin website Anda berada di halaman pertama mesin pencari. Ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci. Semoga artikel ini telah menjawab pertanyaan Anda tentang cara riset keyword.

Mau website cepat, aman, dan andal? Tunggu apalagi, ayo berlangganan hosting murah Unlimited sekarang juga.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *